Implementasi Media Visual Pada Matapelajaran IpsKelas Vb Di Min 7 Bone
Asmianti/02.18.5012 - Personal Name
Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana implementasi
media visual pada mata pelajaran IPS kelas VB di MIN 7 Bone, 2) untuk
mengetahui bagaimana tingkat kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam
mengimplementasikan media visual pada mata pelajaran IPS kelas VB di MIN 7
Bone, 3) untuk mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh peserta didik ketika
media visual diterapkan dalam pembelajaran IPS kelas VB di MIN 7 Bone.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Kualitatif dengan pendekatan
paedagogik, untuk memperoleh data yang diinginkan menggunakan data primer
dan data skunder.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu
mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media visual di MIN 7
Bone memanfaatkan dan menggunakan media visual berupa peta, sebagai
pendukung dalam proses pembelajaran IPS, menggunakan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP), dan strategi dalam proses pembelajaran. Adapun dampak
implementasi media visual berupa peta adalah peserta didik belum bisa membaca
dengan benar karena ukuran peta yang kurang besar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat
ditarik kesimpulan bahwa:
1. Implementasi media visual model dan grafis pada matapelajaran ips Kelas
VB di MIN 7 Bone dilakukan dalam 3 tahapan, yakni perencanaan,
pelakasanaan dan strategi dalam proses pembelajaran menggunakan media
visual.
2. Kesulitan yang dialalami guru dalam mengimplementasikan media visual
model dan grafis pada matapelajaran ips Kelas VB di MIN 7 Bone adalah
ukuran peta yang digunakan tidak terlalu besar, peserta didik belum bisa
membaca peta dengan baik dan benar, dan guru tidak memiliki latar
belakang pendidikan ilmu geografis.
3. Manfaat menerapkan media visual dalam pembelajaran ips Kelas VB di
MIN 7 Bone adalah peserta didik lebih fokus pada pembelajaran, peserta
didik lebih muda memahami pembelajaran ips, dan antusias peserta didik
lebih tinggi mengikuti pembelajaran.
B. Saran
1. Kepada guru, agar tetap sabar dan berusaha dalam meningkatkan dan
membuat pembelajaran ips semakin menarik agar peserta didik tertarik dan
antusias dalam mengikuti pembelajaran ips.
2. Kepada peserta didik, tetap semangat belajar dan tetap fokus dalam proses
belajar agar dapat memahami pelajaran dengan baik.
3. Kepada orang tua peserta didik, agar terus memperhatikan, membimbing,
dan membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.
media visual pada mata pelajaran IPS kelas VB di MIN 7 Bone, 2) untuk
mengetahui bagaimana tingkat kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam
mengimplementasikan media visual pada mata pelajaran IPS kelas VB di MIN 7
Bone, 3) untuk mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh peserta didik ketika
media visual diterapkan dalam pembelajaran IPS kelas VB di MIN 7 Bone.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Kualitatif dengan pendekatan
paedagogik, untuk memperoleh data yang diinginkan menggunakan data primer
dan data skunder.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu
mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media visual di MIN 7
Bone memanfaatkan dan menggunakan media visual berupa peta, sebagai
pendukung dalam proses pembelajaran IPS, menggunakan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP), dan strategi dalam proses pembelajaran. Adapun dampak
implementasi media visual berupa peta adalah peserta didik belum bisa membaca
dengan benar karena ukuran peta yang kurang besar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat
ditarik kesimpulan bahwa:
1. Implementasi media visual model dan grafis pada matapelajaran ips Kelas
VB di MIN 7 Bone dilakukan dalam 3 tahapan, yakni perencanaan,
pelakasanaan dan strategi dalam proses pembelajaran menggunakan media
visual.
2. Kesulitan yang dialalami guru dalam mengimplementasikan media visual
model dan grafis pada matapelajaran ips Kelas VB di MIN 7 Bone adalah
ukuran peta yang digunakan tidak terlalu besar, peserta didik belum bisa
membaca peta dengan baik dan benar, dan guru tidak memiliki latar
belakang pendidikan ilmu geografis.
3. Manfaat menerapkan media visual dalam pembelajaran ips Kelas VB di
MIN 7 Bone adalah peserta didik lebih fokus pada pembelajaran, peserta
didik lebih muda memahami pembelajaran ips, dan antusias peserta didik
lebih tinggi mengikuti pembelajaran.
B. Saran
1. Kepada guru, agar tetap sabar dan berusaha dalam meningkatkan dan
membuat pembelajaran ips semakin menarik agar peserta didik tertarik dan
antusias dalam mengikuti pembelajaran ips.
2. Kepada peserta didik, tetap semangat belajar dan tetap fokus dalam proses
belajar agar dapat memahami pelajaran dengan baik.
3. Kepada orang tua peserta didik, agar terus memperhatikan, membimbing,
dan membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20220373 | 373/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
373/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
