rgensi Penggunaan Sarana Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Pada Peserta Didik Di SD IT Asshiddiq
Firdhika Ummah/02.15. 1122 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Penggunaan Sarana Pembelajaran
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Pada Peserta Didik Di SD IT Asshiddiq.
Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana penggunaan sarana dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SD IT Asshiddiq?
bagaimana motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SD IT
Asshiddiq? serta bagaimana kontribusi penggunaan sarana pembelajaran dalam
meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SD IT
Asshiddiq? Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan teologis, paedagogik,
psikologis, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap
penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; penggunaan
sarana seperti buku dan alat tulis, media visual, media audio visual dan benda-benda
yang mudah memberikan pengertian kepada peserta didik pada pembelajaran PAI
telah difungsikan dengan baik dan dapat digunakan oleh guru dan memudahkan
dalam proses pembelajaran sehingga dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta
didik serta dapat berinteraksi dengan sarana pembelajaran. Kedua; motivasi belajar
PAI, sudah terdapat dalam diri peserta didik yang dapat dilihat dari peserta didiknya
aktif dalam proses pembelajaran, memperhatikan proses pembelajaran, serta bertanya
saat ada materi yang tidak diketahui dan terdorong untuk belajar. Ketiga; kontribusi
penggunaan sarana pembelajaran yaitu meningkatkan motivasi belajar peserta didik
dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran yang disajikan dan
peserta didik termotivasi dalam pembeljaran.
. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Penggunaan sarana pada pembelajaran PAI telah difungsikan dengan baik dan
dapat digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran sehingga dapat
tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Dengan demikian, peserta
didik dapat berinteraksi dengan sarana pembelajaran tidak hanya mendengar
saja tapi juga memberikan pemahaman yang lebih terhadap peserta didik
tentang materi yang diberikan.
2. motivasi belajar PAI, sudah terdapat dalam diri peserta didik dan sudah
terdorong untuk belajar PAI Karena dilihat dari peserta didiknya aktif dalam
proses pembelajaran PAI, memperhatikan proses pembelajaran, bertanya saat
ada yang tidak diketahui dan peserta didik mempunyai rasa suka saat proses
pembelajaran, bukan hanya itu peserta didik sudah termotivasi bergerak untuk
belajar PAI.
3. Kontribusi penggunaan sarana pembelajaran yaitu meningkatkan motivasi
belajar peserta didik dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi
pelajaran yang disajikan.
B. Implikasi
1. Diharap kan kepada pendidik PAI dapat mengunakan sarana pembelajaran
untuk memberi motivasi kepada peserta didik agar menambah wawasan peserta
didik dalam belajar.
2. Diharapkan kepada peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung agar
peserta didik nya dapat lebih aktif dalam proses pembeljaran.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal,nonformal,maupun pendidikan informal.
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Pada Peserta Didik Di SD IT Asshiddiq.
Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana penggunaan sarana dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SD IT Asshiddiq?
bagaimana motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SD IT
Asshiddiq? serta bagaimana kontribusi penggunaan sarana pembelajaran dalam
meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SD IT
Asshiddiq? Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan teologis, paedagogik,
psikologis, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap
penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; penggunaan
sarana seperti buku dan alat tulis, media visual, media audio visual dan benda-benda
yang mudah memberikan pengertian kepada peserta didik pada pembelajaran PAI
telah difungsikan dengan baik dan dapat digunakan oleh guru dan memudahkan
dalam proses pembelajaran sehingga dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta
didik serta dapat berinteraksi dengan sarana pembelajaran. Kedua; motivasi belajar
PAI, sudah terdapat dalam diri peserta didik yang dapat dilihat dari peserta didiknya
aktif dalam proses pembelajaran, memperhatikan proses pembelajaran, serta bertanya
saat ada materi yang tidak diketahui dan terdorong untuk belajar. Ketiga; kontribusi
penggunaan sarana pembelajaran yaitu meningkatkan motivasi belajar peserta didik
dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran yang disajikan dan
peserta didik termotivasi dalam pembeljaran.
. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Penggunaan sarana pada pembelajaran PAI telah difungsikan dengan baik dan
dapat digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran sehingga dapat
tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Dengan demikian, peserta
didik dapat berinteraksi dengan sarana pembelajaran tidak hanya mendengar
saja tapi juga memberikan pemahaman yang lebih terhadap peserta didik
tentang materi yang diberikan.
2. motivasi belajar PAI, sudah terdapat dalam diri peserta didik dan sudah
terdorong untuk belajar PAI Karena dilihat dari peserta didiknya aktif dalam
proses pembelajaran PAI, memperhatikan proses pembelajaran, bertanya saat
ada yang tidak diketahui dan peserta didik mempunyai rasa suka saat proses
pembelajaran, bukan hanya itu peserta didik sudah termotivasi bergerak untuk
belajar PAI.
3. Kontribusi penggunaan sarana pembelajaran yaitu meningkatkan motivasi
belajar peserta didik dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi
pelajaran yang disajikan.
B. Implikasi
1. Diharap kan kepada pendidik PAI dapat mengunakan sarana pembelajaran
untuk memberi motivasi kepada peserta didik agar menambah wawasan peserta
didik dalam belajar.
2. Diharapkan kepada peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung agar
peserta didik nya dapat lebih aktif dalam proses pembeljaran.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal,nonformal,maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20190289 | 289/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
289/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
