Peran Orang Tua Dalam Pengelolaan Sosial Emosional Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring Di Tk Asri Desa Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone
Rahmi/ 02.18.6033 - Personal Name
Penelitian dilakukan untuk mengetahui kontribusi orang tua di TK Asri
Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Dan untuk mengetahui pengelolaan sosial emosional anak usia dini selama
pembelajaran daring di TK Asri Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, untuk
memperoleh data yang diinginkan peneliti menggunakan data primer dan
sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi orang tua dalam
pembelajaran daring di TK Asri Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone, sebagai pendidik dengan mengutamakan
kepentingan anak dan kebutuhan anak, peran orang tua sebagai pengontrol dengan
mengatur sikap anak, orang tua sebagai fasilitator dengan menyediakan sarana dan
prasarana anak, sedangkan orang tua sebagai pembimbing, orang tua dapat
memberikan arahan atau binaan kepada anak. Adapun pengelolaan sosial
emosional anak usia dini selama pembelajaran daring yaitu sikap hormat dimana
anak dapat menghargai orang lain, menyesuaikan diri agar anak dapat diterima
dilingkungannya, dan kesetiakawanan pada anak.
A. SIMPULAN
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi data penelitian, maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Kontribusi orang tua dalam pengelolaan sosial emosional anak usia dini
di TK Asri melibatkan orang tua murid dan siswa secara langsung. Peran
orang tua yang dapat diperhatikan yaitu sebagai pendidik, pengontrol,
fasilitator, dan pembimbing. Pada peran orang tua sebagai pendidik
dengan mengutamakan kepentingan dan kebutuhan anak. Peran orang tua
sebagai pengontrol dengan mengatur sikap anak. Peran orang tua sebagai
fasilitator yaitu menyediakan sarana dan prasarana anak. Sedangkan
orang tua sebagai pembimbing, orang tua dapat memberikan arahan atau
binaan kepada anak.
2. Pengelolaan sosial emosional anak usia dini selama pembelajaran daring
yaitu sikap hormat dimana anak dapat menghargai orang lain,
menyesuaikan diri agar anak dapat diterima dilingkungannya, dan
kesetiakawanan pada anak.
B. IMPLIKASI
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
maka saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Orang tua mampu berperan aktif dalam mendampingi anak-anaknya
selama pembelajaran daring, terlebih bagi anak usia dini yang masih
sangat membutuhkan perhatian khusus. Orang tua dapat memberikan
semangat serta motivasi kepada anak agar tetap dapat melaksanakan
pembelajaran daring sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan.
2. Orang tua lebih efektif dalam mengembangkan sosial emosional anak
sehingga nantinya anak mampu berinteraksi dengan baik dilingkungan
sekolah, keluarga dan masyarakat.
Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Dan untuk mengetahui pengelolaan sosial emosional anak usia dini selama
pembelajaran daring di TK Asri Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, untuk
memperoleh data yang diinginkan peneliti menggunakan data primer dan
sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi orang tua dalam
pembelajaran daring di TK Asri Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone, sebagai pendidik dengan mengutamakan
kepentingan anak dan kebutuhan anak, peran orang tua sebagai pengontrol dengan
mengatur sikap anak, orang tua sebagai fasilitator dengan menyediakan sarana dan
prasarana anak, sedangkan orang tua sebagai pembimbing, orang tua dapat
memberikan arahan atau binaan kepada anak. Adapun pengelolaan sosial
emosional anak usia dini selama pembelajaran daring yaitu sikap hormat dimana
anak dapat menghargai orang lain, menyesuaikan diri agar anak dapat diterima
dilingkungannya, dan kesetiakawanan pada anak.
A. SIMPULAN
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi data penelitian, maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Kontribusi orang tua dalam pengelolaan sosial emosional anak usia dini
di TK Asri melibatkan orang tua murid dan siswa secara langsung. Peran
orang tua yang dapat diperhatikan yaitu sebagai pendidik, pengontrol,
fasilitator, dan pembimbing. Pada peran orang tua sebagai pendidik
dengan mengutamakan kepentingan dan kebutuhan anak. Peran orang tua
sebagai pengontrol dengan mengatur sikap anak. Peran orang tua sebagai
fasilitator yaitu menyediakan sarana dan prasarana anak. Sedangkan
orang tua sebagai pembimbing, orang tua dapat memberikan arahan atau
binaan kepada anak.
2. Pengelolaan sosial emosional anak usia dini selama pembelajaran daring
yaitu sikap hormat dimana anak dapat menghargai orang lain,
menyesuaikan diri agar anak dapat diterima dilingkungannya, dan
kesetiakawanan pada anak.
B. IMPLIKASI
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
maka saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Orang tua mampu berperan aktif dalam mendampingi anak-anaknya
selama pembelajaran daring, terlebih bagi anak usia dini yang masih
sangat membutuhkan perhatian khusus. Orang tua dapat memberikan
semangat serta motivasi kepada anak agar tetap dapat melaksanakan
pembelajaran daring sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan.
2. Orang tua lebih efektif dalam mengembangkan sosial emosional anak
sehingga nantinya anak mampu berinteraksi dengan baik dilingkungan
sekolah, keluarga dan masyarakat.
Ketersediaan
| STAR20220074 | 74/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
74/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
