Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII A Di SMP Negeri 2 Dua Boccoe Kab. Bone

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang UrgensiPenggunaan Media Pembelajaran dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII
A di SMP Negeri 2 Dua Boccoe. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini pembelajaran
pendidikan Agama Islam, mengetahui perkembangan siswa melalui media pembelajaran
yang digunakan guru PAI pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam, model penerapan
media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa
dan urgensi penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 2 Dua Boccoe.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang digunakan pendekatan paedagogik dalam
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga
tahap yaitu tahap reduksidata, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan
hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII A SMP Negeri
2Dua Boccoe. Hal ini dapat dilihar dari: 1) Bentuk media pembelajaran yang digunakan guru
PAI untuk menarik perhatian siswayaitu dengan memberikan motivasi dengan menumbuhkan
minat belajar siswa dengan diberikan fasilitas dari pihak sekolah buku pelajaran, wi-fi, LCD,
laptop, vidio pembelajaran dan komputer yang telah disediakan sekolah. 2) Model penerapan
media pembelajaran yaitu penerapan belajar mengajar menggunakan teks, penggunaan media
video dalam proses belajar mengajar, dan menggunakan media audio dalam proses belajar
mengajar. 3) Kontribusi penggunaan media dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pendidikan agama islamyaitu penggunaan belajar mengajar, penggunaan media dalam proses
belajar mengajar, dan observasi proses belajar mengajar.
Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Sekolah bekerjasama dalam
mengembangkan media pembelajaran, baik itu kepada siswa, guru Pendidikan Agama Islam
maupun siswa yang bisa bekerja sama untuk mengembangkan proses belajar mengajar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan Peneliti yang telah dilakukan oleh penulis tentang urgensi
penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran
pendidikan agama islam pada siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Dua Boccoe Kab.
Bone, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Bentuk media pembelajaran yang digunakan guru pendidikan Agama Islam
sudah bagus. Dalam penggunaan media pembelajaran guru mulain menarik
perhatian perhatian siswa menggunakan media, gambar, audio, teks dan vidio
yang menumbuhkan ketertarikan siswa dan motivasi yang diberikan kepada
siswa, member batasan batasan materi ajar, serta membuat kaitan materi dengan
materi lainnya bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu dalam bentuk
media yang digunakan guru sangatlah membantu peserta didik dalam
peningkatan hasil belajar siswa dan bermanfaat untuk sehari-hari. Keteranpilan
yang digunakan guru menyampaikan media pembelajaran dengan mengambil
garis besar atau inti dari materi yang di ajarkan hari itu, guru juga melakukan
evaluasi tertulis ataupun melalui media yang digunakan serta memberikan
tindaka lanjut berupa tugas (PR) atau nasehat-nasehat untuk mengamalkan ilmu
yang telah diperoleh.
2. Model penerapan media pembelajaran yang digunakan guru pendidikan Agama
Islam pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Dua Boccoe. Hal ini dapat
dibuktikan bahwa proses belajar mengajar dalam penerapan pendidikan Agama
Islam dengan menggunakan Model pembelajaran kalaborasi sudah mengalami
peningkatan. Hasil belajar siswa telah menggunakan Model pembelajaran
kaloborasi, pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMP
Negeri Dua Boccoe sudah meningkat hal ini dapat dinilai dari tes sebelumnya
dilakukan tindakan nilai rata-rata dari hasil tindakan pembelajaran adalah dengan
nilai 30 dan nilai tertinggi 80 jika dihitung hanya 38% siswa yang tuntas.
Sedangkan sedah setelah tindakan sangat jauh nilai rata-rata siswa adalah 80
dengan nilai 55 dan nilai tertinggi 95 jika dihitung berdasarkan presentase
ketentuan belajar maka hanya 67% siswa yang tuntas. Dengan melalui model
pembelajaran kolaborasi dapat meningkat hasil belajar siswa terlihat dari hasil
belajar sebelumnya dan sesudah melakuka tindakan secara berturut-turut yaitu
38% dan 67%. Hal ini menandakan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah
sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan telah
mencapaiproses dan hasil belajar yang diharapkan.
3. Persiapan belajar mengajar dan penggunaan media dalam proses belajar
mengajar telah berhasil digunakan guru dengan mempersiapkan terlebih dahulu
materi dan alat media yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar agar
menarik dan mengalihkan siswa untuk belajar meningkatkan keningin tahuan
untuk belajar. Untuk menarik siswa belajar guru memberikan motivasi sebelum
ataupun sesudah belajar mengajar melalui penggunaan media yang digunakan
seperti vidio, gambar audio dan teks yang bisa menarik dan memudahkan guru
dan siswa tanpa harus menerangkan dan menulis dipapantulis.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi peneliti yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis kepada:
1. Kepada sekolah menengah atas agar terus membantu guru pendidikan Agama
Islam melalui proses belajar mengajar sekolah agar lebih ditinngkatkan lagi
pendidikan agama islam dan yang mendukung pengembangan-pengembangan
media pembelajaran siswa.
2. Kepada guru-guru yang ada di SMP Negeri 2 Dua Boccoe terutama guru
pendidikan Agama Islam, agar mampu lebih teranpil lagi dalam menerapkan
media dan menggunakan media pendidikan agar siswa kelas VII A SMP Negeri
2 Dua Boccoe bisa lebih berkembang.
3. Kepada Seluruh siswa di SMP Negeri 2 Dua Boccoe hendaknya lebih
memperhatikan arahan guru, karena tidak ada guru yang menginginkan siswanya
tidak baik. Maka beperstasi aktiflah dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan
sekolah dalam upaya pengembangan media pembelajaran agar bisa menjadi lebih
baik lagi dalam menempuh pendidikan Agama Islam.
Ketersediaan
STAR20220349349/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

349/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top