Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Amin Cabalu Kabupaten Bone
Nurashari/02.18.5047 - Personal Name
Skripsi ini membahas Efektivitas Penggunaan Media Gambar Seri Dalam
Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-
Amin Cabalu Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
Bagaimana efektivitas media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan
membuat karangan narasi siswa kelas III MI Al-Amin Cabalu dan Bagaimana
perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media gambar seri dalam
meningkatkan kemampuan membuat karangan narasi siswa kelas III MI Al-Amin
Cabalu.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
true experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III.
Sampel yaitu siswa kelas III dengan jumlah 15 siswa. Instrumen penelitian
menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis uji normalitasi data, uji dan homogeitas.
Berdasarkan hasil analisis data kecerdasan linguistik sebelum diberi
perlakuan mengenai penggunaan media gambar, dapat memberikan peningkatan
yaitu terlebih dahulu dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa
sehingga diperoleh nilai rata-rata nilai post-test 16,5789 dan dari data yang
didapat maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai posttest. Hasil uji normalitas
diperoleh L hitung 0,1421 berdistribusi normal. Dari hasil uji data pretest dan
posttest maka dilanjutkan dengan uji homogenis kedua data tersebut menunjukkan
populasi berasal dari varians yang homogen maka dapat dilakukan uji keberartian
pengaruh dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan hasilnya diperoleh
persamaannya 19,608 + 0,607
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti tentang efektivitas
penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi
siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, maka peneliti
menari kesimpulan bahwa:
Penggunaan Media gambar seri dilakukan pada saat pembelajaran bahasa
Indonesia sehingga, dapat memberikan peningkatan terhadap kemampuan
menulis narasi yang diperoleh rata-rata nilai pretest adalah 62,4667,
sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 70,5333 dan dari data yang didapat
maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai posttest. Hasil uji normalitas
diperoleh L hitung 0,1421 berdistribusi normal. Dari hasil uji data pretest dan
posttest maka di lanjutkan dengan uji homogenis kedua data tersebut
menunjukkan populasi berasal dari varians yang homogen maka dapat
dilakukan uji signifikan perbedaan rata-rata dan uji t dan hasilnya diperoleh
6,10.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat bagi
sekolah MI AL- Amin Cabalu Kab. Bone maupun mahasiswa lain yang meneliti
dan berkaitan dengan Efektivitas penggunaan media gambar seri dalam
meningkatakan kemampuan menulis narasi pada pelaaran bahasa Indonesia ,
Adapun saran-saran yang dapat diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, diharapkan dapat memberikan
pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, dapat menarik perhatian
siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia melalui media
pemebelajaran yang lebih kreatif di MI AL- Amin Cabalu Kab.Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-
Amin Cabalu Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
Bagaimana efektivitas media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan
membuat karangan narasi siswa kelas III MI Al-Amin Cabalu dan Bagaimana
perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media gambar seri dalam
meningkatkan kemampuan membuat karangan narasi siswa kelas III MI Al-Amin
Cabalu.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
true experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III.
Sampel yaitu siswa kelas III dengan jumlah 15 siswa. Instrumen penelitian
menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis uji normalitasi data, uji dan homogeitas.
Berdasarkan hasil analisis data kecerdasan linguistik sebelum diberi
perlakuan mengenai penggunaan media gambar, dapat memberikan peningkatan
yaitu terlebih dahulu dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa
sehingga diperoleh nilai rata-rata nilai post-test 16,5789 dan dari data yang
didapat maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai posttest. Hasil uji normalitas
diperoleh L hitung 0,1421 berdistribusi normal. Dari hasil uji data pretest dan
posttest maka dilanjutkan dengan uji homogenis kedua data tersebut menunjukkan
populasi berasal dari varians yang homogen maka dapat dilakukan uji keberartian
pengaruh dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan hasilnya diperoleh
persamaannya 19,608 + 0,607
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti tentang efektivitas
penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi
siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, maka peneliti
menari kesimpulan bahwa:
Penggunaan Media gambar seri dilakukan pada saat pembelajaran bahasa
Indonesia sehingga, dapat memberikan peningkatan terhadap kemampuan
menulis narasi yang diperoleh rata-rata nilai pretest adalah 62,4667,
sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 70,5333 dan dari data yang didapat
maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai posttest. Hasil uji normalitas
diperoleh L hitung 0,1421 berdistribusi normal. Dari hasil uji data pretest dan
posttest maka di lanjutkan dengan uji homogenis kedua data tersebut
menunjukkan populasi berasal dari varians yang homogen maka dapat
dilakukan uji signifikan perbedaan rata-rata dan uji t dan hasilnya diperoleh
6,10.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat bagi
sekolah MI AL- Amin Cabalu Kab. Bone maupun mahasiswa lain yang meneliti
dan berkaitan dengan Efektivitas penggunaan media gambar seri dalam
meningkatakan kemampuan menulis narasi pada pelaaran bahasa Indonesia ,
Adapun saran-saran yang dapat diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, diharapkan dapat memberikan
pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, dapat menarik perhatian
siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia melalui media
pemebelajaran yang lebih kreatif di MI AL- Amin Cabalu Kab.Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20230218 | 218/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
218/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
