Penerapan Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Di Pondok Pesantren Al-Ma'arif Bilae
Rosanti/02.18.3152 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Penerapan Manajemen Peserta Didik
Berbasisi Pesantren Dalam Mengembangkan Sikap Sosial di Pondok Pesantren Al Ma
Arif Bilae Kab. Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh
mana pegembangan sikap sosial peserta didik dengan manajemen peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif. Penelitian
ini menggunakan pendekatan manajerial, psikologis dan sosiologis,Dalam
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan manajemen peserta didik di
Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone terlaksana dengan baik. Berdasarkan
hasil observasi dan penelitian terlihat dari usaha tenaga pendidik dalam mendidik
siswanya, serta tanggung jawab tenaga pendidik terhadap tugas yang diberikan
melaksanakannya dengan baik.Selain itu kepala sekolah juga sangat berperan penting
dalam memantau dan mengatur peserta didik untuk mengetahui sejauh mana
pengembangan sikap sosial peserta didik 2) sikap sosial peserta didik di Pondok
Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone berdasarkan hasil observasi dan penelitian
manunjukkan bahwa, sikap sosial peserta didik yang ada di Pondok Pesantren Al Ma
Arif Bilae Kab. Bone bisa dikatakan baik namun masih perlu adanya bimbingan lagi
terhadap sikap sosial peserta didik. 3) kontribusi manajemen peserta didik dalam
mengembangkan sikap sosial Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone
berdasarkan hasil observasi dan penelitian bahwa selakukan pendidik selalu
melakukan pembinaan kepada peserta didik utamanya pembinaan tentang akhlak
atau sikap utamanya bagaimana bertutur kata yang baik, sopan, jujur, tertib,
patuh,mandiri dan banyak lagi itu dilakukan dengan cara memberikan contoh teladan
yang baik kepada peserta didik, pembinaan, arahan, dan motivasi sehingga dia bisa
mengikutinya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Penerapan manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab.
Bone terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari usaha kepala sekolah dan
juga guru dalam mendidik siswanya, serta rasa kepemilikan dari tenaga pendidik
terhadap tugas yang diberikan dan melaksanakannya dengan baik. Selain itu
kepala sekolah juga sangat berperan penting dalam memanajemen peserta didik
mulai dari perencanaa peserta didik, penerimaan peserta didik, orientasi peserta
didik baru, mengatur kehadiran peserta didik, mengatur pengelompokan peserta
didik ,mengatur evaluasi peserta didik, mengatur kenaikan tingkat peserta
didik,mengatur peserta didik yang mutasi atau drof out, serta mengatur kode etik
dan peningkatan disiplin peserta didik yang bertujuan untuk mengembangkan
sikap peserta didik.
2. Sikap sosial peserta didik di Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone, sudah
cukup baik dilihat dari sikap siswa mulai dari kejujuran peserta didik,
kesdisiplinan, tanggung jawab, santun, percaya diri dan rasa peduli peserta didik
itu sebagian besar peserta didik menerapkannya di pesantren hal ini di karena
didikan yang baik yang telah diberikan oleh ketenagan pendidikan Di Pondok
Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone
3. Kontribusi manajemen peserta didik dalam mengembangkan sikap sosial di
Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone, dengan penerapan manajemen
peserta didik ini sangat membantu terkait pengembangan sikap sosial peserta didik
mulai dari peserta didik itu masuk mereka sudah dimanejemeni dengan baik
terutama mengenai sikap atau akhlak hal ini dapat di buktikan saat mewawancarai
informan, kepala sekolah dalam memanejemeni peserta didik yaitu memberikan
contoh teladan baik bagi peserta didik.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis mengemukakan
beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Diharapkan kepala sekolah agar senantiasa melaksanakan memanajemen peserta
didik dengan baik terutama dalam mengontrol sikap peserta didik di sekolah
dan menjalankan tugasnya dengan baik karena keberhasilan suatu sekolah dilihat
dari kepemimpinan kepala sekolah.
2. Skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pe3serta
didik, guru atau kepala sekolah di Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab.
Bone tentang pentingnya mengembangkan sikap sosial peserta didik.
Berbasisi Pesantren Dalam Mengembangkan Sikap Sosial di Pondok Pesantren Al Ma
Arif Bilae Kab. Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh
mana pegembangan sikap sosial peserta didik dengan manajemen peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif. Penelitian
ini menggunakan pendekatan manajerial, psikologis dan sosiologis,Dalam
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan manajemen peserta didik di
Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone terlaksana dengan baik. Berdasarkan
hasil observasi dan penelitian terlihat dari usaha tenaga pendidik dalam mendidik
siswanya, serta tanggung jawab tenaga pendidik terhadap tugas yang diberikan
melaksanakannya dengan baik.Selain itu kepala sekolah juga sangat berperan penting
dalam memantau dan mengatur peserta didik untuk mengetahui sejauh mana
pengembangan sikap sosial peserta didik 2) sikap sosial peserta didik di Pondok
Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone berdasarkan hasil observasi dan penelitian
manunjukkan bahwa, sikap sosial peserta didik yang ada di Pondok Pesantren Al Ma
Arif Bilae Kab. Bone bisa dikatakan baik namun masih perlu adanya bimbingan lagi
terhadap sikap sosial peserta didik. 3) kontribusi manajemen peserta didik dalam
mengembangkan sikap sosial Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone
berdasarkan hasil observasi dan penelitian bahwa selakukan pendidik selalu
melakukan pembinaan kepada peserta didik utamanya pembinaan tentang akhlak
atau sikap utamanya bagaimana bertutur kata yang baik, sopan, jujur, tertib,
patuh,mandiri dan banyak lagi itu dilakukan dengan cara memberikan contoh teladan
yang baik kepada peserta didik, pembinaan, arahan, dan motivasi sehingga dia bisa
mengikutinya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Penerapan manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab.
Bone terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari usaha kepala sekolah dan
juga guru dalam mendidik siswanya, serta rasa kepemilikan dari tenaga pendidik
terhadap tugas yang diberikan dan melaksanakannya dengan baik. Selain itu
kepala sekolah juga sangat berperan penting dalam memanajemen peserta didik
mulai dari perencanaa peserta didik, penerimaan peserta didik, orientasi peserta
didik baru, mengatur kehadiran peserta didik, mengatur pengelompokan peserta
didik ,mengatur evaluasi peserta didik, mengatur kenaikan tingkat peserta
didik,mengatur peserta didik yang mutasi atau drof out, serta mengatur kode etik
dan peningkatan disiplin peserta didik yang bertujuan untuk mengembangkan
sikap peserta didik.
2. Sikap sosial peserta didik di Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone, sudah
cukup baik dilihat dari sikap siswa mulai dari kejujuran peserta didik,
kesdisiplinan, tanggung jawab, santun, percaya diri dan rasa peduli peserta didik
itu sebagian besar peserta didik menerapkannya di pesantren hal ini di karena
didikan yang baik yang telah diberikan oleh ketenagan pendidikan Di Pondok
Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone
3. Kontribusi manajemen peserta didik dalam mengembangkan sikap sosial di
Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab. Bone, dengan penerapan manajemen
peserta didik ini sangat membantu terkait pengembangan sikap sosial peserta didik
mulai dari peserta didik itu masuk mereka sudah dimanejemeni dengan baik
terutama mengenai sikap atau akhlak hal ini dapat di buktikan saat mewawancarai
informan, kepala sekolah dalam memanejemeni peserta didik yaitu memberikan
contoh teladan baik bagi peserta didik.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis mengemukakan
beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Diharapkan kepala sekolah agar senantiasa melaksanakan memanajemen peserta
didik dengan baik terutama dalam mengontrol sikap peserta didik di sekolah
dan menjalankan tugasnya dengan baik karena keberhasilan suatu sekolah dilihat
dari kepemimpinan kepala sekolah.
2. Skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pe3serta
didik, guru atau kepala sekolah di Pondok Pesantren Al Ma Arif Bilae Kab.
Bone tentang pentingnya mengembangkan sikap sosial peserta didik.
Ketersediaan
| STAR20220310 | 310/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
310/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
