Implementasi Teori Pembelajaran Multiple Intelligence dalam Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Siswi Kelas V Putri SD IT Rabbani Kabupaten Bone
Susana Wana Fitri/: 02.15.1026 - Personal Name
Skripsi ini berjudul “Implementasi Teori Pembelajaran Multiple Intelligence
dalam Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Siswi Kelas V Putri SD IT Rabbani
Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teori
pembelajaran multiple intelligence dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi
kelas V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset lapangan) yang
dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi
data, display data dan conclusion drawing/ verification.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menemukan bahwa yang pertama;
implementasi dari teori pembelajaran multiple intelligence di SD IT Rabbani Kab.
Bone telah diterapkan dengan baik namun belum maksimal, hal ini dibuktikan
dengan proses belajar yang diawali dengan membangun kecerdasan siswa, lalu
memperkuat kecerdasan, mengajarkan kecerdasan hingga mentransfer kecerdasan
siswanya dan belum maksimal karena tidak tersedianya sarana untuk kecerdasan
musikal. Kedua; upaya dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi kelas V
Putri SD IT Rabbani Kab. Bone juga telah diterapkan dengan baik, hal ini dibuktikan
dengan berbagai upaya yang dilakukan guru seperti memberikan tugas kepada siswa,
membiarkan siswa mengambil keputusan sendiri, biarkan siswa melakukan
kesalahan lalu menasehati setelahnya, memberikan kepercayaan pada siswa,
memberi penugasan dalam bentuk kerja kelompok, mengajarkan siswa untuk punya
harga diri dan menjadi teladan bagi siswanya. Ketiga; implementasi dari teori
pembelajaran multiple intelligence cukup berkontribusi dalam menumbuhkan rasa
tanggung jawab siswi kelas V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone karena pihak guru
cukup maksimal dalam mengimplementasikan teori pembelajaran multiple
intelligence dalam pembelajaran dan telah terlihat bagaimana tanggung jawab para
siswi dalam setiap sikap dan tindakannya. Jika dilihat dari jenis kecerdasan maka
pada kecerdasan spiritual akan menjadikan siswi bertanggung jawab sebagai seorang
hamba yakni beribadah kepada Allah.swt.; kecerdasan naturalis akan menumbuhkan
rasa tanggung jawab siswi terhadap lingkungan; kecerdasan interpersonal akan
menjadikan siswi mampu memahami orang-orang di sekitarnya dan mengetahui apa
kebutuhannya; kecerdasan intrapersonal juga memiliki kontribusi dalam
menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi karena siswi yang memiliki kecerdasan ini
memiliki tingkat kesadaran diri yang tinggi, tahu apa yang perlu diperbuat, mengatasi
masalahnya sendiri dan mandiri. Maka dengan sikap-sikap dasar yang demikian akan
memicu tumbuhnya rasa tanggung jawab siswi tersebut.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi multiple intelligence di kelas V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone
telah berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan dijalankannya hal-hal
berikut dalam pembelajaran, yakni membangunkan atau memicu kecerdasan,
memperkuat kecerdasan, mengajarkan dengan atau untuk kecerdasan dan
mentransfer kecerdasan. Meskipun telah berjalan cukup baik namun belum
terlaksana secara maksimal karena adanya beberapa sarana yang harusnya
disediakan bagi siswa tapi ditiadakan di sekolah ini salah satunya adalah
sarana pada kecerdasan musikal.
2. Upaya pihak sekolah dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi kelas
V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone telah berjalan cukup maksimal dibuktikan
dengan berbagai upaya yakni memberikan tugas kepada siswa, membiarkan
siswa mengambil keputusan sendiri, biarkan siswa melakukan kesalahan,
memberikan kepercayaan pada siswa, kerja kelompok, mengajarkan siswa
untuk punya harga diri dan memberi keteladanan.
3. Implementasi teori pembelajaran multiple intelligence berkontribusi dalam
menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi kelas V Putri SD IT Rabbani Kab.
Bone dibuktikan beberapa hal di bawah:
a. Pihak guru cukup maksimal dalam mengimplementasikan teori
pembelajaran multiple intelligence dalam pembelajaran.
b. Tanggung jawab dari siswi-siswi kelas V Putri SD IT Rabbani cukup
terlihat dalam setiap sikap dan tindakannya.
c. Dengan melakukan pengembangan dan perhatian pada beberapa
kecerdasan berikut maka akan menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi,
yakni: 1) Kecerdasan spiritual akan menjadikan siswi melaksanakan
tanggung jawabnya sebagai seorang hamba yakni beribadah kepada
Allah.swt. 2) Kecerdasan naturalis akan menumbuhkan rasa tanggung
jawab siswi terhadap lingkungan, baik itu terhadap tanaman, hewan
maupun lingkungan hidup secara keseluruhan termasuk masalah
kebersihannya. 3) Kecerdasan interpersonal akan menjadikan siswi
tersebut tumbuh rasa tanggung jawabnya karena kecerdasan ini identik
dengan bagaimana siswi mampu dan suka bekerja sama dan berinteraksi
dengan orang lain sehingga siswi mampu memahami orang-orang di
sekitarnya dan mengetahui apa kebutuhannya.
4) Kecerdasan intrapersonal akan menjadikan siswi memiliki tingkat kesadaran diri
yang tinggi, tahu apa yang perlu diperbuat, mengatasi masalahnya sendiri
dan mandiri.
B. Implikasi
Setelah peneliti melakukan penelitian tentang implementasi teori
pembelajaran multiple intelligence dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi
kelas V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone, maka peneliti akan menyampaikan
beberapa saran sebagai berikut:
1. Sekolah dalam hal ini SD IT Rabbani, khususnya tenaga pengajar di kelas V
Putri SD IT Rabbani sebaiknya lebih memperdalam lagi teori multiple
intelligence ini, khususnya tentang cara-cara penerapannya di dalam kelas
sebagai usaha agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal yakni bagaimana
mengembangkan kecerdasan yang setiap siswi miliki.
2. Pihak pengajar sebaiknya memberikan lebih banyak lagi tugas-tugas yang
bisa diterapkan oleh siswi di kehidupan sehari-hari dalam menumbuhkan rasa
tanggung jawab mereka karena generasi muda banyak yang salah pergaulan
hanya karena kurangnya kesadaran tanggung jawab yang mereka miliki, hal
ini berakibat rusaknya generasi bangsa bahkan agama.
dalam Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Siswi Kelas V Putri SD IT Rabbani
Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teori
pembelajaran multiple intelligence dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi
kelas V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset lapangan) yang
dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi
data, display data dan conclusion drawing/ verification.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menemukan bahwa yang pertama;
implementasi dari teori pembelajaran multiple intelligence di SD IT Rabbani Kab.
Bone telah diterapkan dengan baik namun belum maksimal, hal ini dibuktikan
dengan proses belajar yang diawali dengan membangun kecerdasan siswa, lalu
memperkuat kecerdasan, mengajarkan kecerdasan hingga mentransfer kecerdasan
siswanya dan belum maksimal karena tidak tersedianya sarana untuk kecerdasan
musikal. Kedua; upaya dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi kelas V
Putri SD IT Rabbani Kab. Bone juga telah diterapkan dengan baik, hal ini dibuktikan
dengan berbagai upaya yang dilakukan guru seperti memberikan tugas kepada siswa,
membiarkan siswa mengambil keputusan sendiri, biarkan siswa melakukan
kesalahan lalu menasehati setelahnya, memberikan kepercayaan pada siswa,
memberi penugasan dalam bentuk kerja kelompok, mengajarkan siswa untuk punya
harga diri dan menjadi teladan bagi siswanya. Ketiga; implementasi dari teori
pembelajaran multiple intelligence cukup berkontribusi dalam menumbuhkan rasa
tanggung jawab siswi kelas V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone karena pihak guru
cukup maksimal dalam mengimplementasikan teori pembelajaran multiple
intelligence dalam pembelajaran dan telah terlihat bagaimana tanggung jawab para
siswi dalam setiap sikap dan tindakannya. Jika dilihat dari jenis kecerdasan maka
pada kecerdasan spiritual akan menjadikan siswi bertanggung jawab sebagai seorang
hamba yakni beribadah kepada Allah.swt.; kecerdasan naturalis akan menumbuhkan
rasa tanggung jawab siswi terhadap lingkungan; kecerdasan interpersonal akan
menjadikan siswi mampu memahami orang-orang di sekitarnya dan mengetahui apa
kebutuhannya; kecerdasan intrapersonal juga memiliki kontribusi dalam
menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi karena siswi yang memiliki kecerdasan ini
memiliki tingkat kesadaran diri yang tinggi, tahu apa yang perlu diperbuat, mengatasi
masalahnya sendiri dan mandiri. Maka dengan sikap-sikap dasar yang demikian akan
memicu tumbuhnya rasa tanggung jawab siswi tersebut.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi multiple intelligence di kelas V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone
telah berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan dijalankannya hal-hal
berikut dalam pembelajaran, yakni membangunkan atau memicu kecerdasan,
memperkuat kecerdasan, mengajarkan dengan atau untuk kecerdasan dan
mentransfer kecerdasan. Meskipun telah berjalan cukup baik namun belum
terlaksana secara maksimal karena adanya beberapa sarana yang harusnya
disediakan bagi siswa tapi ditiadakan di sekolah ini salah satunya adalah
sarana pada kecerdasan musikal.
2. Upaya pihak sekolah dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi kelas
V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone telah berjalan cukup maksimal dibuktikan
dengan berbagai upaya yakni memberikan tugas kepada siswa, membiarkan
siswa mengambil keputusan sendiri, biarkan siswa melakukan kesalahan,
memberikan kepercayaan pada siswa, kerja kelompok, mengajarkan siswa
untuk punya harga diri dan memberi keteladanan.
3. Implementasi teori pembelajaran multiple intelligence berkontribusi dalam
menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi kelas V Putri SD IT Rabbani Kab.
Bone dibuktikan beberapa hal di bawah:
a. Pihak guru cukup maksimal dalam mengimplementasikan teori
pembelajaran multiple intelligence dalam pembelajaran.
b. Tanggung jawab dari siswi-siswi kelas V Putri SD IT Rabbani cukup
terlihat dalam setiap sikap dan tindakannya.
c. Dengan melakukan pengembangan dan perhatian pada beberapa
kecerdasan berikut maka akan menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi,
yakni: 1) Kecerdasan spiritual akan menjadikan siswi melaksanakan
tanggung jawabnya sebagai seorang hamba yakni beribadah kepada
Allah.swt. 2) Kecerdasan naturalis akan menumbuhkan rasa tanggung
jawab siswi terhadap lingkungan, baik itu terhadap tanaman, hewan
maupun lingkungan hidup secara keseluruhan termasuk masalah
kebersihannya. 3) Kecerdasan interpersonal akan menjadikan siswi
tersebut tumbuh rasa tanggung jawabnya karena kecerdasan ini identik
dengan bagaimana siswi mampu dan suka bekerja sama dan berinteraksi
dengan orang lain sehingga siswi mampu memahami orang-orang di
sekitarnya dan mengetahui apa kebutuhannya.
4) Kecerdasan intrapersonal akan menjadikan siswi memiliki tingkat kesadaran diri
yang tinggi, tahu apa yang perlu diperbuat, mengatasi masalahnya sendiri
dan mandiri.
B. Implikasi
Setelah peneliti melakukan penelitian tentang implementasi teori
pembelajaran multiple intelligence dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab siswi
kelas V Putri SD IT Rabbani Kab. Bone, maka peneliti akan menyampaikan
beberapa saran sebagai berikut:
1. Sekolah dalam hal ini SD IT Rabbani, khususnya tenaga pengajar di kelas V
Putri SD IT Rabbani sebaiknya lebih memperdalam lagi teori multiple
intelligence ini, khususnya tentang cara-cara penerapannya di dalam kelas
sebagai usaha agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal yakni bagaimana
mengembangkan kecerdasan yang setiap siswi miliki.
2. Pihak pengajar sebaiknya memberikan lebih banyak lagi tugas-tugas yang
bisa diterapkan oleh siswi di kehidupan sehari-hari dalam menumbuhkan rasa
tanggung jawab mereka karena generasi muda banyak yang salah pergaulan
hanya karena kurangnya kesadaran tanggung jawab yang mereka miliki, hal
ini berakibat rusaknya generasi bangsa bahkan agama.
Ketersediaan
| STAR20200171 | 171/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
171/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
