Implementasi Metode Pembelajaran Reading Guide dalam mengembangkan keaktifan belajar PAI pada siswa SMP Negeri 2 Dua Boccoe (Kelas VIII& IX)
Muh. Tahir/02.16.1095 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Implementasi Metode Pembelajaran
Reading Guide dalam mengembangkan keaktifan belajar PAI pada siswa SMP
Negeri 2 Dua Boccoe”. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana
Implementasi Metode Pembelajaran Reading Guide, bagaimana keaktifan belajar PAI
pada siswa SMP Negeri 2 Dua Boccoe. Dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data secara reduktif, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Implementasi metode
pembelajaran Reading Guide dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 2 Dua Boccoe sudah berjalan dengan baik, dimana dengan menerapkan
metode pembelajaran Reading Guide siswa lebih mudah memahami pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan mudah mengaplikasikannya dalam proses
pembelajaran. Dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide dapat
meningkatkan semangat belajar siswa karena metode ini sangat menyenangkan.
Kedua keaktifan belajar siswa terhadap pembelajaran PAI di SMP Negeri 2
Dua Boccoe dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide sudah
terlaksana dengan baik, hal itu disebabkan karena guru senantiasa memberikan
stimulus dan motivasi kepada siswa sebelum dan sesudah belajar. Sehingga hal itu
dapat meningkatkan semangat dan dapat menarik perhatian siswa untuk belajar PAI.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada hasil penelitian dan pembahasan maka Penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah lakukan, yaitu :
1. Metode yang digunakan Guru PAI
Penggunaan metode pembelajaran Reading Guide pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Dua Boccoe yaitu dengan
memberikan bahan bacaan kepada siswa yang digunakan oleh guru
pendidikan agama Islam memberikan beberapa manfaat, baik terhadap guru
maupun siswa. Adapun manfaat dari penggunaan metode pembelajaran
Reading Guide yaitu membantu siswa memahami poin-poin penting dalam
waktu yang singkat, mengulas materi dalam jumlah besar dalam waktu yang
singkat, efektif untuk melatih respon siswa dan dapat diterapkan semua mata
pelajaran salah satunya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Selai itu, penggunaan metode pembelajaran Reading Guide di SMP Negeri 2
Dua Boccoe juga berperan sebagai sarana yang digunakan oleh guru untuk
menumbuhkan semangat peserta didiknya, khususnya untuk menghidupkan
belajar PAI yang aktif di kelas.
2. Keaktifan siswa dalam mata pelajaran PAI
Selama ini keaktifan siswa terhadap pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Dua
Boccoe sudah berjalan dengan baik, hal itu disebabkan karena guru senantiasa
memberikan stimulus dan motivasi kepada siswa sebelum belajar sehingga
siswa memiliki semangat tinggi untuk belajar.
3. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan keaktifan
belajar siswa di SMP Negeri 2 Dua Boccoe adalah menggunakan variasi
metode penyajian yang menarik, membangkitkan motivasi siswa dan
menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, salah satu cara
mewujudkan itu adalah dengan menggunakan suatu metode pembelajaran
yang menarik dan menyenangkan yakni Reading Guide. Dengan cara itu maka
siswa akan terdorong untuk belajar karena memiliki motivasi belajar. Oleh
karena itu, memberikan motivasi belajar merupakan salah satu teknik dalam
mengembangkan keaktifan belajar siswa.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
bersinergi dan berpastisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
mengembangkan keaktifan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran
pendidikan agama islam dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama islam hendaknya tetap menggunakan
metode pembelajaran Reading Guide dalam proses belajar mengajar karena
metode tersebut dapat mengembangkan keaktifan belajar siswa.
3. Diharapkan
kepada siswa agar dengan diimplementasikannya metode pembelajaran Reading Guide maka akan semakin termotivasi untuk belajar.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi didalam
dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Reading Guide dalam mengembangkan keaktifan belajar PAI pada siswa SMP
Negeri 2 Dua Boccoe”. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana
Implementasi Metode Pembelajaran Reading Guide, bagaimana keaktifan belajar PAI
pada siswa SMP Negeri 2 Dua Boccoe. Dan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data secara reduktif, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Implementasi metode
pembelajaran Reading Guide dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 2 Dua Boccoe sudah berjalan dengan baik, dimana dengan menerapkan
metode pembelajaran Reading Guide siswa lebih mudah memahami pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan mudah mengaplikasikannya dalam proses
pembelajaran. Dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide dapat
meningkatkan semangat belajar siswa karena metode ini sangat menyenangkan.
Kedua keaktifan belajar siswa terhadap pembelajaran PAI di SMP Negeri 2
Dua Boccoe dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide sudah
terlaksana dengan baik, hal itu disebabkan karena guru senantiasa memberikan
stimulus dan motivasi kepada siswa sebelum dan sesudah belajar. Sehingga hal itu
dapat meningkatkan semangat dan dapat menarik perhatian siswa untuk belajar PAI.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada hasil penelitian dan pembahasan maka Penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah lakukan, yaitu :
1. Metode yang digunakan Guru PAI
Penggunaan metode pembelajaran Reading Guide pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Dua Boccoe yaitu dengan
memberikan bahan bacaan kepada siswa yang digunakan oleh guru
pendidikan agama Islam memberikan beberapa manfaat, baik terhadap guru
maupun siswa. Adapun manfaat dari penggunaan metode pembelajaran
Reading Guide yaitu membantu siswa memahami poin-poin penting dalam
waktu yang singkat, mengulas materi dalam jumlah besar dalam waktu yang
singkat, efektif untuk melatih respon siswa dan dapat diterapkan semua mata
pelajaran salah satunya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Selai itu, penggunaan metode pembelajaran Reading Guide di SMP Negeri 2
Dua Boccoe juga berperan sebagai sarana yang digunakan oleh guru untuk
menumbuhkan semangat peserta didiknya, khususnya untuk menghidupkan
belajar PAI yang aktif di kelas.
2. Keaktifan siswa dalam mata pelajaran PAI
Selama ini keaktifan siswa terhadap pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Dua
Boccoe sudah berjalan dengan baik, hal itu disebabkan karena guru senantiasa
memberikan stimulus dan motivasi kepada siswa sebelum belajar sehingga
siswa memiliki semangat tinggi untuk belajar.
3. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan keaktifan
belajar siswa di SMP Negeri 2 Dua Boccoe adalah menggunakan variasi
metode penyajian yang menarik, membangkitkan motivasi siswa dan
menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, salah satu cara
mewujudkan itu adalah dengan menggunakan suatu metode pembelajaran
yang menarik dan menyenangkan yakni Reading Guide. Dengan cara itu maka
siswa akan terdorong untuk belajar karena memiliki motivasi belajar. Oleh
karena itu, memberikan motivasi belajar merupakan salah satu teknik dalam
mengembangkan keaktifan belajar siswa.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
bersinergi dan berpastisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
mengembangkan keaktifan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran
pendidikan agama islam dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama islam hendaknya tetap menggunakan
metode pembelajaran Reading Guide dalam proses belajar mengajar karena
metode tersebut dapat mengembangkan keaktifan belajar siswa.
3. Diharapkan
kepada siswa agar dengan diimplementasikannya metode pembelajaran Reading Guide maka akan semakin termotivasi untuk belajar.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi didalam
dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20200151 | 151/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
151/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
