Implementasi Manajemen Staretgi Dalam Meningkatkan Pemasaran Pendidikan Di SMKN 4 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang implementasi manajemen strategi dalam
meningkatkan pemasaran pendidikan di SMKN 4 Bone. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui implementasi manajemen strategi di SMKN 4 Bone,
pemasaran pendidikan di SMKN 4 Bone serta implementasi manajemen strategik
dalam pemasaran pendidikan di SMKN 4 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang digunakan terdiri atas dua, yakni
Manajemen dan psikologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni
analisis data kualitatif ada tiga tahap reduksi data, display data, dan kesimpulan
atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi manajemen
strategi di SMKN 4 Bone bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dengan
menyesuaikan kurikulum, memaksimalkan sumber daya, dan meningkatkan
kinerja. Proses ini mencakup formulasi strategi melalui analisis SWOT, penetapan
tujuan, dan rencana tindakan; implementasi yang melibatkan komunikasi efektif,
pelatihan, dan evaluasi; serta evaluasi berkala untuk memastikan pencapaian tujuan
dan perbaikan berkelanjutan; 2) Pemasaran pendidikan di SMKN 4 Bone krusial
untuk menarik pendaftar, membangun citra positif, dan menyesuaikan penawaran
program dengan kebutuhan siswa dan orang tua. Ini mencakup identifikasi
kebutuhan melalui survei dan umpan balik, riset pemasaran untuk memahami pasar
dan pesaing, serta pengelolaan bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi)
untuk menarik dan mempertahankan siswa. Selain itu, penetapan strategi dan taktik
yang jelas membantu mencapai tujuan pendaftaran dengan efisien dan mengukur
keberhasilan melalui analisis ROI dan evaluasi rutin; 3) Implementasi manajemen
strategi dalam pemasaran pendidikan di SMKN 4 Bone mencakup analisis
perencanaan perubahan, komunikasi yang jelas, motivasi untuk mendukung
perubahan, inisiasi masa transisi yang terkelola, dan konsolidasi kondisi baru untuk
keberlanjutan. Proses ini melibatkan identifikasi masalah, solusi berdasarkan data,
pelatihan keterampilan, pembentukan tim pendamping, dan evaluasi berkala, serta
kemitraan dengan industri untuk mencapai tujuan institusi secara efektif.
A.Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
sebagai berikut:
1. Implementasi manajemen strategi di SMKN 4 Bone bertujuan meningkatkan
kualitas pendidikan dengan menyesuaikan kurikulum, memaksimalkan
sumber daya, dan meningkatkan kinerja. Proses ini mencakup formulasi
strategi melalui analisis SWOT, penetapan tujuan, dan rencana tindakan;
implementasi yang melibatkan komunikasi efektif, pelatihan, dan evaluasi;
serta evaluasi berkala untuk memastikan pencapaian tujuan dan perbaikan
berkelanjutan.
2. Pemasaran pendidikan di SMKN 4 Bone krusial untuk menarik pendaftar,
membangun citra positif, dan menyesuaikan penawaran program dengan
kebutuhan siswa dan orang tua. Ini mencakup identifikasi kebutuhan melalui
survei dan umpan balik, riset pemasaran untuk memahami pasar dan pesaing,
serta pengelolaan bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) untuk
menarik dan mempertahankan siswa. Selain itu, penetapan strategi dan taktik
yang jelas membantu mencapai tujuan pendaftaran dengan efisien dan
mengukur keberhasilan melalui analisis ROI dan evaluasi rutin.
3. Implementasi manajemen strategi dalam pemasaran pendidikan di SMKN 4
Bone mencakup analisis perencanaan perubahan, komunikasi yang jelas,
motivasi untuk mendukung perubahan, inisiasi masa transisi yang terkelola,
dan konsolidasi kondisi baru untuk keberlanjutan. Proses ini melibatkan
identifikasi masalah, solusi berdasarkan data, pelatihan keterampilan,
pembentukan tim pendamping, dan evaluasi berkala, serta kemitraan dengan
industri untuk mencapai tujuan institusi secara efektif.
B. Saran
Dari kesimpulan di atas maka dapat dikemukakan beberapa saran dalam
penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi Kepala Sekolah
Perkuat komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan, investasikan
dalam pelatihan profesional, dan gunakan data evaluasi untuk membuat
keputusan strategis yang lebih baik.
2. Bagi Pendidik
Integrasikan umpan balik dari siswa dan hasil evaluasi ke dalam metode
pengajaran, dan terus tingkatkan keterampilan melalui pelatihan profesional.
3. Bagi Tenaga Kependidikan
Dukungan aktif dalam pelatihan dan perubahan, serta kumpulkan dan
sampaikan umpan balik untuk menyesuaikan layanan pendidikan sesuai
kebutuhan siswa dan orang tua
Ketersediaan
STAR20240385385/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

385/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top