Strategi Pembelajaran Guru Bidang Studi Sejarah kebudayaan Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di MI An-Nur Jampu Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone
Marleni/02.15.5005 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Strategi Pembelajaran Guru Bidang Studi
Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di MI An-
Nur Jampu Kec. Tellu Siattinge Kab, Bone” hal yang dikaji pada penelitian ini adalah
bagaimana Strategi Pembelajaran Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam
dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa MI An-Nur Jampu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis melalui
metode reduksi data, display data ( penyajian data), serta penarikan kesimpulan dan
verivikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik Descriptive Qualitatif
yaitu suatu teknik analisis data dimana penulis membaca, mempelajari, memahami,
dan kemudian menguraikan semua data yang diperoleh lalu membuat analisa-analisa
komprehensif sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Motivasi belajar siswa pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V MI An-Nur Jampu, dalam rangka
menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
bertujuan untuk mendorong semangat belajar secara optimal. Oleh karena itu, guru
memberikan motivasi yang baik kepada siswa, maka dalam diri siswa timbul
minat,dorongan, semangat dan giat belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Kedua,
Strategi Pembelajaran Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menumbuhkan
Motivasi Belajar Siswa kelas V MI An-Nur Jampu, cukup praktis dan efisien guru
mengarahkan kesiapan siswa untuk belajar, menjelaskan tujuan pembelajaran,
mengetahui pengetahuan awal siswa serta mejelaskan materi dengan jelas setelah itu
memberikan apresiasi berupa hadiah dan pujian kepada siswa yang telah mengerti
atau memahami pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode
yang bervariasi dan sesuai dengan bahan ajar sehingga siswa semangat untuk belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
3dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Strategi pembelajaran guru bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam dalam
menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas V MI An-Nur Jampu cukup praktis
dan efisien pertama-tama mengarahkan kesiapan siswa untuk belajar,
menjelaskan tujuan pembelajaran serta menjelaskan materi dengan jelas setelah
itu memberikan apresiasi kepada siswa yang telah mengerti atau memahami
pelajaran Sejarah Kebudayaan
2. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V
MI An-Nur Jampu, bertujuan untuk mendorong semangat belajar secara optimal.
Oleh karena itu, guru memberikan motivasi yang baik kepada siswa, maka
dalam diri siswa timbul minat,dorongan, semangat dan giat belajar Sejarah
Kebudayaan Islam.
B. Implikasi
Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1. Bagi guru dan calon guru, dalam menumbuhkan strategi guru harus meningkatkan kreativitas dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran sehingga siswa termotivasi dalam belajar khususnya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
2. Bagi siswa, adanya strategi pembelajaran guru untuk menumbuhkan motivasi
siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebaiknya ikut berperan
penting dalam kelancaran proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam yang telah direncanakan oleh guru dapat tercapai.
Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di MI An-
Nur Jampu Kec. Tellu Siattinge Kab, Bone” hal yang dikaji pada penelitian ini adalah
bagaimana Strategi Pembelajaran Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam
dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa MI An-Nur Jampu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis melalui
metode reduksi data, display data ( penyajian data), serta penarikan kesimpulan dan
verivikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik Descriptive Qualitatif
yaitu suatu teknik analisis data dimana penulis membaca, mempelajari, memahami,
dan kemudian menguraikan semua data yang diperoleh lalu membuat analisa-analisa
komprehensif sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Motivasi belajar siswa pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V MI An-Nur Jampu, dalam rangka
menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
bertujuan untuk mendorong semangat belajar secara optimal. Oleh karena itu, guru
memberikan motivasi yang baik kepada siswa, maka dalam diri siswa timbul
minat,dorongan, semangat dan giat belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Kedua,
Strategi Pembelajaran Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menumbuhkan
Motivasi Belajar Siswa kelas V MI An-Nur Jampu, cukup praktis dan efisien guru
mengarahkan kesiapan siswa untuk belajar, menjelaskan tujuan pembelajaran,
mengetahui pengetahuan awal siswa serta mejelaskan materi dengan jelas setelah itu
memberikan apresiasi berupa hadiah dan pujian kepada siswa yang telah mengerti
atau memahami pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode
yang bervariasi dan sesuai dengan bahan ajar sehingga siswa semangat untuk belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
3dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Strategi pembelajaran guru bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam dalam
menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas V MI An-Nur Jampu cukup praktis
dan efisien pertama-tama mengarahkan kesiapan siswa untuk belajar,
menjelaskan tujuan pembelajaran serta menjelaskan materi dengan jelas setelah
itu memberikan apresiasi kepada siswa yang telah mengerti atau memahami
pelajaran Sejarah Kebudayaan
2. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V
MI An-Nur Jampu, bertujuan untuk mendorong semangat belajar secara optimal.
Oleh karena itu, guru memberikan motivasi yang baik kepada siswa, maka
dalam diri siswa timbul minat,dorongan, semangat dan giat belajar Sejarah
Kebudayaan Islam.
B. Implikasi
Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1. Bagi guru dan calon guru, dalam menumbuhkan strategi guru harus meningkatkan kreativitas dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran sehingga siswa termotivasi dalam belajar khususnya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
2. Bagi siswa, adanya strategi pembelajaran guru untuk menumbuhkan motivasi
siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebaiknya ikut berperan
penting dalam kelancaran proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam yang telah direncanakan oleh guru dapat tercapai.
Ketersediaan
| STAR20200142 | 142/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
142/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
