Urgensi Sinergitas Guru PAI dengan Pembina Pramuka dalam Pembinaan Tanggung Jawab Siswa Kelas X di SMAN 13 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas pokok masalah bagaimana urgensi sinergitas guru PAI
dengan pembina pramuka dalam pembinaan sikap tanggung jawab siswa kelas X di
SMAN 13 Bone. Adapun sub masalah dalam sripsi ini yaitu bagaimana urgensi
sinergitas guru PAI dengan pembina pramuka pada siswa kelas X di SMAN 13 Bone,
bagaimana gambaran pembinaan sikap tanggung jawab siswa kelas X di SMAN 13
Bone, dan bagaimana bentuk sinergitas guru PAI dengan pembina pramuka dalam
pembinaan sikap tanggung jawab siswa kela X di SMAN 13 Bone. Pemenilian ini
dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Masalah ini dianalisis dengan berbagai pendekatan, dibahas dengan
metode penelitian kualitatif, dan dengan menggunakan analilis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, sudah memiliki kerjasama
antara guru PAI dengan pembina pramuka dalam hal pembinaan sikap tanggung
jawab siswa dalam bidang pembagian tugas pembinaan sesuai dengan tupoksi
masing-masing. Kedua gambaran pembinaan yang dilakukan oleh guru PAI maupun
pembina pramuka yaitu pembinaan tangguung jawab personal, moral, sosial, dan
pemberian program kegiatan yang mampu meningkatkan tanggung jawab siswa.
Dalam hal ini kerjasama antara guru PAI dengan pembina pramuka sangat pentig
dilakukan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa. Selain dari pada itu guru
PAI dan pembina pramuka memiliki tanggung jawab dalam hal pemberian
pemahaman kepada siswa mengenai tanggung jawab itu sendiri. Hal itu pula
memerlukan arahan, dan kerjasama dari semua pihak sekolah yaitu kepala sekoah,
guru BK, staf, dan juga guru mata pelajaran yang lain. Selain memberikan
pemahaman kepada siswa tentang tanggung jawab guru dan pembina pramuka juga
memberikan contoh kepada siswa agar mereka paham akan pentingnya sebuah
tanggung jawab. Selain memberikan contoh guru dan pembina pramuka juga harus
menjadi teladan yang baik bagi siswanya. Ketiga, kerjasama yang dilakukan oleh
guru PAI dengan pembina pramuka dalam hal ini dalam bidang mata pelajaran,
kegiatan kepramukaan, dan juga dalam bidang sarana dan prasarana. Karena bagi
guru dan pembina, prestasi siswa sangat penting dan memerlukan berbagai macam
dukungan baik dalam hal sarana maupun dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan
pembinaan baik didalam keas maupun dalam kegiatan ekrakurikuler.
A. KESIMPULAN
Berdasarka hasil penilitian kualitatif dengan tekhnik obsrvasi, wawancara dan
dokumentasi yang dilakukan di SMAN 13 Bone tentang urgensi sinergitas guru PAI
dengan pembina pramuka dalam pembinaan sikap tanggung jawab siswa, dapat
diambil beberapa kesimpulan. Kesimpulan tersebut dipaparkan sebagai berikut:
1. Kerjasama yang dilakukan oleh guru PAI dengan pembina pramuka masih
dalam tahap umum, dan belum memasuki tahap khusus. Maksudnya
kerjasama yang meraka dalakukan dalam pembinaan sikap tanggung jawab
kepada siswa masih dalam tupoksi masing-masing dikarenakan mereka
berpendapat bahwa pembinaan tanggung jawab telah diberikan kepada
siswa oleh masing –masing pihak sesuai dengan tanggung jawab yang
diberikan oleh kepala sekolah. Contohnya saja guru PAI diberikan tugas
untuk membina, mengarahkan, dan mendidik siswa mengenai akhlak
siswa, dan pembina pramuka diberikan amanah oleh kepala sekolah untuk
membina, mengarahkan siswa dalam hal pendidikan non formal dan
bagaimana agar supaya siswa dapat berkomunikasi dan membaur dengan
masyarakat yang ada di luar sekolah.
2. Gambaran pembinaan tanggung jawab yang dilakukan oleh guru PAI
dengan pemina pramuka kepada siswa baik dalam hal personal, moral,
sosial, dan dalam program kegiatan. Pembina maupun guru selalu
memberikan pemahaman atau amanah kepada siswa bagaimana cara
bertanggung jawab atas apa yang diamanahkan kepadanya. Dan juga para
pembina maupun guru selalu memberikan edukasi dan contoh kepada
siswa agar mereka paham akan pentingnya tanggung jawab itu.
3. Sesuai dengan data yang diperoleh oleh peneliti tentang pengaruh
kerjasama guru PAI dengan pembina Pramuka mengenai pembinaan
tanggung jawab kepada siswa, kesimpulannya yaitu bahwa kerjasama yang
dilakukan oleh guru PAI dengan pembina pramuka ada, akan tetapai belum
dalam rana khusus melainkan masih dalam rana umum. Berdasarkan dari
hasil wawancara kepada narasumber mengatakan bahwa kerjasama
memang penting dilakukan oleh semua masyarakat sekolah, akan tetapi
mengenai kerjasama guru PAI dengan pembina pramuka itu ada,
dikarenakan ada pembina pramuka juga selaku guru PAI, jadi akhlak atau
pembinaan tanggung jawab dapat di serahkan juga kepada guru PAI yang
selaku pembina pramuka di SMAN 13 Bone.
B. IMPLIKASI
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, masih menemukan
beberapa kendala dan masih perlu adanya perbaikan kerjasama yang dilakukan oleh
guru PAI dan pembina pramuka secara khusus maupun seluruh pihak yang berada di
SMAN 13 Bone secara umum, di antaranya yaitu:
1. Perlu adanya peningkatan kerjasama oleh guru PAI dengan pembina
pramuka walaupun pada kenyataannya ada guru PAI selaku pembina
pramuka di SMAN 13 Bone. Agar supaya tidak terjadi yang namanya
diskcommucation.
2. Peranan guru PAI dan pembina pramuka sangat penting bagi peningkatan
kemampuan siswa baik dalam pendidikan formal maupun non formal. Dan
juga kerjasama antara guru PAI dan pembina pramuka sangat penting
dalam hal pembinaan tanggung jawab siswa.
3. Pembinaan tanggung jawab kepada siswa sangatlah penting diberikan
karena tanggung jawab bukan hanya untuk kebaikan bagi diri siswa itu
sendiri akan tetapi juga bagi masyarakat yang ada dilingkungannya.
Ketersediaan
STAR20200153153/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

153/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top