Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas X MAS Al Amin Kahu Kabupaten Bone

No image available for this title
kripsi ini membahas tentang Kreativitas Guru dalam mengembangkan
Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih kelas X MAS AL-AMIN Kahu
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami
kreativitas guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih kelas X MAS AL-AMIN Kahu Kabupaten Bone. Untuk
memudahkan pemecahan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif serta mengumpulkan data melalui metode riset lapangan
seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MAS ALAMIN Kahu menggunakan berbagai strategi kreatif, termasuk metode
pembelajaran interaktif dan pendekatan pembelajaran yang dipersonalisasi, yang
secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Upaya-upaya ini
berkontribusi pada pelajaran yang lebih menarik dan efektif, serta meningkatkan
prestasi akademik siswa.
A. Simpulan
1. Kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran Fiqih kelas X MAS ALAMIN Kahu terlihat pada pemilihan metode pembelajaran yang variatif dan
penggunaan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru tidak hanya
menggunakan metode ceramah, tetapi juga mengintegrasikan metode
diskusi, tanya jawab, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran
untuk menciptakan suasana yang lebih menarik dan interaktif.
2. Bentuk kreativitas guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa
antara lain dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan,
memberikan penghargaan atas prestasi siswa, dan menyesuaikan pendekatan
pembelajaran dengan karakteristik masing-masing siswa. Guru juga
memberikan dorongan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran melalui berbagai kegiatan yang mendorong keterlibatan
langsung siswa.
B. Saran
1. Guru mata pelajaran Fiqih diharapkan untuk lebih kreatif dalam
menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menarik, guna
meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar
mengajar.
2. Peserta didik diharapkan untuk lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti
pembelajaran Fiqih, dengan memanfaatkan metode yang menarik dan
kreatif dari guru untuk memperdalam pemahaman dan prestasi belajar
mereka
Ketersediaan
STAR2025006666/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

66/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top