Strategi Pengelolaan Administrasi Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Inpres 12/79 Ta Kecamatan Taneteriattang Kabupaten Bone
Muliati P/02.18.3012 - Personal Name
Skripsi ini berjudul tentang Strategi Pengelolaan Administrasi Sekolah
Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SD Inpres 12/79 TA. Pokok
permasalahannya adalah bagaimana strategi pengelolaan administrasi sekolah dan
faktor penghambat serta pendukung dalam pengelolaan administrasi dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SD Inpres 17/79 TA.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif, hasil penelitian
menunjukkan bahwa Strategi Pengelolaan Administrasi Sekolah dalam Peningkatan
Mutu Pendidikan di SD Inpres 12/79 TA adalah melakukan perencanaan terkait
tujuan yang akan dicapai, melakukan pengorganisasian dalam pembagian tugas,
melakukan penggerakkan dengan memotivasi dan berkomunikasi dengan
administrator, melakukan pengawasan serta melakukan evaluasi hasil kerja
administrator. Faktor penghambat pengelolaan administrasi sekolah di SD Inpres
12/79 TA, yaitu kemampuan yang dimiliki administrator yang masih kurang,
keterbatasan tenaga administrasi yang membuat hasil kerja kurang maksimal serta
terkadang masih kurang disiplin dalam bekerja serta faktor pendukung pengelolaan
administrasi sekolah yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung proses
administrasi, tersedianya fasilitas yang memadai sesuai dengan kebutuhan saaat ini,
serta memaksimalkan penggunaan fasilitas yang tersedia sehingga dapat mempermuda pekerjaan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Strategi pengelolaan administrasi sekolah di SD Inpres 12/79 TA
dalam mencapai tujuan yang diharapkan kepala sekolah dan kepala
tata usaha mengimplementasikan fungsi pengelolaan yaitu melakukan
perencanaan terkait tujuan yang akan dicapai seperti mengadakan
rapat sebelum pelaksanaan suatu kegiatan, melakukan
pengorganisasian dalam pembagian tugas agar dapat dikerjakan
sesuai kemampuan, melakukan penggerakkan dengan memotivasi dan
berkomunikasi dengan administrator, melakukan pengawasan serta
melakukan evaluasi hasil kerja administrator.
2. Faktor penghambat pengelolaan administrasi sekolah di SD Inpres
12/79 TA, yaitu kemampuan yang dimiliki administrator yang masih
kurang, keterbatasan tenaga administrasi yang membuat hasil kerja
kurang maksimal serta terkadang masih kurang disiplin dalam
bekerja.
3. Faktor pendukung pengelolaan administrasi sekolah di SD Inpres
12/79 TA, yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung
proses administrasi, tersedianya fasilitas yang memadai sesuai dengan
kebutuhan saaat ini, serta memaksimalkan penggunaan fasilitas yang
tersedia sehingga dapat mempermuda pekerjaan
B. IMPLIKASI
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa saran
kepada pihak-pihak terkait, adapun saran yang penulis maksud adalah sebagai
berikut:
1. Bagi kepala sekolah, agar dapat lebih memperhatikan fasilitas dalam
proses pengelolaan yang dijalankan agar dapat memaksimalkan hasil
yang dicapai.
2. Bagi kepala tata usaha, agar lebih meningkatkan kemampuan dalam
mengelola administrasi sekolah sehingga dapat memakasimalkan
peningkatan mutu pendidikan yang ada di sekolah.
Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SD Inpres 12/79 TA. Pokok
permasalahannya adalah bagaimana strategi pengelolaan administrasi sekolah dan
faktor penghambat serta pendukung dalam pengelolaan administrasi dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SD Inpres 17/79 TA.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif, hasil penelitian
menunjukkan bahwa Strategi Pengelolaan Administrasi Sekolah dalam Peningkatan
Mutu Pendidikan di SD Inpres 12/79 TA adalah melakukan perencanaan terkait
tujuan yang akan dicapai, melakukan pengorganisasian dalam pembagian tugas,
melakukan penggerakkan dengan memotivasi dan berkomunikasi dengan
administrator, melakukan pengawasan serta melakukan evaluasi hasil kerja
administrator. Faktor penghambat pengelolaan administrasi sekolah di SD Inpres
12/79 TA, yaitu kemampuan yang dimiliki administrator yang masih kurang,
keterbatasan tenaga administrasi yang membuat hasil kerja kurang maksimal serta
terkadang masih kurang disiplin dalam bekerja serta faktor pendukung pengelolaan
administrasi sekolah yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung proses
administrasi, tersedianya fasilitas yang memadai sesuai dengan kebutuhan saaat ini,
serta memaksimalkan penggunaan fasilitas yang tersedia sehingga dapat mempermuda pekerjaan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Strategi pengelolaan administrasi sekolah di SD Inpres 12/79 TA
dalam mencapai tujuan yang diharapkan kepala sekolah dan kepala
tata usaha mengimplementasikan fungsi pengelolaan yaitu melakukan
perencanaan terkait tujuan yang akan dicapai seperti mengadakan
rapat sebelum pelaksanaan suatu kegiatan, melakukan
pengorganisasian dalam pembagian tugas agar dapat dikerjakan
sesuai kemampuan, melakukan penggerakkan dengan memotivasi dan
berkomunikasi dengan administrator, melakukan pengawasan serta
melakukan evaluasi hasil kerja administrator.
2. Faktor penghambat pengelolaan administrasi sekolah di SD Inpres
12/79 TA, yaitu kemampuan yang dimiliki administrator yang masih
kurang, keterbatasan tenaga administrasi yang membuat hasil kerja
kurang maksimal serta terkadang masih kurang disiplin dalam
bekerja.
3. Faktor pendukung pengelolaan administrasi sekolah di SD Inpres
12/79 TA, yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung
proses administrasi, tersedianya fasilitas yang memadai sesuai dengan
kebutuhan saaat ini, serta memaksimalkan penggunaan fasilitas yang
tersedia sehingga dapat mempermuda pekerjaan
B. IMPLIKASI
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa saran
kepada pihak-pihak terkait, adapun saran yang penulis maksud adalah sebagai
berikut:
1. Bagi kepala sekolah, agar dapat lebih memperhatikan fasilitas dalam
proses pengelolaan yang dijalankan agar dapat memaksimalkan hasil
yang dicapai.
2. Bagi kepala tata usaha, agar lebih meningkatkan kemampuan dalam
mengelola administrasi sekolah sehingga dapat memakasimalkan
peningkatan mutu pendidikan yang ada di sekolah.
Ketersediaan
| STAR20220040 | 40/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
40/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
