Peran Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabuaten Bone
Ahmad Fuad/02.16.1166 - Personal Name
Penelitian ini berjudul “Peranan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali
Kabupaten Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru PAI
terkait dengan kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali
Kabupaten Bone, untuk mengetahui peranan kompetensi pedagogik guru PAI dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali
Kabupaten Bone.
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua permasalahan pokok tersebut,
penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam
melakukan pengelolaan data penelitian dengan menggunakan pendekatan pedagogik,
pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peranan
kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Amali sudah
dilaksanakan dengan baik dilihat dari peran kompetensi guru PAI yang dimiliki
dalam proses pembelajaran. Kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam
mengola pembelajaran baik dan tepat dalam menggunakan metode dan strategi serta
menggunakan media dalam pembelajaran yang akan membuat para peserta didik
dapat belajar dengan baik. Kompetensi pedagogik guru PAI baik dilihat dari siswa
yang bisa menerima materi dengan baik di dalam kelas dengan begitu, peran
kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kemudian guru pendidikan agama Islam
di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabupaten Bone melakukan pelatihan-
pelatihan dalam menjaga dan mengembangkan kompetensi yang dia miliki dan dalam
menghadapi segala kesulitan yang terjadi dalam pembelajaran sehingga prestasi
belajar siswa bisa meningkat dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Adapun
implikasi dalam penelitian ini diharapkan selalu kerja sama antar guru pendidik dan
pihak sekolah untuk proses pembelajaran tetap berjalan serta guru dengan peserta
didik agar tetap menjalin komunikasi yang baik.
A. Kesimpulan
1. Peranan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1
Amali sangat besar ketika guru dalam mengajar terampil dalam menggunakan
metode dan strategi yang tepat serta kemampuan dalam menggunakan media
dalam pembelajaran sehingga guru dapat mengola pembelajaran dengan baik.
Pemahaman terkait dengan kompetensi pedagogik guru sangat bagus.
2. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam sangat baik dalam proses
belajar mengajar, sehingga tercapainya pembelajaran aktif dan bisa mencapai
tujuan pembelajaran. Kunci keberhasilan itu ada pada seorang guru yang
mengelola pembelajaran. Serta di lengkapi oleh sarana dan prasarana yang
memadai yang menunjang berlangsungnya pembelajaran dengan baik. karena
guru tak lepas dari ketersediaan alat yang mereka akan kembangkan di dalam
kelas. Sehingga dengan kelengkapan itu semua baik dari guru yang mempunya
kompetnsi yang baik serta didukung oleh sarana dan prasarana yang baik pula
maka keberhasilan itu bisa diraih oleh sekolah.
3. Proses pendidikan yang ada di SMP N 1 Amali sudah bisa dikatakan
pembelajaran yang aktif karena guru mempunyai kemampuan untuk
memanfaatkan segala apa yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari peneliti maka dapat diberikan beberapa saran
sebagai berikut:
1. Perlunya guru senantiasa memahami terkait dengan kompetensi pedagogik
untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di kelas.
2. Interaksi antara guru dan siswa itu harus selalu dijaga agar guru bisa
melakukan pembelajaran dengan baik serta pihak sekolah juga akan
senantiasa melihat segala kebutuhan yang ada dalam pengadaan sarana
prasarana di sekolah.
3. Dalam meningkatkan prestasi yang baik oleh seorang peserta didik tidak lepas
juga dari peranan seorang pendidik yang tahu akan mengola proses
pembelajaran di dalam kelas, sehingga dengan guru terampil pada saat
mengajar, maka guru akan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai
dengan target yang dicapai pada saat itu.
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali
Kabupaten Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru PAI
terkait dengan kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali
Kabupaten Bone, untuk mengetahui peranan kompetensi pedagogik guru PAI dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali
Kabupaten Bone.
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua permasalahan pokok tersebut,
penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam
melakukan pengelolaan data penelitian dengan menggunakan pendekatan pedagogik,
pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peranan
kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Amali sudah
dilaksanakan dengan baik dilihat dari peran kompetensi guru PAI yang dimiliki
dalam proses pembelajaran. Kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam
mengola pembelajaran baik dan tepat dalam menggunakan metode dan strategi serta
menggunakan media dalam pembelajaran yang akan membuat para peserta didik
dapat belajar dengan baik. Kompetensi pedagogik guru PAI baik dilihat dari siswa
yang bisa menerima materi dengan baik di dalam kelas dengan begitu, peran
kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kemudian guru pendidikan agama Islam
di SMP Negeri 1 Amali Kecamatan Amali Kabupaten Bone melakukan pelatihan-
pelatihan dalam menjaga dan mengembangkan kompetensi yang dia miliki dan dalam
menghadapi segala kesulitan yang terjadi dalam pembelajaran sehingga prestasi
belajar siswa bisa meningkat dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Adapun
implikasi dalam penelitian ini diharapkan selalu kerja sama antar guru pendidik dan
pihak sekolah untuk proses pembelajaran tetap berjalan serta guru dengan peserta
didik agar tetap menjalin komunikasi yang baik.
A. Kesimpulan
1. Peranan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1
Amali sangat besar ketika guru dalam mengajar terampil dalam menggunakan
metode dan strategi yang tepat serta kemampuan dalam menggunakan media
dalam pembelajaran sehingga guru dapat mengola pembelajaran dengan baik.
Pemahaman terkait dengan kompetensi pedagogik guru sangat bagus.
2. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam sangat baik dalam proses
belajar mengajar, sehingga tercapainya pembelajaran aktif dan bisa mencapai
tujuan pembelajaran. Kunci keberhasilan itu ada pada seorang guru yang
mengelola pembelajaran. Serta di lengkapi oleh sarana dan prasarana yang
memadai yang menunjang berlangsungnya pembelajaran dengan baik. karena
guru tak lepas dari ketersediaan alat yang mereka akan kembangkan di dalam
kelas. Sehingga dengan kelengkapan itu semua baik dari guru yang mempunya
kompetnsi yang baik serta didukung oleh sarana dan prasarana yang baik pula
maka keberhasilan itu bisa diraih oleh sekolah.
3. Proses pendidikan yang ada di SMP N 1 Amali sudah bisa dikatakan
pembelajaran yang aktif karena guru mempunyai kemampuan untuk
memanfaatkan segala apa yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari peneliti maka dapat diberikan beberapa saran
sebagai berikut:
1. Perlunya guru senantiasa memahami terkait dengan kompetensi pedagogik
untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di kelas.
2. Interaksi antara guru dan siswa itu harus selalu dijaga agar guru bisa
melakukan pembelajaran dengan baik serta pihak sekolah juga akan
senantiasa melihat segala kebutuhan yang ada dalam pengadaan sarana
prasarana di sekolah.
3. Dalam meningkatkan prestasi yang baik oleh seorang peserta didik tidak lepas
juga dari peranan seorang pendidik yang tahu akan mengola proses
pembelajaran di dalam kelas, sehingga dengan guru terampil pada saat
mengajar, maka guru akan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai
dengan target yang dicapai pada saat itu.
Ketersediaan
| STAR20200164 | 164/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
164/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
