Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Uswatun Hasanah Siswa SMA Negeri 15 Bone
Anggi Winanda/ 02.18.1008 - Personal Name
Skripsi ini membahas Model Pembelajaran Active Learning pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Uswatun Hasanah Siswa SMA
Negeri 15 Bone. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu penerapan
model pembelajran Active Learning dalam membina karakter uswatun hasanah,
pembinaan karakter uswatun hasanah serta kontribusi model pembelajaran Active
Learning dalam membina karakter uswatun hasanah siswa SMAN 15 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu
penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan paedagogik,
psikologis dan sosiologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Active
Learning dalam membina karakter uswatun hasanah siswa di SMAN 15 Bone
terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari segi penerapan model
pembelajaran Active Learning dengan berbicara dengan jelas, tegas dan tepat,
berbicara dengan baik, sopan dan santun, serta menghargai pendapat. Hal ini, dalam
membina karakter uswatun hasanah diperlukan keaktifan siswa dalam pembelajaran
dengan memiliki perilaku atau adab yang baik. Pembinaan karakter uswatun
hasanah siswa SMAN 15 Bone dengan berperilaku jujur, disiplin dan amanah.
terlaksana dengan baik, namun masih perlu ditingkatkan kejujuran dan
kedisiplinannya. kontribusi Active Learning dengan bentuk perilaku keteladanan
dengan nilai-nilai yang religius bahwa memiliki keterkaitan dalam membina
karakter uswatun hasanah siswa yang seimbang dengan kecerdasan. Melalui active
learning dengan komunikasi atau diskusi dengan berperilaku sesuai ajaran Islam,
sehingga karakter siswa mulai terbentuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dialakukan oleh penulis mengenai
penerapan model pembelajaran Active Learning pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam dalam membina karakter uswatun hasanah siswa SMA Negeri 15 Bone
sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran Active Learning bagi karakter uswatun
hasanah siswa SMAN 15 Bone, sudah berjalan dengan baik, karena guru
pendidikan agam Islam memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa
siswi aktif dalam pembelajaran agar pengetahuan lebih berkembang, yang
diserta dengan adab-adab atau nilai-nilai Islami atau religius yakni dengan
berbicara lancar, jelas dan tegas, berbicara atau menyampaikan pendapat
dengan sopan santun dan menghargai pendapat sesama temannya.
2. Karakter uswatun hasanah siswa SMAN 15 Bone sudah dikatakan baik,
namun masih perlu ditingkatkan dari segi kejujuran dalam melaksanakan
ujian, giat dan tekun dalam belajar serta dalam mengerjakan tugas dengan
baik dan perlu ditingkatkan lagi kedisiplinan dengan berpakaian rapi dan
sopan. Dan lainnya.
3. Kontribusi model pembelajaran Active Learning dalam membina karakter
uswatun hasanah siswa. jujur, disiplin dan amanah. Dengan memberikan
arahan dan bimbingan yang berupa model active learning atau pembelajaarn
aktif dengan komunikasi atau diskusi yang baik yang didasarkan pada adab-
adab atau nilai-nilai yang Islami atau religius dengan mengarahkan pada sikap
jujur, disiplin dan amanah. Dengan hal itu guru pendidikan agama Islam
menunjukkan sikap yang baik, dalam bertutur kata, agar dapat menjadi
panutan bagi peserta didiknya. Sehingga mereka dapat mengamalkan apa
yang diajarakan baik disekolah maupun dimasyarakat.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka akan diuraikan mengenai
implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis ditujukan
kepada guru pendidikan agama Islam, dan kepada siswa sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam agar tetap dapat
mempertahankan karakter yang dimiliki dalam memberikan arahan dan
bimbingan serta keteladanan kepada siswa, Agar dapat menciptakan bibit-
bibit yang unggul dalam berprestasi serta berkarakter.
2. Diharapkan agar siswa siswi di SMA Negeri 15 Bone, agar tetap selalu
mendengarkan nasehat dan arahan dari guru dan diharapkan agar siswa siswi
dapat lebih meningkatkan dan memiliki kesadaran tentang pentingnya
berkarakter sesuai dengan adab-adab atau nilai nilai Islami yang religius
dengan berperilaku jujur, disiplin dan amanah.
Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Uswatun Hasanah Siswa SMA
Negeri 15 Bone. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu penerapan
model pembelajran Active Learning dalam membina karakter uswatun hasanah,
pembinaan karakter uswatun hasanah serta kontribusi model pembelajaran Active
Learning dalam membina karakter uswatun hasanah siswa SMAN 15 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu
penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan paedagogik,
psikologis dan sosiologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Active
Learning dalam membina karakter uswatun hasanah siswa di SMAN 15 Bone
terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari segi penerapan model
pembelajaran Active Learning dengan berbicara dengan jelas, tegas dan tepat,
berbicara dengan baik, sopan dan santun, serta menghargai pendapat. Hal ini, dalam
membina karakter uswatun hasanah diperlukan keaktifan siswa dalam pembelajaran
dengan memiliki perilaku atau adab yang baik. Pembinaan karakter uswatun
hasanah siswa SMAN 15 Bone dengan berperilaku jujur, disiplin dan amanah.
terlaksana dengan baik, namun masih perlu ditingkatkan kejujuran dan
kedisiplinannya. kontribusi Active Learning dengan bentuk perilaku keteladanan
dengan nilai-nilai yang religius bahwa memiliki keterkaitan dalam membina
karakter uswatun hasanah siswa yang seimbang dengan kecerdasan. Melalui active
learning dengan komunikasi atau diskusi dengan berperilaku sesuai ajaran Islam,
sehingga karakter siswa mulai terbentuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dialakukan oleh penulis mengenai
penerapan model pembelajaran Active Learning pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam dalam membina karakter uswatun hasanah siswa SMA Negeri 15 Bone
sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran Active Learning bagi karakter uswatun
hasanah siswa SMAN 15 Bone, sudah berjalan dengan baik, karena guru
pendidikan agam Islam memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa
siswi aktif dalam pembelajaran agar pengetahuan lebih berkembang, yang
diserta dengan adab-adab atau nilai-nilai Islami atau religius yakni dengan
berbicara lancar, jelas dan tegas, berbicara atau menyampaikan pendapat
dengan sopan santun dan menghargai pendapat sesama temannya.
2. Karakter uswatun hasanah siswa SMAN 15 Bone sudah dikatakan baik,
namun masih perlu ditingkatkan dari segi kejujuran dalam melaksanakan
ujian, giat dan tekun dalam belajar serta dalam mengerjakan tugas dengan
baik dan perlu ditingkatkan lagi kedisiplinan dengan berpakaian rapi dan
sopan. Dan lainnya.
3. Kontribusi model pembelajaran Active Learning dalam membina karakter
uswatun hasanah siswa. jujur, disiplin dan amanah. Dengan memberikan
arahan dan bimbingan yang berupa model active learning atau pembelajaarn
aktif dengan komunikasi atau diskusi yang baik yang didasarkan pada adab-
adab atau nilai-nilai yang Islami atau religius dengan mengarahkan pada sikap
jujur, disiplin dan amanah. Dengan hal itu guru pendidikan agama Islam
menunjukkan sikap yang baik, dalam bertutur kata, agar dapat menjadi
panutan bagi peserta didiknya. Sehingga mereka dapat mengamalkan apa
yang diajarakan baik disekolah maupun dimasyarakat.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka akan diuraikan mengenai
implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis ditujukan
kepada guru pendidikan agama Islam, dan kepada siswa sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam agar tetap dapat
mempertahankan karakter yang dimiliki dalam memberikan arahan dan
bimbingan serta keteladanan kepada siswa, Agar dapat menciptakan bibit-
bibit yang unggul dalam berprestasi serta berkarakter.
2. Diharapkan agar siswa siswi di SMA Negeri 15 Bone, agar tetap selalu
mendengarkan nasehat dan arahan dari guru dan diharapkan agar siswa siswi
dapat lebih meningkatkan dan memiliki kesadaran tentang pentingnya
berkarakter sesuai dengan adab-adab atau nilai nilai Islami yang religius
dengan berperilaku jujur, disiplin dan amanah.
Ketersediaan
| STAR20220143 | 143/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
143/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
