Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Upaya Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas VIII di MTs Baytul Mukarromah Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete Riattang Barat Kab. Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk karakter tanggung
jawab siswa di kelas VIII MTs Baytul Mukarromah, untuk mengetahui strategi
guru akidah akhlak dalam upaya pembentukan karakter tanggung jawab siswa di
kelas VIII MTs Baytul Mukarromah serta faktor pendukung dan penghmabt
pembentukan karakter tanggung jawab siswa. Penulis melakuka pendekatan
psikologis, pendekatan paedagogik dan pendekatan sosiologis serta melakukan
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif qualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi data
(data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan
(conclusion drawing).
Hasil penelitian dari penelitian terkait peran guru akidah akhlak dalam upaya
pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas VIII di MTs Baytul
Mukarromah, yakni: 1) bentuk-bentuk karakter tanggung jawab siswa kelas VIII
di MTs Baytul Mukarromah yaitu siswa selalu mengerjakan tugasnya dengan
baik, siswa selalu bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan yang
dilakukannya, mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama serta siswa
menyelesaikan tugasnya tepat waktu. 2) strategi yang dilakukan guru akidah
akhlak dalam upaya pembentukan karakter tanggung jawab yaitu dengan strategi
berupa keteladan yang dicontohkan, pembiasaan untuk selalu bertanggung jawab,
penyadaran akan pentingnya karakter tanggung jawab bagi manusia, dan
mengawasi siswanya agar tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. 3)
Faktor pendukung sekaligus faktor penghambat guru akidah akhlak dalam
membentuk karakter tanggung jawab siswa adalah faktor internal atau faktor yang
berasal dari diri siswa itu sendiri, serta faktor eksternal atau faktor dari luar seperti
lingkungan siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah.
Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Madrasah bekerjasam
dalam meningkatkan tanggung jawab siswa baik itu kepala Madrasah dan semua
guru serta orang tua siswa. Dan semua siswa hendaknya berpartisipasi aktif dalam
kegiatan-kegiatan yang dilaksnakan dalam upaya pengembangan tanggung jawab
siswa.
A. Simpulan
Setelah peneliti melakukan sebuah penelitian berupa observasi,
pengumpulan data, mengolah data sebagai hasil penelitian dan telah dipaparkan
dalam uraian serta pembahasan bab demi bab mengenai Peran Guru Akidah
Akhlak dalam Upaya Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa kelas VIII di
MTs Baytul Mukarromah Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete Riattang
Barat Kabupaten Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Bentuk-bentuk karakter tanggung jawab siswa kelas VIII MTs Baytul
Mukarromah yaitu selalu mengerjakan tugas baik itu tugas sekolah ataupun
tugas di rumah dengan baik, siswa selalu bertanggung jawab terhadap setiap
perbuatannya jika melanggar ia akan menerima konsekuensi atau hukuman
karena telah melanggar, selalu mengikuti sholat berjamaah di sekolah sebelum
pulang sekolah, selalu mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama, dan
siswa bisa menyelesaikan semua tugasnyaa sesuai dengan batas waktu yang
telah ditetapkan.
2. Strategi guru akidah akhlak dalam upaya eembentukan karakter tanggung
jawab siswa kelas VIII MTs Baytul Mukarromah yaitu guru mencontohkan
hal-hal konkret yang berkaitan dengan sikap tanggung jawab seperti
keteladanan baik guru yang diperlihatkan setiap hari di sekolah, guru
melakukan strategi pembiasaan untuk membiasakan siswa bertanggung jawab
terhadap segala sesuatu, guru memberikan penyadaran kepada setiap siswa
tentang pentingnya tanggung jawab serta guru mengawasi siswa agar
mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Dalam pelaksanaan
pembentukan karakter tanggung jawab di sekolah
3. khususnya di kelas VIII MTs Baytul Mukarromah ini dimana guru akidah
akhlak tidak hanya fokus dalam pemberian aspek pengetahuan saja yang harus
diajarkan kepada peserta didik namun juga mengintegrasikan karakter
tanggung jawab siswa ke dala setiap pembelajaran yang dilakukan di dalam
kelas maupun di luar kelas melalui strategi yang selalu diterapkan. Selain itu
guru juga melatih peserta didik untuk selalu menerapkan karakter tanggung
jawab di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
4. Adapun faktor pendukung dan penghambat guru akidah akhlak dalam upaya
pembentukan karakter tanggung jawab siswa adalah faktor pendukung internal
atau faktor yang bersumber dari siswa itu sendiri, pembawaan karakter
tanggung jawab dari kecil yang dimiliki siswa. Faktor eksternal, faktor yang
berasal dari luar seperti faktor lingkungan sekolah mengenai aturan-aturan
yang terdapat di MTs Baytul Mukarromah membuat anak termotivasi untuk
bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya, serta lingkungan
keluarga dapat berpengaruh untuk membentuk karakter tanggung jawab
karena disinilah awal dimana siswa belajar untuk selalu bertanggung jawab,
disiplin dan jujur dan budaya yang ada di sekolah. Adapun faktor
penghambatnya bisa juga berasal dari diri siswa jika siswa dari kecil tidak
memiliki karakter tanggung jawab maka akan sulit membentuk karakter
tanggung jawabnya, lingkungan keluarga juga bisa menjadi penghambat
dalam pembentukan karakter tanggung jawab karena jika anak di didik untuk
tidak bertanggung jawab maka anak tersebut akan menjadi anak yang tidak
bertanggung jawab serta teman bisa menjadi faktor penghambat ketika anak
berteman dengan teman yang tidak baik maka anak tersebut akan menjadi
tidak baik dan mempengaruhi pergaulannya.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memiliki masukan
terhadap pelakasanaan pendidikan karakter dalam membentuk karakter tanggung
siswa kelas VIII di MTs Baytul Mukarromah. Adapun saran- saran yang peneliti
kemukakan diantaranya:
1. Untuk sekolah, sekolah sebaiknya mengadakan kegiatan atau program
pembinaan tambahan dalam membentuk karakter tanggung jawab dalam
rangka menyukseskan tujuan pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan
bangsa dan membentuk karakter yang baik bagi para siswa.
2. Untuk guru, disarankan agar guru menjalin komunikasi yang baik dengan
orang tua siswa, agar mempermudah guru dalam membentuk karakter siswa
tersebut.
3. Untuk peserta didik, siswa siswi diharapkan bisa lebih menanamkan sikap
bertanggung jawab melalui pendidikan karkater yang telah ditanamkan dalam
kegiatan di sekolah dan selanjutnya juga bisa dipertahankan dan di terapkan di
lingkungan sekolah dan di lingkungan luar baik itu di lingkungan keluarga
maupun di lingkungan masyarakat.
4. Untuk orang tua, diharapkan kepada para orang tua harus selalu memberi
arahan, mengajari anaknya untuk bersikap bertanggung jawab dimanapun ia
berada, sebab orang tua sangat berperan penting dalam pembentukan karakter
anak, peranan tersebut dapat dimulai dari hal-hal kecil di dalam lingkungan
keluarga.
5. Bagi penelitian selanjutnya, peneliti memahami bahwa penelitian ini mash
kurang dari kata sempurna, maka dari itu perlu diadaknnya penelitian lebih
lanjut mengenai peran guru akidah akhlak dalam upaya pembentukan karakter
tanggung jawab siswa di sekolah dan semoga dari penelitian yang peneliti
lakukan dapat mendorong munculnya penelitian-penelitian yang sejenis, lebih
bervariasi dan yang lebih menarik bagi pembaca.
Ketersediaan
STAR20220350350/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

350/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top