Urgensi Penerapan Metode Amtṡal Dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran PAI Pada Siswa Di MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone Kab. Bone
Nur Sakinah/02.15.1038 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Penerapan Metode amtṡal Dalam
Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran PAI Pada Siswa Di MI Nirul Yaqin Lompo
Kec. Awangpone Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan, mendiskripsikan penerapan
metode amtṡal dalam pembelajaran PAI pada siswa MI Nurul Yaqin Lompo Kec.
Awangpone Kab. Bone, mendeskripsikan Peningkatkan pemahaman pembelajaran
PAI pada siswa MI Nurul Yaqin Lompo Lompo Kec. Awangpone Kab. Bone, dan
untuk mengetahui faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam meningkatkan
pemahaman pembelajaran PAI pada siswa MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone
Kab. Bone. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan Pedagogik, psikologis,
dan sosiologis dengan menggunakan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan metode
amtṡal dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran PAI pada siswa MI Nurul
Yaqin Lompo Kec.Awangpone Kab. Bone: Pertama, Penerapan metode amtṡal dalam
pembelajaran PAI pada siswa sudah dilaksanakan dengan baik, sekalipun ada
beberapa siswa yang pemahamannya jauh dari tingkat rata-rata sehingga itu yang
menjadi tantangan bagi guru PAI agar bisa menggunakan metode atau ide-ide supaya
semua siswa bisa mendapatkan haknya dan bisa mengikuti proses belajar dengan baik
dan efisien. Kedua peningkatan pemahaman pembelajaran PAI pada siswa yaitu
adanya proses pengajaran, bimbingan belajar, memberikan motivasi, umpan balik
dalam belajar, dan keterampilan dalam mengadakan variasi. Hal ini dapat dilihat
bahwa usaha guru untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa dengan
menggunakan metode amtṡal pada pelajaran PAI membuat siswa merasa senang dan
tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Ketiga faktor Pendukung, penghambat dan
solusi dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran PAI melalui penerapan metode
amtṡal pada siswa di MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone Kab. Bone, yaitu
berasal dari interaksi guru, siswa, media dan prasarana, serta siswa yang berbeda-
beda karakter, dan siswa yang jauh dari tingkat rata-rata, adapun solusinya guru
diharuskan untuk mencari fakta yang menyebabkan kesulitan belajar siswa, mencari
sumber masalah yang melatarbelakangi munculnya kesulitan belajar siswa,
menentukan jenis bimbingan yang akan diberikan kepada siswa agar dapat mengatasi
masalah yang sedang dihadapi, dan menggunakan metode yang berbeda-beda sesuai
dengan materi pelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uaraian pada bab hasil penelitian dan pembelajaran maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
1.Penerapan metode amtṡal dalam pembelajaran PAI pada siswa yaitu
penerapannya sudah bisa dilaksanakan baik, sekalipun ada beberapa
diantara beberapa siswa yang tidak pemahamannya jauh dari tingkat rata-
rata sehingga itu yang menjadi tantangan bagi guru PAI bagaimana guru
PAI bisa menggunakan metode atau ide-ide supaya semua siswa bisa
mendapatkan haknya, bisa mengikuti proses belajar dengan baik di kelas,
artinya ada interaksi antara siswa dengan guru agar siswa baik mengikuti
kepada yang baik misalnya siswa yang aktif bisa mengikuti kepada siswa
yang aktif atau dibentuk kelompok untuk memecahkan semua masalah
bersama-sama sehingga metode amtṡal dapat diterapkan dengan baik dan
efisien kepada siswa MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone Kab.
Bone.
2.Peningkatan pemahaman pembelajaran PAI pada siswa yaitu proses
penerapan metode amtṡal pada mata pelajaran PAI dapat membuat siswa
merasa senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu
ketika guru menjelaskan siswa memperhatikan penjelasan materi yang
diberikan oleh guru meskipun masih ada sebagian kecil yang kurang
memperhatikan. Pada saat perbandingan akademis dilakukan dapat
dikatakan bahwa bukan hanya guru yang aktif dalam mengikuti
pembelajaran akan tetapi siswa juga terlibat aktif.
3.Faktor Pendukung, penghambat dan solusi
dalam meningkatkan
pemahaman melalui penerapan metode amtṡal dalam meningkatkan
pemahaman pembelajaran PAI pada siswa yaitu saling memotivasi
meskipun ada beberapa karakter yang berbeda-beda misalnya dalam
pemahaman mengenai materi yang diberikan oleh guru PAI, serta
mencari sumber masalah yang melatarbelakangi munculnya kesulitan
belajar siswa dan mencari solusi untuk mengatasi.
B. Implikasi
1.Diharapkan kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan pemahaman pembelajaran dalam penguasaan materi
belajar siswa khususnya PAI.
2.Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa
dalam pembelajaran PAI agar metode amtṡal dalam meningkatkan
pemahaman pembelajaran PAI dapat berjalan secara maksimal
3.Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dalam dunia pendidikan formal, maupun pendidikan informal.
Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran PAI Pada Siswa Di MI Nirul Yaqin Lompo
Kec. Awangpone Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan, mendiskripsikan penerapan
metode amtṡal dalam pembelajaran PAI pada siswa MI Nurul Yaqin Lompo Kec.
Awangpone Kab. Bone, mendeskripsikan Peningkatkan pemahaman pembelajaran
PAI pada siswa MI Nurul Yaqin Lompo Lompo Kec. Awangpone Kab. Bone, dan
untuk mengetahui faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam meningkatkan
pemahaman pembelajaran PAI pada siswa MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone
Kab. Bone. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan Pedagogik, psikologis,
dan sosiologis dengan menggunakan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan metode
amtṡal dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran PAI pada siswa MI Nurul
Yaqin Lompo Kec.Awangpone Kab. Bone: Pertama, Penerapan metode amtṡal dalam
pembelajaran PAI pada siswa sudah dilaksanakan dengan baik, sekalipun ada
beberapa siswa yang pemahamannya jauh dari tingkat rata-rata sehingga itu yang
menjadi tantangan bagi guru PAI agar bisa menggunakan metode atau ide-ide supaya
semua siswa bisa mendapatkan haknya dan bisa mengikuti proses belajar dengan baik
dan efisien. Kedua peningkatan pemahaman pembelajaran PAI pada siswa yaitu
adanya proses pengajaran, bimbingan belajar, memberikan motivasi, umpan balik
dalam belajar, dan keterampilan dalam mengadakan variasi. Hal ini dapat dilihat
bahwa usaha guru untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa dengan
menggunakan metode amtṡal pada pelajaran PAI membuat siswa merasa senang dan
tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Ketiga faktor Pendukung, penghambat dan
solusi dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran PAI melalui penerapan metode
amtṡal pada siswa di MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone Kab. Bone, yaitu
berasal dari interaksi guru, siswa, media dan prasarana, serta siswa yang berbeda-
beda karakter, dan siswa yang jauh dari tingkat rata-rata, adapun solusinya guru
diharuskan untuk mencari fakta yang menyebabkan kesulitan belajar siswa, mencari
sumber masalah yang melatarbelakangi munculnya kesulitan belajar siswa,
menentukan jenis bimbingan yang akan diberikan kepada siswa agar dapat mengatasi
masalah yang sedang dihadapi, dan menggunakan metode yang berbeda-beda sesuai
dengan materi pelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uaraian pada bab hasil penelitian dan pembelajaran maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
yaitu:
1.Penerapan metode amtṡal dalam pembelajaran PAI pada siswa yaitu
penerapannya sudah bisa dilaksanakan baik, sekalipun ada beberapa
diantara beberapa siswa yang tidak pemahamannya jauh dari tingkat rata-
rata sehingga itu yang menjadi tantangan bagi guru PAI bagaimana guru
PAI bisa menggunakan metode atau ide-ide supaya semua siswa bisa
mendapatkan haknya, bisa mengikuti proses belajar dengan baik di kelas,
artinya ada interaksi antara siswa dengan guru agar siswa baik mengikuti
kepada yang baik misalnya siswa yang aktif bisa mengikuti kepada siswa
yang aktif atau dibentuk kelompok untuk memecahkan semua masalah
bersama-sama sehingga metode amtṡal dapat diterapkan dengan baik dan
efisien kepada siswa MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone Kab.
Bone.
2.Peningkatan pemahaman pembelajaran PAI pada siswa yaitu proses
penerapan metode amtṡal pada mata pelajaran PAI dapat membuat siswa
merasa senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu
ketika guru menjelaskan siswa memperhatikan penjelasan materi yang
diberikan oleh guru meskipun masih ada sebagian kecil yang kurang
memperhatikan. Pada saat perbandingan akademis dilakukan dapat
dikatakan bahwa bukan hanya guru yang aktif dalam mengikuti
pembelajaran akan tetapi siswa juga terlibat aktif.
3.Faktor Pendukung, penghambat dan solusi
dalam meningkatkan
pemahaman melalui penerapan metode amtṡal dalam meningkatkan
pemahaman pembelajaran PAI pada siswa yaitu saling memotivasi
meskipun ada beberapa karakter yang berbeda-beda misalnya dalam
pemahaman mengenai materi yang diberikan oleh guru PAI, serta
mencari sumber masalah yang melatarbelakangi munculnya kesulitan
belajar siswa dan mencari solusi untuk mengatasi.
B. Implikasi
1.Diharapkan kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan pemahaman pembelajaran dalam penguasaan materi
belajar siswa khususnya PAI.
2.Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa
dalam pembelajaran PAI agar metode amtṡal dalam meningkatkan
pemahaman pembelajaran PAI dapat berjalan secara maksimal
3.Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dalam dunia pendidikan formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| SSTAR20190292 | 292/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
292/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
