Korelasi Manajemen Kinerja Tenaga Pendidik terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini berjudul tentang Korelasi Manajemen Kinerja Tenaga Pendidik
terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) manajemen kinerja
tenaga pendidik di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. 2)
hasil belajar siswa di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
3) korelasi manajemen kinerja tenaga pendidik terhadap hasil belajar siswa di SD
Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
Adapun metode yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan
menggunakan analisis data kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini
yaitu 14 tenaga pendidik di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten
Bone. Instrumen penelitian menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik yaitu teknik analisis
korelasi product moment dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, rata-rata nilai variabel manajemen
kinerja tenaga pendidik (X) di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone adalah 90,3 yang berada pada kategori Setuju yaitu terletak pada
interval antara 90-94. Kedua, rata-rata nilai variabel hasil belajar siswa (Y) di SD
Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone adalah 89 yang berada
pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 89-93. Ketiga, korelasi
manajemen kinerja tenaga pendidik terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 3 TA
Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone adalah sebesar 0,61 termasuk pada
kategori kuat. Jadi terdapat korelasi yang kuat antara manajemen kinerja tenaga
pendidik terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan beberapa hal tentang
korelasi manajemen kinerja tenaga pendidik terhadap hasil belajar siswa di SD
Negeri 3 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone sebagai berikut:
1. Manajemen kinerja tenaga pendidik di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete
Riattang Kabupaten Bone. Dari 20 pernyataan yang diberikan dan 14
tenaga pendidik diperoleh total skor sebanyak 1265. Rata-rata nilai
variabel manajemen kinerja tenaga pendidik (X) di SD Negeri 3 TA
Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone adalah 90,3 yang berada
pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 90-94.
2. Hasil belajar siswa di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone. Dilihat dari nilai UAS tahun ajaran 2020/2021 dengan
total nilai 1245,5. Rata-rata nilai variabel hasil belajar siswa (Y) di SD
Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone adalah 89 yang
berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 89-93.
3. Korelasi manajemen kinerja tenaga pendidik terhadap hasil belajar siswa
di SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone adalah
sebesar 0,61 termasuk pada kategori kuat. Jadi terdapat korelasi yang kuat
antara manajemen kinerja tenaga pendidik terhadap hasil belajar siswa di
SD Negeri 3 TA Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
terkhususnya Tenaga Pendidik maupun Siswa di SD Negeri 3 TA Kecamatan
Tanete Riattang Kabupaten Bone.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa korelasi manajemen
kinerja tenaga pendidik kuat terhadap hasil belajar siswa. Tenaga pendidik
dalam mengajar hendaknya dapat mempersiapkan segala sesuatu yang
berkaitan dengan proses belajar mengajar. Mulai dari membuat RPP,
memilih materi ajar, memilih metode dan model pembelajaran, media
pembelajaran serta mempersiapkan alat evaluasi pembelajaran karena
segala sesuatu yang telah dipersiapkan dengan baik akan memperlancar
proses kegiatan belajar mengajar sehingga tercapai hasil belajar yang baik
pula.
2. Dalam penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan
pertimbangan/statistik, maka perlu ditetapkan metode pembelajaran
statistik pada mahasiswa diawal dan diakhir semester agar dapat
mempermudah metode perhitungan statistik baik secara manual ataupun
penggunaan aplikasi Microsoft exel 2010.
Ketersediaan
STAR2022002323/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

23/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top