Impementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Manajemen Sumber Daya Manusia di SMPN 4 Barebbo Kabupaten Bone
Nurfadilla/02.18.358 - Personal Name
Pendidikan adalah suatu yang memiliki suatu tujuan yang dikatakan penting. Tujuan
pendidikan dapat dikatakan sebagai pengembangan kemampuan peserta didik,
membentuk watak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Peserta didik dapat
mengembangkan potensinya untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Dalam
hal mendapatkan hasil belajar yang maksimal untuk peserta didik memerlukan
semangat, ketekunan dalam belajar atau dalam menuntut ilmu Sumber daya manusia
yang ada dalam dilingkungan sekolah selain dalam bidang proses belajar mengajar.
Ke displinan dan tanggung jawab sangat penting untuk tercapainya tujuan
pendidikan. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah 1) Bagaimana
implementasi kebijakan kepala sekolah di SMPN 4 Barebbo, 2) bagaimana
peningkatan manajemen sumber daya manusia yang terlibat dalam implementasi
kebijakan kepala sekolah serta kontribusinya di SMPN 4 Barebbo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implentasi kebijakan kepala
sekolah dalam peningkatan manajemen sumber daya manusia di SMPN 4 Barcbbo.
penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan jenis penelitian
ex post facto, menggunakan pendekatan kualitataif bersifat deskriptif. Teknik
pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi kebijakan kepala sekolah di
SMP Negeri 4 Barebbo sangat baik adanya komunikasi, koordinasi, dan struktur
birokrasi kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan/staf dan peserta didik.
2) Peningkatan sumber daya manusia diseleksi dengan sistem manajemen yang baik
yaitu admnistrasi dan interview (wawancara), dan setiap pengevaluasian dilakukan
berbagai cara yaitu penilaian kinerja guru dan MGMP dan kontribusi implementasi
kebijakan kepala sekolah menciptakan efektivitas hubungan dengan sesama sumber
daya manusia yang ada dalam lingkungan sekolah dapat terarah dan bertanggung
jawab atas tugasnya dengan manajemen yang baik
A. SIMPULAN
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan di bab sebelumnya oleh peneliti
di SMPN 4 Barebbo, maka penelitian dapat menyimpulkan bahwa :
1. Kebijakan kepala sekolah untuk mengimplementasikan untuk membuat
kebijakan terlebih dahulu dikomunikasikan dengan para sumber daya
manusia yang ada disekolah tersebut. Hal ini memudahkan koordinasi dan
terjadinya umpan balik sehingga tujuan dapat tercapai. Selain itu kebijakan
kepala sekolah juga menciptakan struktur birokrasi dimana pembagian
beban kerja seluruh sumber daya manusia terarah sesuai dengan komptensi
masing-masing..
2. Peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas kepala sekolah
membuat kebijakan untuk merekrut calon pelamar pekerja dengan
memerhatikan aspek manejemen mulai dari perencanaan sampai dengan
tahap penyeleksian, ada dua tahap yaitu seleksi berkas dan seleksi melalui
wawancara. Untuk mengetahui kualitas dari lingkungan kerja maka kepala
sekolah melakukan proses pengevaluasian yaitu, dengan penilaian kinerja
guru (PKG) dan pelatihan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).
3. Kebijakan kepala sekolah yang dibuat sesuai dengan prinsip manajemen
dapat menciptakan efektivitas hubungan dengan sesama sumber daya
manusia yang ada didalam lingkungan sekolah tersebut. Kebijakan yang
dibuat sesuai dengan manajemen yang baik sehingga sumber daya manusia
merasa terarah dan bertanggung jawab terhadap beban kerja diberikan. Hal
ini dapat dibuktikan dengan tercapainya target kerja dan terpenuhinya hak-
hak pekerja. Kegiatan manajemen sumber daya manusia juga
mempengeruhi kebijakan yang dibuat kepala sekolah.
B. IMPLIKASI
1. Kepala Sekolah
Kepala sekolah dalam membuat kebijakan harus sesuai dengan kebutuhan
dan kondisi lingkungan sekolah baik menyangkut sumber daya manusia
yang ada serta sarana prasarana yang menunjang proses kegiatan
pembelajaran.
2. Tenaga Pendidik
Tenaga pendidik ikut andil dalam pembuatan kebijakan yang dilakukan
oleh kepala sekolah serta mematuhinya demi kelancaran proses belajar
mengajar.
3. Tenaga Kependidikan
Staf diharapkan dapat ikut andil dalam pembuatan kebijakan yang
dilakukan oleh kepala sekolah serta mematuhinya demi kelancaran
administrasi sekolah.
4. Peserta Didik
Peserta didik diharapkan dapat mematuhi segala kebijakan tata tertib yang
ada didalam lingkungan sekolah.
pendidikan dapat dikatakan sebagai pengembangan kemampuan peserta didik,
membentuk watak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Peserta didik dapat
mengembangkan potensinya untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Dalam
hal mendapatkan hasil belajar yang maksimal untuk peserta didik memerlukan
semangat, ketekunan dalam belajar atau dalam menuntut ilmu Sumber daya manusia
yang ada dalam dilingkungan sekolah selain dalam bidang proses belajar mengajar.
Ke displinan dan tanggung jawab sangat penting untuk tercapainya tujuan
pendidikan. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah 1) Bagaimana
implementasi kebijakan kepala sekolah di SMPN 4 Barebbo, 2) bagaimana
peningkatan manajemen sumber daya manusia yang terlibat dalam implementasi
kebijakan kepala sekolah serta kontribusinya di SMPN 4 Barebbo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implentasi kebijakan kepala
sekolah dalam peningkatan manajemen sumber daya manusia di SMPN 4 Barcbbo.
penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan jenis penelitian
ex post facto, menggunakan pendekatan kualitataif bersifat deskriptif. Teknik
pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi kebijakan kepala sekolah di
SMP Negeri 4 Barebbo sangat baik adanya komunikasi, koordinasi, dan struktur
birokrasi kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan/staf dan peserta didik.
2) Peningkatan sumber daya manusia diseleksi dengan sistem manajemen yang baik
yaitu admnistrasi dan interview (wawancara), dan setiap pengevaluasian dilakukan
berbagai cara yaitu penilaian kinerja guru dan MGMP dan kontribusi implementasi
kebijakan kepala sekolah menciptakan efektivitas hubungan dengan sesama sumber
daya manusia yang ada dalam lingkungan sekolah dapat terarah dan bertanggung
jawab atas tugasnya dengan manajemen yang baik
A. SIMPULAN
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan di bab sebelumnya oleh peneliti
di SMPN 4 Barebbo, maka penelitian dapat menyimpulkan bahwa :
1. Kebijakan kepala sekolah untuk mengimplementasikan untuk membuat
kebijakan terlebih dahulu dikomunikasikan dengan para sumber daya
manusia yang ada disekolah tersebut. Hal ini memudahkan koordinasi dan
terjadinya umpan balik sehingga tujuan dapat tercapai. Selain itu kebijakan
kepala sekolah juga menciptakan struktur birokrasi dimana pembagian
beban kerja seluruh sumber daya manusia terarah sesuai dengan komptensi
masing-masing..
2. Peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas kepala sekolah
membuat kebijakan untuk merekrut calon pelamar pekerja dengan
memerhatikan aspek manejemen mulai dari perencanaan sampai dengan
tahap penyeleksian, ada dua tahap yaitu seleksi berkas dan seleksi melalui
wawancara. Untuk mengetahui kualitas dari lingkungan kerja maka kepala
sekolah melakukan proses pengevaluasian yaitu, dengan penilaian kinerja
guru (PKG) dan pelatihan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).
3. Kebijakan kepala sekolah yang dibuat sesuai dengan prinsip manajemen
dapat menciptakan efektivitas hubungan dengan sesama sumber daya
manusia yang ada didalam lingkungan sekolah tersebut. Kebijakan yang
dibuat sesuai dengan manajemen yang baik sehingga sumber daya manusia
merasa terarah dan bertanggung jawab terhadap beban kerja diberikan. Hal
ini dapat dibuktikan dengan tercapainya target kerja dan terpenuhinya hak-
hak pekerja. Kegiatan manajemen sumber daya manusia juga
mempengeruhi kebijakan yang dibuat kepala sekolah.
B. IMPLIKASI
1. Kepala Sekolah
Kepala sekolah dalam membuat kebijakan harus sesuai dengan kebutuhan
dan kondisi lingkungan sekolah baik menyangkut sumber daya manusia
yang ada serta sarana prasarana yang menunjang proses kegiatan
pembelajaran.
2. Tenaga Pendidik
Tenaga pendidik ikut andil dalam pembuatan kebijakan yang dilakukan
oleh kepala sekolah serta mematuhinya demi kelancaran proses belajar
mengajar.
3. Tenaga Kependidikan
Staf diharapkan dapat ikut andil dalam pembuatan kebijakan yang
dilakukan oleh kepala sekolah serta mematuhinya demi kelancaran
administrasi sekolah.
4. Peserta Didik
Peserta didik diharapkan dapat mematuhi segala kebijakan tata tertib yang
ada didalam lingkungan sekolah.
Ketersediaan
| STAR20220326 | 326/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
326/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
