Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Pai Kelas Xii Di Sma Negeri 9 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan peroblem based learning dalam
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran PAI Kelas XII
di SMAN 9 Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, penerapan model
pembelajran problem based learning dalam pembelajaran PAI siswa kelas XII di
SMAN 9 Bone, kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PAI kelas XII
di SMAN 9 Bone, dan kontribusi penerapan model pembelajran problem based
learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran
PAI kelas XII di SMAN 9 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitain
lapangan (Fieild Reserch) melakukan pendekatan paedagogis, sosiologis, dan
psikologis, menggunakan sumber data primer dan data sekunder serta dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis desktiptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu
tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau
kesimpulan.
Hasil penelitian menjawab Pertama, Penerapan model pembelajaran problem based
learning dalam pembelajaran PAI siswa kelas XII di SMA Negeri 9 Bone yaitu guru
PAI telah membimbing siswa untuk saling memberikan dukungan, siswa yang kurang
aktif bsa mengikuti kepada siswa yang aktif atau dibentuk dalam kelompok diskusi
untuk memecahkan maspalah. Serta menyelesaikan tugas dengan saling memberikan
motivasi sehingga model pembelajaran membuat belajar lebih efisien. Guru PAI
memberikan kesimpulan agar permasalahan dalam pembelajaran tersebut dapat
diselesaikan sehingga evaluasi yang dilakukan dapat berjalan lancar. Kedua,
Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PAI sudah dikatakan baik
dimana siswa telah mampu menerapkan kriteria berpikir kreatif yang mencakup
tentang berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal dan berpikir terinci. Namun,
masih perlu peningkatan dari segi penggunaan bahasa yang baku sehingga mudah
dalam memahami suatu gagasan. Ketiga, Penerapan model pembelajaran problem
based learning telah berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
siswa pada pembelajaran PAI siswa kelas XII di SMA Negeri 9 bone. Hal tersebut
terdukti dimana penerapan problem based lerning telah berjalan sesuai dengan yang
diharapkan yakni guru PAI telah membimbing, mengawasi kegiatan pembelajaran
sehingga suasana kelas menjadi dinamis. Serta melalui model pembelajaran problem
based learning memberikan kontribusi yang positif bagi kemampuan dan prestasi
siswa, membangun rasa percaya diri baik dari segi sikap, pengetahuan, dan
keterampila
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitan dan pembahasan maka penulis
dapat megemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran
PAI siswa kelas XII di SMA Negeri 9 Bone yaitu guru PAI telah membimbing
siswa untuk saling memberikan dukungan, siswa yang kurang aktif bsa
mengikuti kepada siswa yang aktif atau dibentuk dalam kelompok diskusi untuk
memecahkan masalah. Serta menyelesaikan tugas dengan saling memberikan
motivasi sehingga model pembelajaran membuat belajar lebih efisien. Guru PAI
memberikan kesimpulan agar permasalahan dalam pembelajaran tersebut dapat
diselesaikan sehingga evaluasi yang dilakukan dapat berjalan lancar.
2. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PAI sudah dikatakan
baik dimana siswa telah mampu menerapkan kriteria berpikir kreatif yang
mencakup tentang berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal dan berpikir
terinci. Namun, masih perlu peningkatan dari segi penggunaan bahasa yang baku
sehingga mudah dalam memahami suatu gagasan.
3. Penerapan model pembelajaran problem based learning telah berkontribusi
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PAI
siswa kelas XII di SMA Negeri 9 bone. Hal tersebut terdukti dimana penerapan
problem based lerning telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan yakni guru
PAI telah membimbing, mengawasi kegiatan pembelajaran sehingga suasana
kelas menjadi dinamis. Serta melalui model pembelajaran problem based
learning memberikan kontribusi yang positif bagi kemampuan dan prestasi
siswa, membangun rasa percaya diri baik dari segi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, staf dan komite sekolah dapat berpartisipasi
secara aktif dan bekerja sama dalam meningkatkan penguasaan materi belajar
siswa khususnya PAI.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa dalam
pembelajaran PAI agar model pembelajaran problem based learning dapat
berjalan secara maksimal.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
STAR20220158158/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

158/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top