Urgensi kepemimpinan dalam peningkatang etos kerja guru di MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone
Muhammad Rais/02.13.3111 - Personal Name
Penelitian ini berjudul “Urgensi Kepemimpinan dalam peningkatan etos kerja guru
di MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone.” Penelitian ini bertujuan untuk pertama
mengetahui kepimpinan kepala madrasah MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone kedua
untuk mengetahui etos kerja guru di MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone tiga untuk
mengetahui kontribusi kepala madrasah dalam meningkatkan kerja guru di MI Syamsu
Rasyidi Majang Kab. Bone
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua pokok permasalahan tersebut,
maka penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan lapangan yakni
informasi yang diperoleh pengelolaan data yang dikumpulkan melalui wawancara
observasi dokumentasi data primer dan data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama kepemimpinan
kepala madrasah di MI Syamsu Rasyidi Majang baik. Karena didukung oleh
komunikasi yang memberikan informasi tentang perkembangan madrasah bertujuan
pula oleh kesedian menerima sopan serta senantiasa memotivasi warga madrasah
yang dipimpinnya. Kedua etos kerja guru di MI Syamsu Rasyidi Majang dapat
dikatakan baik, hal itu dibuktikan dimana pada guru madrasah tersebut cukup
menghargai waktu, dan menyelesaikan tugasnya tepat waktu mereka menunjukkan
moralitas yang lebih tinggi dan bertanggung jawab dalam memajukan madrasah
disamping itu, mereka juga bersikap jujur dan percaya diri dalam melaksanakan
tugasnya. ketiga kepemimpinan kepala madrasah MI syamsu Rasyidi Majang telah
memberikan kontribusi dalam meningkatkan etos kerja guru.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitin yang penulis yang lakukan maka disimpulkan
sebagai berikut:
1. Kepemimpinan kepala madrasah di MI Syamsu Rasyidi Majang cukup
kondusif karena di duking oleh komunikasi yang memberikan informasi
tentang perkembangan madrasah, di tunjang oleh kepribadian kepala
madrasah yang patut di contoh serta keahlian dalam memipin. Selain itu
ditunjang pula oleh kesedian manerima saran serta senantiasa memotivasi
kepala madrasah yang dipimpinnya.
2. etos kerja guru di MI Syamsu Rasyidi Majang dapat dikatakan baik, hal itu
dibuktikan dimana para guru di madrasah tersebut cukup menghargai
waktu, dan menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Meraka menunjukkan
merolitas yang lebih tinggi dan bertanggung jawab dalam memajukan
madrasah di samping itu, mereka juga bersikap jujur dan percaya diri
dalam melaksanakan tugasnya
3. kepemimpinan kepala madrasah MI Syamsu Rasyidi Majang terlah
memberikan kontribusi dalam meningkatkan etos kerja guru. Hal itu dapat
terbukti mislanya kepala madrasah banyak memotivasi guru untuk
meningkatkan semangat kerjannya dalam tugas hari-hari
B. Implikasi
Berdasarkan hasil peneitian tersebut, terdapat beberapa implikasi dan
rekomendasi kepada pihak yang berkompeten demi peningkatan etos kerja guru
proses pembelajaran.
1. Melalui penerapan pendidikan dalam mewujudkan Visi sekolah di MI
Syamsu Rasyidi Majang. Di harapkan dapat meningkatkan mutu pada
sebuah lembaga pendidikan, oleh karena itu penerapan kemimpinan dalam
mewujudkan visi sekolah harus menjadi fokus perhatian bagi stakeholder,
oleh karena itu etos kerja guru harus bersepektif
2. Bagi lembaga pendidkan, khusunya di MI Syamsu Rasyidi Majang,
diharapkan dapat menerapkan pendidikan mewujudkan Visi sekolah
sehingga menghasilkan Output yang memberikan pengaruh yang
signifikan, baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif kepada
masyarakat Kabupaten Bone, bangas dan Negara
Maka kepala sekolah menyediakan kebutuhan tersbut untuk menyesuaikan
perilaku yang berorientasi pada tujan, meskin pun menjadi guru adalah pilihan
seseorang kembali di luruskan bahwa potensi yang di miliki manusia dalam
adalah ketentuan yang di berikan oleh Allah swt, jadi bahwa segala potensi yang
dimiliki oleh manusia adalah ketetapaan dari Allah swt, dan barus di terima
dengan sabar yang hadapi seorang guru.
di MI Syamsu Rasyidi Majang kab. Bone.” Penelitian ini bertujuan untuk pertama
mengetahui kepimpinan kepala madrasah MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone kedua
untuk mengetahui etos kerja guru di MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone tiga untuk
mengetahui kontribusi kepala madrasah dalam meningkatkan kerja guru di MI Syamsu
Rasyidi Majang Kab. Bone
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua pokok permasalahan tersebut,
maka penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan lapangan yakni
informasi yang diperoleh pengelolaan data yang dikumpulkan melalui wawancara
observasi dokumentasi data primer dan data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama kepemimpinan
kepala madrasah di MI Syamsu Rasyidi Majang baik. Karena didukung oleh
komunikasi yang memberikan informasi tentang perkembangan madrasah bertujuan
pula oleh kesedian menerima sopan serta senantiasa memotivasi warga madrasah
yang dipimpinnya. Kedua etos kerja guru di MI Syamsu Rasyidi Majang dapat
dikatakan baik, hal itu dibuktikan dimana pada guru madrasah tersebut cukup
menghargai waktu, dan menyelesaikan tugasnya tepat waktu mereka menunjukkan
moralitas yang lebih tinggi dan bertanggung jawab dalam memajukan madrasah
disamping itu, mereka juga bersikap jujur dan percaya diri dalam melaksanakan
tugasnya. ketiga kepemimpinan kepala madrasah MI syamsu Rasyidi Majang telah
memberikan kontribusi dalam meningkatkan etos kerja guru.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitin yang penulis yang lakukan maka disimpulkan
sebagai berikut:
1. Kepemimpinan kepala madrasah di MI Syamsu Rasyidi Majang cukup
kondusif karena di duking oleh komunikasi yang memberikan informasi
tentang perkembangan madrasah, di tunjang oleh kepribadian kepala
madrasah yang patut di contoh serta keahlian dalam memipin. Selain itu
ditunjang pula oleh kesedian manerima saran serta senantiasa memotivasi
kepala madrasah yang dipimpinnya.
2. etos kerja guru di MI Syamsu Rasyidi Majang dapat dikatakan baik, hal itu
dibuktikan dimana para guru di madrasah tersebut cukup menghargai
waktu, dan menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Meraka menunjukkan
merolitas yang lebih tinggi dan bertanggung jawab dalam memajukan
madrasah di samping itu, mereka juga bersikap jujur dan percaya diri
dalam melaksanakan tugasnya
3. kepemimpinan kepala madrasah MI Syamsu Rasyidi Majang terlah
memberikan kontribusi dalam meningkatkan etos kerja guru. Hal itu dapat
terbukti mislanya kepala madrasah banyak memotivasi guru untuk
meningkatkan semangat kerjannya dalam tugas hari-hari
B. Implikasi
Berdasarkan hasil peneitian tersebut, terdapat beberapa implikasi dan
rekomendasi kepada pihak yang berkompeten demi peningkatan etos kerja guru
proses pembelajaran.
1. Melalui penerapan pendidikan dalam mewujudkan Visi sekolah di MI
Syamsu Rasyidi Majang. Di harapkan dapat meningkatkan mutu pada
sebuah lembaga pendidikan, oleh karena itu penerapan kemimpinan dalam
mewujudkan visi sekolah harus menjadi fokus perhatian bagi stakeholder,
oleh karena itu etos kerja guru harus bersepektif
2. Bagi lembaga pendidkan, khusunya di MI Syamsu Rasyidi Majang,
diharapkan dapat menerapkan pendidikan mewujudkan Visi sekolah
sehingga menghasilkan Output yang memberikan pengaruh yang
signifikan, baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif kepada
masyarakat Kabupaten Bone, bangas dan Negara
Maka kepala sekolah menyediakan kebutuhan tersbut untuk menyesuaikan
perilaku yang berorientasi pada tujan, meskin pun menjadi guru adalah pilihan
seseorang kembali di luruskan bahwa potensi yang di miliki manusia dalam
adalah ketentuan yang di berikan oleh Allah swt, jadi bahwa segala potensi yang
dimiliki oleh manusia adalah ketetapaan dari Allah swt, dan barus di terima
dengan sabar yang hadapi seorang guru.
Ketersediaan
| STAR20180334 | 334/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
334/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
