Penerapan metode murottal dalam pembelajaran Al quran hadist untuk meningkatkan kemampuan membaca Al quran siswa kelas VII MTs Cina Kab. Bone
Rizki Khaeriah Rustan/02.18.1031 - Personal Name
Penelitian ini membahas penerapan metode murottal dalam pembelajaran Alquran
Hadis untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa kelas VII di MTs
Cina Kab. Bone. Hal yang penting di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
penerapan metode murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis, mengetahui
kemampuan membaca Alquran siswa sesudah diterapkannya metode murottal kelas
VII di MTs Cina Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan
pendekatan paedagogik, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode
murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis untuk meningkatkan kemampuan
membaca Alquran siswa kelas VII MTs Cina Kab. Bone dapat dikatakan baik. Hal ini
dapat dilihat dari, 1) Penerapan metode murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis
siswa kelas VII di MTs Cina Kab. Bone sudah bagus. Dalam proses pembelajaran
guru telah menerapkan semua tahapan-tahapan dalam menerapkan metode murottal
pada pembelajaran Alquran Hadis. Adapun beberapa tahapan yang digunakan yaitu
memerintahkan siswa untuk membaca dan menghafal ayat Alquran secara berulang-
ulang serta guru memerintahkan mengulang kembali bacaan ayat Alquran pada
pertemuan selanjutnya. Kurangnya media yang digunakan oleh guru dalam penerapan
metode murottal yang mengakibatkan siswa tidak paham terhadap materi yang
diajarkan. 2). Kemampuan membaca Alquran sesudah diterapkannya metode murottal
pada siswa kelas VII di MTs Cina Kab. Bone sudah baik. Hal ini dilihat dari
bagaimana siswa dapat mengulang bacaan Alquran yang telah diberikan pada
pertemuan sebelumnya. Kemampuan beberapa siswa dalam membaca Alquran sudah
sesuai dengan kaidah tajwid. 3). Berdasarkan hasil observasi secara keseluruhan
bahwa dalam penerapan metode murottal sudah berjalan dengan baik. Penerapan
metode murottal yang baik dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran
siswa. Akan tetapi tidak semua kemampuan membaca Alquran siswa mampu
meningkat karena kurangnya media yang digunakan serta kurangnya kesadaran para
siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang penerapan
metode murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis untuk menngkatkan kemampuan
membaca Alquran siswa kelas VII MTs Cina Kab. Bone, dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Penerapan metode murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis siswa kelas
VII di MTs Cina sudah bagus. Dalam proses pembelajaran guru telah
menerapkan semua tahapan-tahapan dalam penerapan metode murottal
pada pembelajaran Alquran Hadis. Adapun beberapa tahapan yang
digunakan yaitu, memerintahkan siswa untuk membaca dan menghafal ayat
Alquran secara berulang-ulang serta guru memerintahkan mengulang
kembali bacaan ayat Alquran pada pertemuan selanjutnya. Kurangnya
media yang digunakan oleh guru dalam penerapan metode murottal ini
mengakibatkan siswa tidak paham terhadap materi yang diajarkan.
2. Kemampuan membaca Alquran sesudah diterapkannya metode murottal
pada siswa kelas VII di MTs Cina baik. Hal ini dilihat dari penerapan
metode murottal guru yang baik, sehingga kemampuan membaca Alquran
siswa meningkat. Dikarenakan siswa mengulang bacaan Alquran yang
telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. Akan tetapi, tidak semua
kemampuan membaca Alquran siswa meningkat karena kurangnya media
yang digunakan serta kurangnya kesadaran siswa terhadap pembelajaran.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis mengemukakan
beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Diharapkan guru dalam memberikan pembelajaran untuk menambah media
dalam proses pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran Alquran Hadis.
2. Diharapkan guru mampu memantau siswa dalam proses pembelajaran, agar
seluruh siswa benar-benar memperhatikan guru pada saat proses belajar
mengajar.
Hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya
dengan mengambil tema pendidikan akan tetapi peneliti menyarankan bahwa untuk
penelitian selanjutnya lebih memperhatikan bukti dan dokumen yang ada di sekolah,
karena jika tidak ada bukti terlampir maka penelitian tersebut dikatakan belum
kongkrit apalagi penelitian yang membahas tentang penerapan metode murottal untuk
meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa kelas VII di MTs Cina Kab.
Bone.
Hadis untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa kelas VII di MTs
Cina Kab. Bone. Hal yang penting di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
penerapan metode murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis, mengetahui
kemampuan membaca Alquran siswa sesudah diterapkannya metode murottal kelas
VII di MTs Cina Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan
pendekatan paedagogik, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode
murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis untuk meningkatkan kemampuan
membaca Alquran siswa kelas VII MTs Cina Kab. Bone dapat dikatakan baik. Hal ini
dapat dilihat dari, 1) Penerapan metode murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis
siswa kelas VII di MTs Cina Kab. Bone sudah bagus. Dalam proses pembelajaran
guru telah menerapkan semua tahapan-tahapan dalam menerapkan metode murottal
pada pembelajaran Alquran Hadis. Adapun beberapa tahapan yang digunakan yaitu
memerintahkan siswa untuk membaca dan menghafal ayat Alquran secara berulang-
ulang serta guru memerintahkan mengulang kembali bacaan ayat Alquran pada
pertemuan selanjutnya. Kurangnya media yang digunakan oleh guru dalam penerapan
metode murottal yang mengakibatkan siswa tidak paham terhadap materi yang
diajarkan. 2). Kemampuan membaca Alquran sesudah diterapkannya metode murottal
pada siswa kelas VII di MTs Cina Kab. Bone sudah baik. Hal ini dilihat dari
bagaimana siswa dapat mengulang bacaan Alquran yang telah diberikan pada
pertemuan sebelumnya. Kemampuan beberapa siswa dalam membaca Alquran sudah
sesuai dengan kaidah tajwid. 3). Berdasarkan hasil observasi secara keseluruhan
bahwa dalam penerapan metode murottal sudah berjalan dengan baik. Penerapan
metode murottal yang baik dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran
siswa. Akan tetapi tidak semua kemampuan membaca Alquran siswa mampu
meningkat karena kurangnya media yang digunakan serta kurangnya kesadaran para
siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan Penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang penerapan
metode murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis untuk menngkatkan kemampuan
membaca Alquran siswa kelas VII MTs Cina Kab. Bone, dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Penerapan metode murottal dalam pembelajaran Alquran Hadis siswa kelas
VII di MTs Cina sudah bagus. Dalam proses pembelajaran guru telah
menerapkan semua tahapan-tahapan dalam penerapan metode murottal
pada pembelajaran Alquran Hadis. Adapun beberapa tahapan yang
digunakan yaitu, memerintahkan siswa untuk membaca dan menghafal ayat
Alquran secara berulang-ulang serta guru memerintahkan mengulang
kembali bacaan ayat Alquran pada pertemuan selanjutnya. Kurangnya
media yang digunakan oleh guru dalam penerapan metode murottal ini
mengakibatkan siswa tidak paham terhadap materi yang diajarkan.
2. Kemampuan membaca Alquran sesudah diterapkannya metode murottal
pada siswa kelas VII di MTs Cina baik. Hal ini dilihat dari penerapan
metode murottal guru yang baik, sehingga kemampuan membaca Alquran
siswa meningkat. Dikarenakan siswa mengulang bacaan Alquran yang
telah diberikan pada pertemuan sebelumnya. Akan tetapi, tidak semua
kemampuan membaca Alquran siswa meningkat karena kurangnya media
yang digunakan serta kurangnya kesadaran siswa terhadap pembelajaran.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis mengemukakan
beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Diharapkan guru dalam memberikan pembelajaran untuk menambah media
dalam proses pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan bersemangat
dalam mengikuti pembelajaran Alquran Hadis.
2. Diharapkan guru mampu memantau siswa dalam proses pembelajaran, agar
seluruh siswa benar-benar memperhatikan guru pada saat proses belajar
mengajar.
Hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya
dengan mengambil tema pendidikan akan tetapi peneliti menyarankan bahwa untuk
penelitian selanjutnya lebih memperhatikan bukti dan dokumen yang ada di sekolah,
karena jika tidak ada bukti terlampir maka penelitian tersebut dikatakan belum
kongkrit apalagi penelitian yang membahas tentang penerapan metode murottal untuk
meningkatkan kemampuan membaca Alquran siswa kelas VII di MTs Cina Kab.
Bone.
Ketersediaan
| STAR20220205 | 205/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
205/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
