Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) Pai Dalam Menigkatkan Kompotensi Profesional Guru Sd Pai Kec. Barebbo Kab. Bone
Andi Nila Tenri Abeng/02.18.1089 - Personal Name
Skripsi ini membahas peran kelompok kerja guru (KKG) PAI dalam meningkatkan
kompotensi profesional guru PAI SD di Kec. Barebbo Kab. Bone.
Penulis menggunakan metode penilitian lapangan (field Research) dengan melakukan
observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis
menggunakan beberapa teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama bentuk kegiatan kelompok kerja
guru (KKG) PAI SD di Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu program yang memberikan
pengetahuan kepada guru mengenai berbagai kebijakan pendidikan ditingkat daerah
hingga pusat dan program utama pada kelompok kerja guru langsung ditujukan
meningkatkan kompotensi profesional guru serta program yang difungsikan untuk
menambah pengetahuan dan keterampilan peserta kelompok kerja guru dengan materi
yang bersifat menunjang seperti bahasa asing, teknologi dan komunikasi (TIK), dan
lain sebagainya. kedua dampak kelompok kerja guru, yaitu dapat meningkatkan
kemampuan penguasaan materi, kemampuan membuka pelajaran, kemampuan
bertanya, kemampuan mengadakan variasi, kemampuan menjelaskan materi,
kemampuan mengelola kelas, kemampuan menutup pelajaran, dan kemampuan
ketepatan waktu dan materi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Peran Kelompok Kerja Guru (KKG)
PAI dalam Meningkatkan Kompotensi Profesional Guru PAI SD di Kec. Barebbo
Kab. Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Adapun bentuk kegiatan kelompok kerja guru (KKG) PAI SD di Kec. Barebbo
Kab. Bone
a. Program Umum
Program umum adalah program yang memberikan pengetahuan kepada guru
mengenai berbagai kebijakan pendidikan ditingkat daerah hingga pusat.
b. Program Inti
Program inti merupakan program utama pada kelompok kerja guru langsung
ditujukan meningkatkan kompotensi profesional guru. Program inti dibagi menjadi
dua program yaitu program inti dan program pengembangan.
c. Program Penunjang
Program penunjang yaitu program yang difungsikan untuk menambah
pengetahuan dan keterampilan peserta kelompok kerja guru dengan materi yang
bersifat menunjang seperti bahas asing, teknologi dan komunikasi (TIK), dan lain
sebagainya.
2. Dampak kegiatan kelompok kerja guru (KKG) dapat meningkatkan kompotensi
profesional guru PAI SD di
Kec. Barebbo Kab. Bone dalam hal, yaitu;
kemampuan penguasaan materi, kemampuan membuka pelajaran, kemampuan
bertanya, kemampuan mengadakan variasi, kemampuan menjelaskan materi,
kemampuan mengelola kelas, kemampuan menutup pelajaran, dan kemampuan
ketepatan waktu dan materi.
B. Implikasi
Setelah menyelesaikan tugas sekripsi ini, penulis mencoba mengemukakan
saran-saran yang penulis harapkan bisa bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya
dan bagi ummat secara umum.
Sesuai dengan tujuan KKG, yaitu sebagai forum komunikasi antara sesama
guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan profesional. Hal ini
merupakan dasar mengapa kegiatan dalam KKG sangat penting dilakukan terutama
dengan berkumpul bersama membahas berbagai tugas profesinya para guru PAI ini
mampu melaksanakan dengan kerja sama.
kompotensi profesional guru PAI SD di Kec. Barebbo Kab. Bone.
Penulis menggunakan metode penilitian lapangan (field Research) dengan melakukan
observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis
menggunakan beberapa teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama bentuk kegiatan kelompok kerja
guru (KKG) PAI SD di Kec. Barebbo Kab. Bone yaitu program yang memberikan
pengetahuan kepada guru mengenai berbagai kebijakan pendidikan ditingkat daerah
hingga pusat dan program utama pada kelompok kerja guru langsung ditujukan
meningkatkan kompotensi profesional guru serta program yang difungsikan untuk
menambah pengetahuan dan keterampilan peserta kelompok kerja guru dengan materi
yang bersifat menunjang seperti bahasa asing, teknologi dan komunikasi (TIK), dan
lain sebagainya. kedua dampak kelompok kerja guru, yaitu dapat meningkatkan
kemampuan penguasaan materi, kemampuan membuka pelajaran, kemampuan
bertanya, kemampuan mengadakan variasi, kemampuan menjelaskan materi,
kemampuan mengelola kelas, kemampuan menutup pelajaran, dan kemampuan
ketepatan waktu dan materi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Peran Kelompok Kerja Guru (KKG)
PAI dalam Meningkatkan Kompotensi Profesional Guru PAI SD di Kec. Barebbo
Kab. Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Adapun bentuk kegiatan kelompok kerja guru (KKG) PAI SD di Kec. Barebbo
Kab. Bone
a. Program Umum
Program umum adalah program yang memberikan pengetahuan kepada guru
mengenai berbagai kebijakan pendidikan ditingkat daerah hingga pusat.
b. Program Inti
Program inti merupakan program utama pada kelompok kerja guru langsung
ditujukan meningkatkan kompotensi profesional guru. Program inti dibagi menjadi
dua program yaitu program inti dan program pengembangan.
c. Program Penunjang
Program penunjang yaitu program yang difungsikan untuk menambah
pengetahuan dan keterampilan peserta kelompok kerja guru dengan materi yang
bersifat menunjang seperti bahas asing, teknologi dan komunikasi (TIK), dan lain
sebagainya.
2. Dampak kegiatan kelompok kerja guru (KKG) dapat meningkatkan kompotensi
profesional guru PAI SD di
Kec. Barebbo Kab. Bone dalam hal, yaitu;
kemampuan penguasaan materi, kemampuan membuka pelajaran, kemampuan
bertanya, kemampuan mengadakan variasi, kemampuan menjelaskan materi,
kemampuan mengelola kelas, kemampuan menutup pelajaran, dan kemampuan
ketepatan waktu dan materi.
B. Implikasi
Setelah menyelesaikan tugas sekripsi ini, penulis mencoba mengemukakan
saran-saran yang penulis harapkan bisa bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya
dan bagi ummat secara umum.
Sesuai dengan tujuan KKG, yaitu sebagai forum komunikasi antara sesama
guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan profesional. Hal ini
merupakan dasar mengapa kegiatan dalam KKG sangat penting dilakukan terutama
dengan berkumpul bersama membahas berbagai tugas profesinya para guru PAI ini
mampu melaksanakan dengan kerja sama.
Ketersediaan
| STAR20220173 | 173/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
173/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
