Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Pemilihan Kartu (Card Sort) Dalam Pembelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Mubarak Jampalenna

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang penerapa metode Pembelajaran Aktif Tipe
Pemilihan Kartu atau Card Sort dalam pembelajaran Fikih untuk meningkatkan
keaktifan belajar siswa kelas VII MTs Al-Mubarak Jampalenna. Hal yang penting
yang dikaji dalam skripsi ini yakni Untuk memahami bagaimana penerapan metode
Card Sort terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa, dengan menggunakan
metode Card Sort pada mata pelajaran fikih kelas VII MTs Al-Mubarak Jampalenna.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII MTs Al- Mubarak Jampalenna yang berjumlah 11 siswa,
dengan menggunakan pendekatan padagogik. Dengan menggunkan teknik Observasi,
Angket dan Dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang
keaktifan belajar dan angket digunakan untuk mendukung data hasil observasi atau
pengamatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunkan tekhnik deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode Card Sort dan keaktifan
belajar siswa dengan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, Penerapan metode
Card Sort pada mata pelajaran fikih kelas VII dapat meningkatkan keaktifan belajar
siswa di MTs Al-Mubarak Jampalenna. Hal ini dapat dilihat dari, Pada saat obsevasi
awal keaktifan siswa sangtlah rendah berdasarkan hasil observasi awal dengan
melakukan wawancara dengan guru mata pelajaran yang bersangkutan, kemudian
dilakukan tindakan pada siklus I Pertemuan pertama keaktifan belajar siswa hanya
58.5%, kemudian meningkat pada pertemuan ke II keaktifan belajar mencapai
77,4%, sehinnga hasil rata-rata persentase keaktifan belajar siswa siklus I hanya
67,9% Tidak berhenti pada siklus I, Tindakan kemudian dilanjutkan ke siklus II
dengan hasil pertemuan pertama keaktifan belajar siswa mencapi 81,9% dan
meningkat pada pertemuan kedua 92,7%, hingga hasil rata-rata persentase keaktifan
belajar siswa mencapai 87,3%. Rata-rata peningkatan keaktifan belajar siswa dari
siklus I ke Siklus II Sebasar 67,9% ke 87,3%. Hal ini dapat membuktikan bahwa
metode pembelajaran aktif tipe pemilihan kartu atau Card Sort dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa.
Implikasi penelitian ini diharapkan semua pihak di dalam madrasah bekerjasama
dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa sehingga mampu mencapai
tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, yang telah dilaksanakan selama 2 siklus di
MTs Al-Mubarak Jampalenna menggunakan metode pembelajaran aktif tipe
pemilihan kartu atau card sort dapat dikemukakan kesimpulan:
1. Pada tahap sikulus pertama, proses penelitian masih kurang efektif.
Hal ini dikarenakan belum terbiasanya peserta didik dalam
menggunakan metode card sort selama proses pembelajaran,
sehingga penerapan metode card sort pada sikulus pertama masih
perlu ditingkatkan lagi, hal ini terbukti pada aktivitas belajar siswa
masih dalam kategori cukup, pada siklus kedua aktivitas belajar
siswa sudah mulai meningkat dibandingkan dengan siklus pertama,
para siswa sudah mulai terbiasa dengan metode yang digunakan
oleh guru.
2. Berdasarkan hasil observasi awal dengan melakukan wawancara
dengan guru mata pelajaran yang bersangkutan, keaktifan belajar
siswa masih rendah, kemudian dilakukan tindakan pada siklus I
Pertemuan pertama keaktifan belajar siswa hanya 58.5%, kemudian
meningkat pada pertemuan ke II keaktifan belajar mencapai 77,4%,
sehinnga hasil rata-rata persentase keaktifan belajar siswa siklus I
hanya 67,9% Tidak berhenti pada siklus I, Tindakan kemudian
dilanjutkan ke siklus II dengan hasil pertemuan pertama keaktifan
belajar siswa mencapi 81,9% dan meningkat pada pertemuan kedua
92,7%, hingga hasil rata-rata persentase keaktifan belajar siswa
mencapai 87,3%. Rata-rata peningkatan keaktifan belajar siswa
dari siklus I ke Siklus II Sebasar 67,9% ke 87,3%. Hal ini dapat
membuktikan bahwa metode pembelajaran aktif tipe pemilihan
kartu atau Card Sort dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Peningkatan keaktifan belajar yang maksimal dengan menggunakan
metode Card Sort dapat dilakukan dengan cara: (1) menumbuhkan motivasi
siswa dan menarik minat belajar siswa diawal pembelajaran, (2) Memberikan
pengalaman langsung kepada siswa, (3) Siswa didorong menemukan sendiri
konsep-konsep yang di pelajarinya, (4) Siswa mendemontrasikan hasil belajar
didepan kelas.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-
saran penulis dalam pembasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan bentuk metode Card Sort dalam meningkatkan
keaktifan belajar siswa supaya bisa diterapkan dalam pembelajaran
fikih agar siswa lebih bersemangat dalam memahami pembelajaran.
2. Diharapkan guru mampu memberikan kontribusi pemikiran dan
informasi khusus agar dapat menjadikan siswa lebih aktif dan
semangat dalam pembelajaran.
Ketersediaan
STAR20220196196/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

196/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top