Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Uswatun Hasanah Siswa SMA Negeri 15 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas Model Pembelajaran Active Learning pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Uswatun Hasanah Siswa SMA
Negeri 15 Bone. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu penerapan
model pembelajran Active Learning dalam membina karakter uswatun hasanah,
pembinaan karakter uswatun hasanah serta kontribusi model pembelajaran Active
Learning dalam membina karakter uswatun hasanah siswa SMAN 15 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu
penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan paedagogik,
psikologis dan sosiologis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Active
Learning dalam membina karakter uswatun hasanah siswa di SMAN 15 Bone
terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari segi penerapan model
pembelajaran Active Learning dengan berbicara dengan jelas, tegas dan tepat,
berbicara dengan baik, sopan dan santun, serta menghargai pendapat. Hal ini, dalam
membina karakter uswatun hasanah diperlukan keaktifan siswa dalam pembelajaran
dengan memiliki perilaku atau adab yang baik. Pembinaan karakter uswatun
hasanah siswa SMAN 15 Bone dengan berperilaku jujur, disiplin dan amanah.
terlaksana dengan baik, namun masih perlu ditingkatkan kejujuran dan
kedisiplinannya. kontribusi Active Learning dengan bentuk perilaku keteladanan
dengan nilai-nilai yang religius bahwa memiliki keterkaitan dalam membina
karakter uswatun hasanah siswa yang seimbang dengan kecerdasan. Melalui active
learning dengan komunikasi atau diskusi dengan berperilaku sesuai ajaran Islam,
sehingga karakter siswa mulai terbentuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dialakukan oleh penulis mengenai
penerapan model pembelajaran Active Learning pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam dalam membina karakter uswatun hasanah siswa SMA Negeri 15 Bone
sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran Active Learning bagi karakter uswatun
hasanah siswa SMAN 15 Bone, sudah berjalan dengan baik, karena guru
pendidikan agam Islam memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa
siswi aktif dalam pembelajaran agar pengetahuan lebih berkembang, yang
diserta dengan adab-adab atau nilai-nilai Islami atau religius yakni dengan
berbicara lancar, jelas dan tegas, berbicara atau menyampaikan pendapat
dengan sopan santun dan menghargai pendapat sesama temannya.
2. Karakter uswatun hasanah siswa SMAN 15 Bone sudah dikatakan baik,
namun masih perlu ditingkatkan dari segi kejujuran dalam melaksanakan
ujian, giat dan tekun dalam belajar serta dalam mengerjakan tugas dengan
baik dan perlu ditingkatkan lagi kedisiplinan dengan berpakaian rapi dan
sopan. Dan lainnya.
3. Kontribusi model pembelajaran Active Learning dalam membina karakter
uswatun hasanah siswa. jujur, disiplin dan amanah. Dengan memberikan
arahan dan bimbingan yang berupa model active learning atau pembelajaarn
aktif dengan komunikasi atau diskusi yang baik yang didasarkan pada adab-
adab atau nilai-nilai yang Islami atau religius dengan mengarahkan pada sikap
jujur, disiplin dan amanah. Dengan hal itu guru pendidikan agama Islam
menunjukkan sikap yang baik, dalam bertutur kata, agar dapat menjadi
panutan bagi peserta didiknya. Sehingga mereka dapat mengamalkan apa
yang diajarakan baik disekolah maupun dimasyarakat.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka akan diuraikan mengenai
implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis ditujukan
kepada guru pendidikan agama Islam, dan kepada siswa sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam agar tetap dapat
mempertahankan karakter yang dimiliki dalam memberikan arahan dan
bimbingan serta keteladanan kepada siswa, Agar dapat menciptakan bibit-
bibit yang unggul dalam berprestasi serta berkarakter.
2. Diharapkan agar siswa siswi di SMA Negeri 15 Bone, agar tetap selalu
mendengarkan nasehat dan arahan dari guru dan diharapkan agar siswa siswi
dapat lebih meningkatkan dan memiliki kesadaran tentang pentingnya
berkarakter sesuai dengan adab-adab atau nilai nilai Islami yang religius
dengan berperilaku jujur, disiplin dan amanah.
Ketersediaan
STAR20220143143/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

143/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top