Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Komitmen Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smkn 1 Bone
Iva Febriani/02.18.3010 - Personal Name
Skripsi ini berjudul tentang “Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Komitmen
Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKN 1 Bone.” Penelitian ini merupakan
penelitian pertama yang membahas tentang bagaimana pengaruh motivasi, disiplin,
dan komitmen guru terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 1 Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian causal effect (sebab akibat) karena
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan timbal balik antara variabel
motivasi, disiplin, dan komitmen guru terhadap prestasi belajar siswa dan penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86
siswa. penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate
startified random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini
yaitu kuesioner (angket) dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan
pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi guru, kedisiplinan
guru, dan komitmen guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMKN
1 Bone menghasilkan nilai p-value lebih kecil dari nilai alpha (0,001 < 0,05). Artinya,
variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru secara bersama-sama
mempengaruhi prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone Nilai R sebesar 0,46
menunjukkan bahwa variabel prestasi belajar siswa memiliki hubungan dengan
variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru. Nilai R2 sebesar 0,21
menunjukkan bahwa sebesar 21% prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone dapat
dijelaskan oleh variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru secara
bersama-sama, sisanya sebesar 79% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel
independen penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas yang dilakukan dalam
penelitian ini, maka peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Variabel motivasi guru memiliki nilai p-value yang lebih kecil dari alpha
(0,03 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan harus menerima H1. Maka variabel
motivasi guru berpengaruh secara signifikan dalam menjelaskan prestasi
belajar siswa SMKN 1 Bone. Hal ini dapat dilihat dari besaran sumbangan
efektif dari variabel motivasi guru sebesar 0,14 (14%).
2. Variabel disiplin guru memiliki nilai p-value yang lebih besar dari alpha
0,48 > 0,05 sehingga H0 harus diterima dan menolak H1. Maka variabel
disiplin guru tidak berpengaruh secara signifikan dalam menjelaskan
prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone. Hal ini dapat dilihat dari besaran
sumbangan efektif dari variabel disiplin guru sebesar 0,03 (3%).
3. Variabel komitmen guru memiliki nilai p-value yang lebih besar dari
alpha 0,43 > 0,05 sehingga H0 harus diterima dan menolak H1. Maka
variabel komitmen guru tidak berpengaruh secara signifikan dalam
menjelaskan prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone. Hal ini dapat dilihat
dari besaran sumbangan efektif dari variabel komitmen guru sebesar 0,04
(4%).
4. Variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone
menghasilkan nilai p-value lebih kecil dari nilai alpha (0,001 < 0,05).
Artinya, variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru
secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone
Nilai R sebesar 0,46 menunjukkan bahwa variabel prestasi belajar siswa
memiliki hubungan dengan variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan
komitmen guru. Nilai R2 sebesar 0,21 menunjukkan bahwa sebesar 21%
prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone dapat dijelaskan oleh variabel
motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru secara bersama-
sama, sisanya sebesar 79% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari
variabel independen penelitian ini.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka berikut akan
disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi terkhususnya
kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di SMKN 1 Bone.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang dipeoleh bahwa pengaruh motivasi,
disiplin, dan komitmen guru cukup berpengaruh terhadap prestasi belajar
siswa di SMKN 1 Bone. Diharapkan kedepannya pihak sekolah khususnya
pendidik senantiasa meningkatkan motivasi, disiplin, dan komitmennya
dalam mengajar sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap prestasi
belajar siswa.
2. Dalam penelitian ini, kuantitatif sangat berkaitan dengan
pertimbangan/statistik. Maka perlu diterapkan metode pembelajaran
statistik pada mahasiswa diawal dan diakhir semester agar dapat
mempermudah metode perhitungan statistik baik dari manual atau yang
lebih mudah ditetapakn dalam aplikasi software jamovi.
Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKN 1 Bone.” Penelitian ini merupakan
penelitian pertama yang membahas tentang bagaimana pengaruh motivasi, disiplin,
dan komitmen guru terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 1 Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian causal effect (sebab akibat) karena
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan timbal balik antara variabel
motivasi, disiplin, dan komitmen guru terhadap prestasi belajar siswa dan penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86
siswa. penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate
startified random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini
yaitu kuesioner (angket) dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan
pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi guru, kedisiplinan
guru, dan komitmen guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMKN
1 Bone menghasilkan nilai p-value lebih kecil dari nilai alpha (0,001 < 0,05). Artinya,
variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru secara bersama-sama
mempengaruhi prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone Nilai R sebesar 0,46
menunjukkan bahwa variabel prestasi belajar siswa memiliki hubungan dengan
variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru. Nilai R2 sebesar 0,21
menunjukkan bahwa sebesar 21% prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone dapat
dijelaskan oleh variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru secara
bersama-sama, sisanya sebesar 79% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel
independen penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas yang dilakukan dalam
penelitian ini, maka peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Variabel motivasi guru memiliki nilai p-value yang lebih kecil dari alpha
(0,03 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan harus menerima H1. Maka variabel
motivasi guru berpengaruh secara signifikan dalam menjelaskan prestasi
belajar siswa SMKN 1 Bone. Hal ini dapat dilihat dari besaran sumbangan
efektif dari variabel motivasi guru sebesar 0,14 (14%).
2. Variabel disiplin guru memiliki nilai p-value yang lebih besar dari alpha
0,48 > 0,05 sehingga H0 harus diterima dan menolak H1. Maka variabel
disiplin guru tidak berpengaruh secara signifikan dalam menjelaskan
prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone. Hal ini dapat dilihat dari besaran
sumbangan efektif dari variabel disiplin guru sebesar 0,03 (3%).
3. Variabel komitmen guru memiliki nilai p-value yang lebih besar dari
alpha 0,43 > 0,05 sehingga H0 harus diterima dan menolak H1. Maka
variabel komitmen guru tidak berpengaruh secara signifikan dalam
menjelaskan prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone. Hal ini dapat dilihat
dari besaran sumbangan efektif dari variabel komitmen guru sebesar 0,04
(4%).
4. Variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone
menghasilkan nilai p-value lebih kecil dari nilai alpha (0,001 < 0,05).
Artinya, variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru
secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone
Nilai R sebesar 0,46 menunjukkan bahwa variabel prestasi belajar siswa
memiliki hubungan dengan variabel motivasi guru, kedisiplinan guru, dan
komitmen guru. Nilai R2 sebesar 0,21 menunjukkan bahwa sebesar 21%
prestasi belajar siswa SMKN 1 Bone dapat dijelaskan oleh variabel
motivasi guru, kedisiplinan guru, dan komitmen guru secara bersama-
sama, sisanya sebesar 79% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari
variabel independen penelitian ini.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka berikut akan
disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi terkhususnya
kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di SMKN 1 Bone.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang dipeoleh bahwa pengaruh motivasi,
disiplin, dan komitmen guru cukup berpengaruh terhadap prestasi belajar
siswa di SMKN 1 Bone. Diharapkan kedepannya pihak sekolah khususnya
pendidik senantiasa meningkatkan motivasi, disiplin, dan komitmennya
dalam mengajar sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap prestasi
belajar siswa.
2. Dalam penelitian ini, kuantitatif sangat berkaitan dengan
pertimbangan/statistik. Maka perlu diterapkan metode pembelajaran
statistik pada mahasiswa diawal dan diakhir semester agar dapat
mempermudah metode perhitungan statistik baik dari manual atau yang
lebih mudah ditetapakn dalam aplikasi software jamovi.
Ketersediaan
| STAR20220144 | 144/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
144/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
