Penerapan manajemen pembelajaran dalam mengembangkan sikap sosial siswa (Studi Kasus MA Al-Maarif Bilae)
Akbar Tsnjung/02.15.3154 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Penerapan manajemempem belajaran
dalam mengembangkan sikapsosial siswa”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni untuk mengetahui tentang Penerapan manajemem pembelajaran dalam
mengembangkan sikap sosial siswa.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif (Qualitatif Research) dengan menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh di analisis dengan menggunakan metode deduktif dan induktif. Dan peneliti
menggunakan pendekatan manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan
psikologis.
Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan 1) Bagaiman penerapan
manajemen pembelajaran di MA AL ARIF Bilae dapat dikatakan sudah terlaksana
dengan baik hal ini dapat dilihat dari aktifitas guru-guru dalam menjalankan tugas-
tugasnya sudah cukup baik. 2) Bagaimana sikap sosial siswa di MA AL MA ARIF
Bilae yaitu pembiasaan dan keteladanan kemampuan guru memberikan contoh sikap
interaksi kepada siswa baik di dalm kelas maupun di luar kelas, dapat membantu
dalam menanamkan sikap sosial terutama dalam menerapkan percaya diri, disiplin
dan tanggunh jawab sikap sosial siswa melalui pembelajaran yang sudah tertanam
dengan baik guru berhasil terlihat berhasil dalam menanamkan nilai sikap sosial
sesuai dengan baik. 3) Bagaimana penerapan manajemen pembelajaran dalam
mengembangkan sikap sosial siswa di MA AL MA ARIF Bilae yaitu dengan
mengatur pelajaran yang ingin diterapkan pada siswa yang mempunyai karakter yang
berbeda beda dan juga mengadakan kegiatan tambahan agar pegetahuan yang
dimiliki oleh setiap siswa bisa bertambah.
A. Simpulan
Setelah penulis mengadakan pembahasan dan analisis data dalam penelitian
yang merujuk pada rumusan masalah dan tujuan penelitian, pembahsan
danuraiyandan analisa pada skripsi ini supaya pembaca lebih cepat mengetahui isi
serta maksud dan tujuan skripsi ini. Menurut hasil penelitian yang penulis lakukan
di MA AL MA ARIF Bilae Kec. Awangpone Kab. Bone tentang manajemen
sumber daya manusia dalam meningkatkan profesionalisme Guru adalah sebagai
berikut:
1. Bagaimana penerapan manajemen pembelajaran di MA AL ARIF Bilae dapat
dikatakan sudah terlaksana dengan baik hal ini dapat dilihat dari aktifitas guru-
guru dalam menjalankan tugas-tugasnya sudah cukup baik.
2. Bagaimana siakap social siswa di MA AL MA ARIF Bilae yaitu pembiasaan
dan keteldanan kemampuan guru memberikan contoh sikap interaksi kepada
siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dapat membantu dalam
menanamkan sikap social terutama dalam menerapkan percayadiri, disiplin dan
tanggung jawab sikap social siswa melalui pembelajaran yang sudah tertanam
dengan baik guru berhasil terlihat berhasil dalam menanamkan nilai sikap
social sesuai dengan baik.
3. Bagaimana penerapan manajemen pembelajaran dalam mengembankan sikap
social siswa di MA AL MA ARIF Bilae yaitu dengan mengatur pelajaran yang
ingin diterapkan pada siswa yang mempunyai karakter yang berbeda beda
4. Dan juga mengadakan kegiatan tambahan agar pengetahuan yang dimiliki oleh
setiap siswa bias bertambah.
B. Implikasi
Implikasi dapat dipergunakan dalam berbagai keadaan maupu situasi yang
mengharuskan seseorang untuk berpendapat atau berargumen.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Pihak kepalah sekolah harus memerhatikan sikap social siswa dengan
memperbaiki sistem manajemen sumber daya manusia.
2. Kepada gur-guru MA AL MA ARIF Bilae Kec. Awangpone Kab. Bone agar
dapat menumbuhkan kesadaran diri akan pentingnya mengembangkan
kemampuan. Kerana mengingat perkembagan zaman yang begitu cepat maka
guru pun harus selalu senantiasa mengikuti perkembagan yang ada dengan
mengembangkan kompotensi yang dimiliki.
dalam mengembangkan sikapsosial siswa”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni untuk mengetahui tentang Penerapan manajemem pembelajaran dalam
mengembangkan sikap sosial siswa.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif (Qualitatif Research) dengan menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh di analisis dengan menggunakan metode deduktif dan induktif. Dan peneliti
menggunakan pendekatan manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan
psikologis.
Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan 1) Bagaiman penerapan
manajemen pembelajaran di MA AL ARIF Bilae dapat dikatakan sudah terlaksana
dengan baik hal ini dapat dilihat dari aktifitas guru-guru dalam menjalankan tugas-
tugasnya sudah cukup baik. 2) Bagaimana sikap sosial siswa di MA AL MA ARIF
Bilae yaitu pembiasaan dan keteladanan kemampuan guru memberikan contoh sikap
interaksi kepada siswa baik di dalm kelas maupun di luar kelas, dapat membantu
dalam menanamkan sikap sosial terutama dalam menerapkan percaya diri, disiplin
dan tanggunh jawab sikap sosial siswa melalui pembelajaran yang sudah tertanam
dengan baik guru berhasil terlihat berhasil dalam menanamkan nilai sikap sosial
sesuai dengan baik. 3) Bagaimana penerapan manajemen pembelajaran dalam
mengembangkan sikap sosial siswa di MA AL MA ARIF Bilae yaitu dengan
mengatur pelajaran yang ingin diterapkan pada siswa yang mempunyai karakter yang
berbeda beda dan juga mengadakan kegiatan tambahan agar pegetahuan yang
dimiliki oleh setiap siswa bisa bertambah.
A. Simpulan
Setelah penulis mengadakan pembahasan dan analisis data dalam penelitian
yang merujuk pada rumusan masalah dan tujuan penelitian, pembahsan
danuraiyandan analisa pada skripsi ini supaya pembaca lebih cepat mengetahui isi
serta maksud dan tujuan skripsi ini. Menurut hasil penelitian yang penulis lakukan
di MA AL MA ARIF Bilae Kec. Awangpone Kab. Bone tentang manajemen
sumber daya manusia dalam meningkatkan profesionalisme Guru adalah sebagai
berikut:
1. Bagaimana penerapan manajemen pembelajaran di MA AL ARIF Bilae dapat
dikatakan sudah terlaksana dengan baik hal ini dapat dilihat dari aktifitas guru-
guru dalam menjalankan tugas-tugasnya sudah cukup baik.
2. Bagaimana siakap social siswa di MA AL MA ARIF Bilae yaitu pembiasaan
dan keteldanan kemampuan guru memberikan contoh sikap interaksi kepada
siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dapat membantu dalam
menanamkan sikap social terutama dalam menerapkan percayadiri, disiplin dan
tanggung jawab sikap social siswa melalui pembelajaran yang sudah tertanam
dengan baik guru berhasil terlihat berhasil dalam menanamkan nilai sikap
social sesuai dengan baik.
3. Bagaimana penerapan manajemen pembelajaran dalam mengembankan sikap
social siswa di MA AL MA ARIF Bilae yaitu dengan mengatur pelajaran yang
ingin diterapkan pada siswa yang mempunyai karakter yang berbeda beda
4. Dan juga mengadakan kegiatan tambahan agar pengetahuan yang dimiliki oleh
setiap siswa bias bertambah.
B. Implikasi
Implikasi dapat dipergunakan dalam berbagai keadaan maupu situasi yang
mengharuskan seseorang untuk berpendapat atau berargumen.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Pihak kepalah sekolah harus memerhatikan sikap social siswa dengan
memperbaiki sistem manajemen sumber daya manusia.
2. Kepada gur-guru MA AL MA ARIF Bilae Kec. Awangpone Kab. Bone agar
dapat menumbuhkan kesadaran diri akan pentingnya mengembangkan
kemampuan. Kerana mengingat perkembagan zaman yang begitu cepat maka
guru pun harus selalu senantiasa mengikuti perkembagan yang ada dengan
mengembangkan kompotensi yang dimiliki.
Ketersediaan
| STAR20190291 | 291/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
291/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
