Implementasi Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sdn 247 Padatou Kecamatan Tonra Kab. Bone
Wahyuni/. 02.18.3057 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang implementasi manajemen dalam
meningkatkan kinerja guru pada proses pembelajaran di SDN 247 Padatuo.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui implementasi manajemen
dalam meningkatkan kinerja guru pada proses pembelajaran di SDN 247
Padatuo Kecamatan Tonra. 2) untuk mengetahui bagaimana kinerja guru
pada proses pembelajaran di SDN 247 Padatuo Kecamatan Tonra
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif
(qualitative), dengan pendekatan manajemen dan pendekatan pedagogik.
Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) implementasi manajemen di SDN
247 Padatuo. pada pentepan tujuan kepala sekolah melakukan kegiatan
tufoksinya dan memberi tugas serta bimbangan untuk pengembangan rencana
tindakan, dengan tujuan akan membantu mempriortaskan tugas-tugas sesuai
dengan timeline yang telah di setujui bersama. Sehingga guru dapat
malaksanakan tugasnya sesuai dengan apa yang telah menjadi tanggung
jawabnya. Menentukan starategi, guru diikutkan dengan pelatihan-pelatihan,
bimbingan,dan menyusun administrasi, memprioritaskan kerja sama antar guru
sehingga guru dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya yang
terkait dengan kompetensi tertentu, dan memiliki keahlian di bidang masing-
masing. Kepala sekolah juga melakukan Perbaikan sistem dalam meningkatkan
kinerja guru yaitu dengan cara membinbing guru dalam pelaksanaan
administrasi, dan dalam proses belajar mengajar, dimana guru bekerja bersama-
sama yang berinteraksi dengan teknologi. 2) kinerja guru pada proses
pembelajaran di SDN 247 Padatuo dari perencanaan pembelajaran guru dimana
proses pengambilan keputusan untuk menyusun suatu pembelajaran dalam
kegiatan yang akan dilakukan sebagai upaya pencapaian tujuan. Sehingga dari
program tahunan, semester, mingguan, satuan pelajaran, dan pelaksanaan
pembelajaran disusun sesuai dengan silabus dan kurikulum yang ada, sehingga
dapat memudahkan guru dalam merancang suatu proses pembelajaran, adapun
pelaksanaan pembelajarannya berjalan sesuai dengan yang diinginkan mulai
dari menyampaikan materi, metode mengajar, sumber belajar, dan pengeloaan
kelas, sehingga guru dan peserta didiknya mampu memberikan pengajaran yang
baik dan lebih mudah dipahami, dimana evaluasi pembelajaran berjalan efektif
dan efesien karna diman dilakukan program perbaikan bagi peser didik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. Implementasi manajemen di SDN 247 Padatuo berjalan dengan baik
sesuai dengan yang diinginkan. Berdasarkan hasil observasi dan
penelitian bahwa dalam Tahap perencanaan dengan penetapkan
tujuan, menentukan strategi, dan pengemangan rencana pihak sekolah
melakukan yang terbaik dimana pada pentepan tujuan kepala sekolah
melakukan kegiatan tufoksinya dan memberi tugas serta bimbangan
untuk pengembangan rencana tindakan, dengan tujuan akan
membantu mempriortaskan tugas-tugas sesuai dengan timeline yang
telah di setujui bersama. Sehingga guru dapat malaksanakan tugasnya
sesuai dengan apa yang telah menjadi tanggung jawabnya.
Menentukan starategi, guru diikutkan dengan pelatihan-pelatihan,
bimbingan,dan menyusun administrasi, memprioritaskan kerja
sama antar guru sehingga guru dapat mengembangkan potensi
yang ada dalam dirinya yang terkait dengan kompetensi tertentu, dan
memiliki keahlian di bidang masing-masing. Kepala sekolah juga
melakukan Perbaikan sistem dalam meningkatkan kinerja guru yaitu
dengan cara membinbing guru dalam pelaksanaan administrasi, dan
dalam proses belajar mengajar, dimana guru bekerja bersama-sama
yang berinteraksi dengan teknologi.
2. Kinerja guru pada proses pembelajaran di SDN 247 Padatuo sangat
baik, Mulai dari perencanaan pembelajaran guru dimana proses
pengambilan keputusan untuk menyusun suatu pembelajaran dalam
kegiatan yang akan dilakukan sebagai upaya pencapaian tujuan.
Sehingga dari program tahunan, semester, mingguan, satuan
pelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran disusun sesuai dengan
silabus dan kurikulum yang ada, sehingga dapat memudahkan guru
dalam merancang suatu proses pembelajaran, adapun pelaksanaan
pembelajarannya berjalan sesuai dengan yang diinginkan mulai dari
menyampaikan materi, metode mengajar, sumber belajar, dan
pengeloaan kelas, sehingga guru dan peserta didiknya mampu
memberikan pengajaran yang baik dan lebih mudah dipahami,
dimana evaluasi pembelajaran berjalan efektif dan efesien karna
diman dilakukan program perbaikan bagi peserta didik yang belaum
tuntas sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajarnya.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis
mengemukakan bebrapa impilikasi sebagai berikut:
1. Kepala sekolah agar senantiasa selalu menjadi pemimpin yang ada
disekolah dan menjalankan tugasnya dengan baik dalam
meningkatkan kinerja guru karena kebrehasilan suatu sekolah dilihat
dari kepemimpinan kepala sekolah sesuai perannya sebagai
pemimpin sekolah
2. Tenaga pendidik (guru) agar selalu menjalankan tugasnya dengan
baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.
Hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk
penelitian selanjutnya dengan mengambil tema pendidikan akan
tetapi penelitian menyarankan bahwa untuk penelitian selanjutnya
lebih memperhatikan bukti terlampir maka penelitian tersebut
dikatakan belum kongkrit apalagi penelitian ini membahas tentang
implementasi manajemen dalam meningkatkan kinerja guru pada
proses pembelajaran di SDN 247 Padatuo.
meningkatkan kinerja guru pada proses pembelajaran di SDN 247 Padatuo.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui implementasi manajemen
dalam meningkatkan kinerja guru pada proses pembelajaran di SDN 247
Padatuo Kecamatan Tonra. 2) untuk mengetahui bagaimana kinerja guru
pada proses pembelajaran di SDN 247 Padatuo Kecamatan Tonra
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif
(qualitative), dengan pendekatan manajemen dan pendekatan pedagogik.
Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) implementasi manajemen di SDN
247 Padatuo. pada pentepan tujuan kepala sekolah melakukan kegiatan
tufoksinya dan memberi tugas serta bimbangan untuk pengembangan rencana
tindakan, dengan tujuan akan membantu mempriortaskan tugas-tugas sesuai
dengan timeline yang telah di setujui bersama. Sehingga guru dapat
malaksanakan tugasnya sesuai dengan apa yang telah menjadi tanggung
jawabnya. Menentukan starategi, guru diikutkan dengan pelatihan-pelatihan,
bimbingan,dan menyusun administrasi, memprioritaskan kerja sama antar guru
sehingga guru dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya yang
terkait dengan kompetensi tertentu, dan memiliki keahlian di bidang masing-
masing. Kepala sekolah juga melakukan Perbaikan sistem dalam meningkatkan
kinerja guru yaitu dengan cara membinbing guru dalam pelaksanaan
administrasi, dan dalam proses belajar mengajar, dimana guru bekerja bersama-
sama yang berinteraksi dengan teknologi. 2) kinerja guru pada proses
pembelajaran di SDN 247 Padatuo dari perencanaan pembelajaran guru dimana
proses pengambilan keputusan untuk menyusun suatu pembelajaran dalam
kegiatan yang akan dilakukan sebagai upaya pencapaian tujuan. Sehingga dari
program tahunan, semester, mingguan, satuan pelajaran, dan pelaksanaan
pembelajaran disusun sesuai dengan silabus dan kurikulum yang ada, sehingga
dapat memudahkan guru dalam merancang suatu proses pembelajaran, adapun
pelaksanaan pembelajarannya berjalan sesuai dengan yang diinginkan mulai
dari menyampaikan materi, metode mengajar, sumber belajar, dan pengeloaan
kelas, sehingga guru dan peserta didiknya mampu memberikan pengajaran yang
baik dan lebih mudah dipahami, dimana evaluasi pembelajaran berjalan efektif
dan efesien karna diman dilakukan program perbaikan bagi peser didik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. Implementasi manajemen di SDN 247 Padatuo berjalan dengan baik
sesuai dengan yang diinginkan. Berdasarkan hasil observasi dan
penelitian bahwa dalam Tahap perencanaan dengan penetapkan
tujuan, menentukan strategi, dan pengemangan rencana pihak sekolah
melakukan yang terbaik dimana pada pentepan tujuan kepala sekolah
melakukan kegiatan tufoksinya dan memberi tugas serta bimbangan
untuk pengembangan rencana tindakan, dengan tujuan akan
membantu mempriortaskan tugas-tugas sesuai dengan timeline yang
telah di setujui bersama. Sehingga guru dapat malaksanakan tugasnya
sesuai dengan apa yang telah menjadi tanggung jawabnya.
Menentukan starategi, guru diikutkan dengan pelatihan-pelatihan,
bimbingan,dan menyusun administrasi, memprioritaskan kerja
sama antar guru sehingga guru dapat mengembangkan potensi
yang ada dalam dirinya yang terkait dengan kompetensi tertentu, dan
memiliki keahlian di bidang masing-masing. Kepala sekolah juga
melakukan Perbaikan sistem dalam meningkatkan kinerja guru yaitu
dengan cara membinbing guru dalam pelaksanaan administrasi, dan
dalam proses belajar mengajar, dimana guru bekerja bersama-sama
yang berinteraksi dengan teknologi.
2. Kinerja guru pada proses pembelajaran di SDN 247 Padatuo sangat
baik, Mulai dari perencanaan pembelajaran guru dimana proses
pengambilan keputusan untuk menyusun suatu pembelajaran dalam
kegiatan yang akan dilakukan sebagai upaya pencapaian tujuan.
Sehingga dari program tahunan, semester, mingguan, satuan
pelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran disusun sesuai dengan
silabus dan kurikulum yang ada, sehingga dapat memudahkan guru
dalam merancang suatu proses pembelajaran, adapun pelaksanaan
pembelajarannya berjalan sesuai dengan yang diinginkan mulai dari
menyampaikan materi, metode mengajar, sumber belajar, dan
pengeloaan kelas, sehingga guru dan peserta didiknya mampu
memberikan pengajaran yang baik dan lebih mudah dipahami,
dimana evaluasi pembelajaran berjalan efektif dan efesien karna
diman dilakukan program perbaikan bagi peserta didik yang belaum
tuntas sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajarnya.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis
mengemukakan bebrapa impilikasi sebagai berikut:
1. Kepala sekolah agar senantiasa selalu menjadi pemimpin yang ada
disekolah dan menjalankan tugasnya dengan baik dalam
meningkatkan kinerja guru karena kebrehasilan suatu sekolah dilihat
dari kepemimpinan kepala sekolah sesuai perannya sebagai
pemimpin sekolah
2. Tenaga pendidik (guru) agar selalu menjalankan tugasnya dengan
baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.
Hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk
penelitian selanjutnya dengan mengambil tema pendidikan akan
tetapi penelitian menyarankan bahwa untuk penelitian selanjutnya
lebih memperhatikan bukti terlampir maka penelitian tersebut
dikatakan belum kongkrit apalagi penelitian ini membahas tentang
implementasi manajemen dalam meningkatkan kinerja guru pada
proses pembelajaran di SDN 247 Padatuo.
Ketersediaan
| STAR20220096 | 96/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
96/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
