Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas X MAS Al Amin Kahu Kabupaten Bone
Siti Nurhafifa/02.18.1163 - Personal Name
kripsi ini membahas tentang Kreativitas Guru dalam mengembangkan
Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih kelas X MAS AL-AMIN Kahu
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami
kreativitas guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih kelas X MAS AL-AMIN Kahu Kabupaten Bone. Untuk
memudahkan pemecahan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif serta mengumpulkan data melalui metode riset lapangan
seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MAS ALAMIN Kahu menggunakan berbagai strategi kreatif, termasuk metode
pembelajaran interaktif dan pendekatan pembelajaran yang dipersonalisasi, yang
secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Upaya-upaya ini
berkontribusi pada pelajaran yang lebih menarik dan efektif, serta meningkatkan
prestasi akademik siswa.
A. Simpulan
1. Kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran Fiqih kelas X MAS ALAMIN Kahu terlihat pada pemilihan metode pembelajaran yang variatif dan
penggunaan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru tidak hanya
menggunakan metode ceramah, tetapi juga mengintegrasikan metode
diskusi, tanya jawab, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran
untuk menciptakan suasana yang lebih menarik dan interaktif.
2. Bentuk kreativitas guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa
antara lain dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan,
memberikan penghargaan atas prestasi siswa, dan menyesuaikan pendekatan
pembelajaran dengan karakteristik masing-masing siswa. Guru juga
memberikan dorongan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran melalui berbagai kegiatan yang mendorong keterlibatan
langsung siswa.
B. Saran
1. Guru mata pelajaran Fiqih diharapkan untuk lebih kreatif dalam
menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menarik, guna
meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar
mengajar.
2. Peserta didik diharapkan untuk lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti
pembelajaran Fiqih, dengan memanfaatkan metode yang menarik dan
kreatif dari guru untuk memperdalam pemahaman dan prestasi belajar
mereka
Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih kelas X MAS AL-AMIN Kahu
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami
kreativitas guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih kelas X MAS AL-AMIN Kahu Kabupaten Bone. Untuk
memudahkan pemecahan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif serta mengumpulkan data melalui metode riset lapangan
seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MAS ALAMIN Kahu menggunakan berbagai strategi kreatif, termasuk metode
pembelajaran interaktif dan pendekatan pembelajaran yang dipersonalisasi, yang
secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Upaya-upaya ini
berkontribusi pada pelajaran yang lebih menarik dan efektif, serta meningkatkan
prestasi akademik siswa.
A. Simpulan
1. Kreativitas guru dalam mengajar mata pelajaran Fiqih kelas X MAS ALAMIN Kahu terlihat pada pemilihan metode pembelajaran yang variatif dan
penggunaan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru tidak hanya
menggunakan metode ceramah, tetapi juga mengintegrasikan metode
diskusi, tanya jawab, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran
untuk menciptakan suasana yang lebih menarik dan interaktif.
2. Bentuk kreativitas guru dalam mengembangkan motivasi belajar siswa
antara lain dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan,
memberikan penghargaan atas prestasi siswa, dan menyesuaikan pendekatan
pembelajaran dengan karakteristik masing-masing siswa. Guru juga
memberikan dorongan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran melalui berbagai kegiatan yang mendorong keterlibatan
langsung siswa.
B. Saran
1. Guru mata pelajaran Fiqih diharapkan untuk lebih kreatif dalam
menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menarik, guna
meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar
mengajar.
2. Peserta didik diharapkan untuk lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti
pembelajaran Fiqih, dengan memanfaatkan metode yang menarik dan
kreatif dari guru untuk memperdalam pemahaman dan prestasi belajar
mereka
Ketersediaan
| STAR20250066 | 66/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
66/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
