Pengaruh Strategi Outdoor Study dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI DDI Seppange Kec. Bengo Kab. Bone
Elda Yusmilyawati/02.15.5019 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi
outdoor study dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA
kelas IV MI DDI Seppange Kec. Bengo Kab. Bone Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-Test dan Post-Test. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Angket
digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa, sedangkan observasi dan
dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang mata pelajaran IPA dengan
menggunkan strategi outdoor study dan minat belajar siswa selama proses pembelajaran. Kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis statistik yaitu analisis uji t untuk mengetahui pengaruh strategi outdoor study
terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; minat belajar siswa sebelum menggunakan strategi outdoor study menunjukkan kategori tidak baik dan cukup
baik, Kedua; minat belajar siswa sesudah menggunakan strategi outdoor study
menunjukkan kategori baik dan sangat baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisis uji
t menunjukkan bahwa nilai t
adalah 4.88303 dan nilai t
yang diperoleh pada tabel distribusi nilai t taraf signifikansi 0,01 adalah 2.60248. Hal ini berarti hipotesis H diterima. Karena, terdapat pengaruh signifikan strategi outdoor study
dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI DDI
Seppange kec. Bengo Kab. Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah diuraikan dalam bab III
mengenai Pengaruh Strategi Outdoor Study Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran IPA Kelas IV di MI DDI Seppange Kec. Bengo Kab. Bone dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1.Pengaruh strategi outdoor study pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI DDI
Seppange Kec. Bengo Kab. Bone berjalan dengan baik, dalam proses
pembelajaran guru mengacu kepada Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP)
yang telah disiapkan sebelumnya, terdapat tiga kegiatan yaitu kegiatan awal,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Proses pembelajaran diterima dengan
antusias oleh siswa, sehingga minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA
meningkat.
2.Berdasarkan uji t yang telah dilakukan mengenai pre-test dan post-test
menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 4.88303 > 2.60248 dan hasil angket
dianalisis dengan menggunakan rating scale dan hasilnya masuk dalam
kategori “baik” Hal ini berarti hipotesis H diterima. Dengan demikian, ada
pengaruh yang signifikan penggunaan strategi outdoor study terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI DDI Seppange Kec.
Bengo Kab. Bone.
B. Implikasi
Telah terbuktinya strategi outdoor study dapat meningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran IPA, maka penulis sarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar agar menjadikan
strategi outdoor study sebagai suatu alternative untuk meningkatkan minat
belajar siswa
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti
dengan menggunakan bentuk strategi outdoor study lainnya, sehingga terdapat variasi
dalam penambahan wawasan tentang minat belajar siswa.
outdoor study dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA
kelas IV MI DDI Seppange Kec. Bengo Kab. Bone Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-Test dan Post-Test. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Angket
digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa, sedangkan observasi dan
dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang mata pelajaran IPA dengan
menggunkan strategi outdoor study dan minat belajar siswa selama proses pembelajaran. Kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis statistik yaitu analisis uji t untuk mengetahui pengaruh strategi outdoor study
terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; minat belajar siswa sebelum menggunakan strategi outdoor study menunjukkan kategori tidak baik dan cukup
baik, Kedua; minat belajar siswa sesudah menggunakan strategi outdoor study
menunjukkan kategori baik dan sangat baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisis uji
t menunjukkan bahwa nilai t
adalah 4.88303 dan nilai t
yang diperoleh pada tabel distribusi nilai t taraf signifikansi 0,01 adalah 2.60248. Hal ini berarti hipotesis H diterima. Karena, terdapat pengaruh signifikan strategi outdoor study
dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI DDI
Seppange kec. Bengo Kab. Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah diuraikan dalam bab III
mengenai Pengaruh Strategi Outdoor Study Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran IPA Kelas IV di MI DDI Seppange Kec. Bengo Kab. Bone dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1.Pengaruh strategi outdoor study pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI DDI
Seppange Kec. Bengo Kab. Bone berjalan dengan baik, dalam proses
pembelajaran guru mengacu kepada Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP)
yang telah disiapkan sebelumnya, terdapat tiga kegiatan yaitu kegiatan awal,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Proses pembelajaran diterima dengan
antusias oleh siswa, sehingga minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA
meningkat.
2.Berdasarkan uji t yang telah dilakukan mengenai pre-test dan post-test
menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 4.88303 > 2.60248 dan hasil angket
dianalisis dengan menggunakan rating scale dan hasilnya masuk dalam
kategori “baik” Hal ini berarti hipotesis H diterima. Dengan demikian, ada
pengaruh yang signifikan penggunaan strategi outdoor study terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI DDI Seppange Kec.
Bengo Kab. Bone.
B. Implikasi
Telah terbuktinya strategi outdoor study dapat meningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran IPA, maka penulis sarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar agar menjadikan
strategi outdoor study sebagai suatu alternative untuk meningkatkan minat
belajar siswa
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti
dengan menggunakan bentuk strategi outdoor study lainnya, sehingga terdapat variasi
dalam penambahan wawasan tentang minat belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20200141 | 141/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
141/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
