Analisis Hubungan Antara Kreativitas Guru dengan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fathanah Bellu di Kabupaten Bone

No image available for this title
okok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kreativitas
guru pada masa pandemi Covid-19 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-fathanah Bellu di
Kabupaten Bone? 2) Bagaimana minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-fathanah Bellu di Kabupaten Bone? 3) Apakah
terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dengan minat belajar
siswa pada masa pandemi Covid-19 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-fathanah Bellu
di Kabupaten Bone?.
Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan desain deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-fathanah Bellu yang berjumlah 100
orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu
seluruh siswa kelas
IV dengan jumlah
13 siswa. Instrumen penelitian
menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif, analisis product moment, dan
teknik analisis persamaan regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel kreativitas guru (X) adalah 47,46
angka 47,46 berada pada kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 47-50.
Nilai rata-rata untuk minat belajar siswa (Y) adalah 56,53, angka 56,53 berada
pada kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 56-59. Sedangkan hasil
perhitungan untuk mencari hubungan antara kreativitas guru dengan minat belajar
siswa pada masa pandemi Covid-19 diperoleh nilai
,
. Hal ini menunjukkan
bahwa hubungan antara kreativitas guru dengan minat belajar siswa pada masa
pandemi Covid-19 terdapat hubungan yang positif. Hasil uji signifikansi
menunjukkan hasil
<
dengan nilai1,363< 1,44 dengan hasil regresi
yaitu Y‟ =33,17 + 0,49. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dengan
minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, maka dapat diperoleh
beberapa simpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua
rumusan masalah. Adapun simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel kreativitas guru (X) pada masa
pandemi Covid-19, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk kreativitas
guru (X) adalah 47,46, angka 47,46 berada pada kategori cukup baik yaitu
terletak pada interval 47-50. Berarti guru kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
(MI) Al-Fathanah Bellu pada masa pandemi Covid-19 memiliki kreativitas
dalam kategori cukup baik yaitu, merencanakan proses pembelajaran,
strategi pembelajaran, metode pembelajaran , dan media pembelajaran.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel minat belajar siswa (Y) pada masa
pandemi Covid-19, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk minat
belajar siswa (Y) adalah 56,53, angka 56,53 berada pada kategori cukup
baik yaitu terletak pada interval 56-59. Dengan demikian siswa kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fathanah Bellu memiliki minat belajar yang
cukup baik selama masa pandemi Covid-19, yaitu Perasaan senang,
ketertarikan, keterlibatan siswa, dan perhatian siswa.
3. Berdasarkan hasil perhitungan untuk mencari hubungan antara kreativitas
guru dengan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 madrasah
Ibtidaiyah (MI) Al-Fathanah Bellu di Kabupaten Bone diperoleh nilai
= 0,40 Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kreativitas guru
dengan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 terdapat
hubungan yang positif. Hasil uji signifikansi menunjukkan hasil
< dengan nilai1,363 dengan hasil regresi yaitu Y‟
= . Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru
dengan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19.
B. Implikasi
Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka berikut akan disampaikan
beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat bagi sekolah Madrasah Ibtidaiyah
(MI) Al-Fathanah Bellu, maupun mahasiswa lain yang berkaitan dengan
hubungan antara kreativitas guru dengan minat belajar siswa pada masa pandemi
Covid-19. Adapun saran-saran yang dapat diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Kreativitas sangat di perlukan dalam pembelajaran. Kreativitas guru sangat
membatu guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik. Oleh karena
itu, guru hendaknya meningkatkan kreativitasnya dalam mengajar pada
masa pandemi Covid-19 sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan
dapat tercapai.
2. Guru diharapkan terus mengembangkan kemampuannya dalam mengajar
sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa yang sangat tinggi agar
mencapai tujuan pembelajaran.
3. Diharapkan kepada semua pihak yang terkait dengan Madrasah Ibtidaiyah
(MI) hendaknya meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar pada masa
pandemi Covid-19 karena kreativitas sangat berpengaruh dalam
meningkatkan minat belajar siswa.
Ketersediaan
STAR20220108108/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

108/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skrpsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top