Strategi Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran PJOK Secara Daring di MI Tamoponreng Kelas V
A. Rival Rinaldi/02.16.5080 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam
meningkatkan kreativitas siswa dan kendala yang dihadapi oleh guru serta peserta
didik dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK secara daring di MI Tamoponreng
kelas V.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis
data triangulasi yaitu dengan cara Meredukasi data, Mendiskripsikan data, Penarikan
Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran PJOK secara daring
selama pandemi membuat pembelajaran menjadi lebih berbeda karena yang dulunya
tatap muka sekarang karena kondisi yang tidak mendukung mengharuskan siswa
belajar di rumah.
Pada proses ini Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar seperti
mengamati, mendengar dan melakukan demonstrasi. Adapun jenis strategi yang
digunakan yaitu Strategi pembelajaran langsung (Direcy Intruction) yaitu strategi
yang berpusat pada guru termasuk didalamnya termasuk metode ceramah dan
demonstrasi. Strategi pembelajaran tidak langsung (indirect Instruction) yaitu strategi
yang melibatkan siswa pada proses pembelajaran strategi ini peran guru beralih dari
penceramah menjadi fasilitator atau pendukung dari proses pembelajaran. Strategi
pembelajaran mandiri yaitu strategi yang dilakukan didalam ataupun diluar kelas
baik individu Maupin kelompok yang membutuhkan dampingan agar lebih terfokus
dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran melalui pengalaman (Expriental
learning) yaitu proses pembelajaran yang menggabungkan pengetahuan keterampilan
melalui pengalaman-pengalaman langsung strategi ini menekankan proses belajar
bukan hasil belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian- uraian yang telah dipaparkan dalam bab- bab
sebelumnya, sesuai data hasil penelitian dan analisis peneliti mengenai Meningkatkan
Kreativitas Siswa pada Pembelajaran PJOK Secara Daring, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Bentuk- bentuk pelaksanaan pembelajaran PJOK secara daring seperti siswa
diberikan tugas membuat video senam sesuai dengan contoh yang telah
dikirim guru ke grub whatsApp, sebelum tugas tersebut diberikan guru
terlebih dahulu melakukan beberapa langkah– langkah sebelum proses
pembelajaran dimulai seperti merumuskan tujuan, persiapan guru (Materi/
bahan ajar), serta persiapan lain sebelum kelas dimulai agar proses
pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan terstruktur.
2. Strategi guru yang digunakan yaitu Strategi Pembelajaran langsung Strategi
ini menggunakan metode Prakti, ceramah, latihan dan demonstrasi, Strategi
Pembelajaran tidak langsung strategi ini peran guru beralih menjadi fasilitator
atau pendukung dalam prose pembelajaran dan mensyaratkan guru
menggunakan bahan cetak atau non cetak, strategi interaktif yaitu strategi
dalam bentuk diskusi dan saling berbagi, Strategi Pembelajaran melalui
Pengalaman strategi ini berpusat pada siswa dan berorientasi pada aktivitas,
57
Strategi Pembelajaran Mandiri strategi ini bertujuan membangun inisiatif
kreativitas, individu, kemandirian, dan peningkatan diri.
3. kendala yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam pelaksanaan
pembelajaran PJOK secara daring yaitu beberapa siswa disekolah tersebut
masih menggunakan handphone orang tua dan belum memiliki handphone
sendiri, ketika proses pembelajaran siswa yang masih menggunakan
handphone orang tua belum terlalu paham dalam menggunakan aplikasi
whatsapp sehingga perlu adanya bimbingan orang tua selama proses
pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru yaitu beberapa siswa tidak tepat
waktu dalam mengirim tugas dikarenakan handphone yang digunakan
bergantian dengan orangtua.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru untuk menumbuhkan kemampuan menulis puisi
siswa media yang cocok digunakan yaitu Media Alam sekitar karena media ini
sangat membantu siswa dalam berfikir secara nyata karena mereka di ajak ke
alam bebas untuk berfikir sambil menikmati pemandangan disekitar mereka.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan Media Alam sekitar ini siswa diharapkan lebih
mematuhi aturan- aturan sebelum mereka ke lokasi belajar untuk menghindari
hal- hal yang tidak diinginkan.
3. Bagi peneliti, untuk diwaktu yang akan datang penelitian ini akan sangat
berguna diwaktu yang akan datang karena peneliti dapat menggunakan media
alam sekitar untu menumbukan kemampuan menulis puisi siswa.
meningkatkan kreativitas siswa dan kendala yang dihadapi oleh guru serta peserta
didik dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK secara daring di MI Tamoponreng
kelas V.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis
data triangulasi yaitu dengan cara Meredukasi data, Mendiskripsikan data, Penarikan
Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran PJOK secara daring
selama pandemi membuat pembelajaran menjadi lebih berbeda karena yang dulunya
tatap muka sekarang karena kondisi yang tidak mendukung mengharuskan siswa
belajar di rumah.
Pada proses ini Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar seperti
mengamati, mendengar dan melakukan demonstrasi. Adapun jenis strategi yang
digunakan yaitu Strategi pembelajaran langsung (Direcy Intruction) yaitu strategi
yang berpusat pada guru termasuk didalamnya termasuk metode ceramah dan
demonstrasi. Strategi pembelajaran tidak langsung (indirect Instruction) yaitu strategi
yang melibatkan siswa pada proses pembelajaran strategi ini peran guru beralih dari
penceramah menjadi fasilitator atau pendukung dari proses pembelajaran. Strategi
pembelajaran mandiri yaitu strategi yang dilakukan didalam ataupun diluar kelas
baik individu Maupin kelompok yang membutuhkan dampingan agar lebih terfokus
dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran melalui pengalaman (Expriental
learning) yaitu proses pembelajaran yang menggabungkan pengetahuan keterampilan
melalui pengalaman-pengalaman langsung strategi ini menekankan proses belajar
bukan hasil belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian- uraian yang telah dipaparkan dalam bab- bab
sebelumnya, sesuai data hasil penelitian dan analisis peneliti mengenai Meningkatkan
Kreativitas Siswa pada Pembelajaran PJOK Secara Daring, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Bentuk- bentuk pelaksanaan pembelajaran PJOK secara daring seperti siswa
diberikan tugas membuat video senam sesuai dengan contoh yang telah
dikirim guru ke grub whatsApp, sebelum tugas tersebut diberikan guru
terlebih dahulu melakukan beberapa langkah– langkah sebelum proses
pembelajaran dimulai seperti merumuskan tujuan, persiapan guru (Materi/
bahan ajar), serta persiapan lain sebelum kelas dimulai agar proses
pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan terstruktur.
2. Strategi guru yang digunakan yaitu Strategi Pembelajaran langsung Strategi
ini menggunakan metode Prakti, ceramah, latihan dan demonstrasi, Strategi
Pembelajaran tidak langsung strategi ini peran guru beralih menjadi fasilitator
atau pendukung dalam prose pembelajaran dan mensyaratkan guru
menggunakan bahan cetak atau non cetak, strategi interaktif yaitu strategi
dalam bentuk diskusi dan saling berbagi, Strategi Pembelajaran melalui
Pengalaman strategi ini berpusat pada siswa dan berorientasi pada aktivitas,
57
Strategi Pembelajaran Mandiri strategi ini bertujuan membangun inisiatif
kreativitas, individu, kemandirian, dan peningkatan diri.
3. kendala yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam pelaksanaan
pembelajaran PJOK secara daring yaitu beberapa siswa disekolah tersebut
masih menggunakan handphone orang tua dan belum memiliki handphone
sendiri, ketika proses pembelajaran siswa yang masih menggunakan
handphone orang tua belum terlalu paham dalam menggunakan aplikasi
whatsapp sehingga perlu adanya bimbingan orang tua selama proses
pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru yaitu beberapa siswa tidak tepat
waktu dalam mengirim tugas dikarenakan handphone yang digunakan
bergantian dengan orangtua.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru untuk menumbuhkan kemampuan menulis puisi
siswa media yang cocok digunakan yaitu Media Alam sekitar karena media ini
sangat membantu siswa dalam berfikir secara nyata karena mereka di ajak ke
alam bebas untuk berfikir sambil menikmati pemandangan disekitar mereka.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan Media Alam sekitar ini siswa diharapkan lebih
mematuhi aturan- aturan sebelum mereka ke lokasi belajar untuk menghindari
hal- hal yang tidak diinginkan.
3. Bagi peneliti, untuk diwaktu yang akan datang penelitian ini akan sangat
berguna diwaktu yang akan datang karena peneliti dapat menggunakan media
alam sekitar untu menumbukan kemampuan menulis puisi siswa.
Ketersediaan
| STAR20210423 | 423/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
423/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
