Urgensi Budaya Membaca Buku Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas 6 SD 157 Pajalesang Kec.Marioriwawo Kab.Soppeng
Nurul Hikma/02.18.1002 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Budaya Membaca Materi Pendidikan Agama
Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Kelas 6
SDN 157 Pajalesang Kec. Marioriwawo Kab. Soppeng”. Ada dua sub masalah yang
dikaji dalam skripsi ini yaitu, bentuk budaya membaca materi pendidikan agama
Islam siswa kelas 6, budaya membaca materi pendidikan agama Islam dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6. Metode penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan paedagogik, dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama siswa SD Negeri 157 Pajalesang,
terkhususnya kelas 6 belum benar-benar menerapkan budaya membaca materi
pendidikan agama Islam, dimana tingkat minat membaca beberapa siswa terbilang
masaih cukup rendah. Dalam menumbuhkan budaya membaca buku bagi siswa kelas
6 SD Negeri 157 Pajalesang yang berimbas dalam peningkatan hasil belajar siswa
dilakukan upaya berupa semua pihak yang berkaitan pada perkembangan belajar
siswa berperan sebagai, motivator, dinamisator, supervisor, konseler.
Kedua, Budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam punya peranan penting
dalam menciptakan peserta didik/siswa yang berkualitas. Sehingga dengan Budaya
membaca materi Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa
terkhususnya mata pelajaran PAI, terutama pada ranah kognitif, berupa pengetahuan,
kemampuan dan kemahiran siswa, yang akan menjadikan peserta didik sebagai insan
kamil.
A. Kesimpulan
1. Siswa SD Negeri 157 Pajalesang, terkhususnya kelas 6 belum benar-benar
menerapkan budaya membaca materi Pendidikan Agama islam di mana
tingkat minat membaca beberapa siswa terbilang masaih cukup rendah.
Dalam menumbuhkan budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam di
SD Negeri 157 Pajalesang yang berimbas dalam peningkatan hasil belajar
siswa perlu dilakukan upaya berupa semua pihak yang berkaitan pada
perkembangan belajar siswa harus berperan sebagai motivator dalam
menstimulus minat baca siswa, mendinamisasikan kegiatan pembelajaran
dengan membaca buku, melakukan supervisi atau pengawasan terhadap
program membaca buku yang diterapakn dan selalu memberikan konseling
kepada siswa terkait kegiatan membaca buku.
2. Budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam punya peranan penting
dalam menciptakan peserta didik/siswa yang berkualitas. Sehingga dengan
Budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan
hasil belajar siswa terkhususnya mata pelajaran PAI, terutama pada ranah
kognitif, berupa pengetahuan, kemampuan dan kemahiran siswa, yang akan
menjadikan peserta didik sebagai insan yang memiliki kepribadian luhur,
memiliki pemahaman dan pengetahuan yang cukup serta menjadi bekal
hidup untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat kelak.
B. Saran
Setelah penulis mengumpulkan simpulan, maka ini akan diuraikan saran,
adapun saran yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yakni sebagai
berikut:
1. Kepada guru agar kiranya metode pembelajaran yang digunakan selalunya
berkaitan tentang budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam yang
lebih asik dan menyenangkan. Agar budaya membaca di SD Negeri 157
Pajalesang lebih cepat berkembang.
2. Kepada siswa agar selalu menumbuh kembangkan minat membaca supaya
menjadi kebiasan dalam kehidupanya sehari-hari.
3. Kepada peneliti selanjutnya agar lebih mengembangkan hal-hal yang
berkaitan budaya membaca.
Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Kelas 6
SDN 157 Pajalesang Kec. Marioriwawo Kab. Soppeng”. Ada dua sub masalah yang
dikaji dalam skripsi ini yaitu, bentuk budaya membaca materi pendidikan agama
Islam siswa kelas 6, budaya membaca materi pendidikan agama Islam dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6. Metode penelitian ini menggunakan jenis
penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan paedagogik, dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama siswa SD Negeri 157 Pajalesang,
terkhususnya kelas 6 belum benar-benar menerapkan budaya membaca materi
pendidikan agama Islam, dimana tingkat minat membaca beberapa siswa terbilang
masaih cukup rendah. Dalam menumbuhkan budaya membaca buku bagi siswa kelas
6 SD Negeri 157 Pajalesang yang berimbas dalam peningkatan hasil belajar siswa
dilakukan upaya berupa semua pihak yang berkaitan pada perkembangan belajar
siswa berperan sebagai, motivator, dinamisator, supervisor, konseler.
Kedua, Budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam punya peranan penting
dalam menciptakan peserta didik/siswa yang berkualitas. Sehingga dengan Budaya
membaca materi Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa
terkhususnya mata pelajaran PAI, terutama pada ranah kognitif, berupa pengetahuan,
kemampuan dan kemahiran siswa, yang akan menjadikan peserta didik sebagai insan
kamil.
A. Kesimpulan
1. Siswa SD Negeri 157 Pajalesang, terkhususnya kelas 6 belum benar-benar
menerapkan budaya membaca materi Pendidikan Agama islam di mana
tingkat minat membaca beberapa siswa terbilang masaih cukup rendah.
Dalam menumbuhkan budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam di
SD Negeri 157 Pajalesang yang berimbas dalam peningkatan hasil belajar
siswa perlu dilakukan upaya berupa semua pihak yang berkaitan pada
perkembangan belajar siswa harus berperan sebagai motivator dalam
menstimulus minat baca siswa, mendinamisasikan kegiatan pembelajaran
dengan membaca buku, melakukan supervisi atau pengawasan terhadap
program membaca buku yang diterapakn dan selalu memberikan konseling
kepada siswa terkait kegiatan membaca buku.
2. Budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam punya peranan penting
dalam menciptakan peserta didik/siswa yang berkualitas. Sehingga dengan
Budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan
hasil belajar siswa terkhususnya mata pelajaran PAI, terutama pada ranah
kognitif, berupa pengetahuan, kemampuan dan kemahiran siswa, yang akan
menjadikan peserta didik sebagai insan yang memiliki kepribadian luhur,
memiliki pemahaman dan pengetahuan yang cukup serta menjadi bekal
hidup untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat kelak.
B. Saran
Setelah penulis mengumpulkan simpulan, maka ini akan diuraikan saran,
adapun saran yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yakni sebagai
berikut:
1. Kepada guru agar kiranya metode pembelajaran yang digunakan selalunya
berkaitan tentang budaya membaca materi Pendidikan Agama Islam yang
lebih asik dan menyenangkan. Agar budaya membaca di SD Negeri 157
Pajalesang lebih cepat berkembang.
2. Kepada siswa agar selalu menumbuh kembangkan minat membaca supaya
menjadi kebiasan dalam kehidupanya sehari-hari.
3. Kepada peneliti selanjutnya agar lebih mengembangkan hal-hal yang
berkaitan budaya membaca.
Ketersediaan
| STAR20220309 | 309/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
309/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
