Analisis Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sd Inpres 7/83 Ujung Tanah Kec. Cenrana Kab. Bone
Farwana/02.18.5053 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi guru mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Inpres 7/83 Ujung Tanah. 2) Untuk
mengetahui keaktifan siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Inpres
7/83 Ujung Tanah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif
dengan pendekatan kuantitatif.. Selanjutnya dianalisis dengan cara menggunakan
rumus statistik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis kemampuan komunikasi guru
terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial SD Inpres 7/83
Ujung Tanah yaitu analisis data kemampuan komunikasi guru dengan presentase baik
dan analisis data keaktifan siswa diperoleh dengan presentase baik .
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi guru
berperan sangat penting dalam meningkatkan keaktifan siswa. Dengan adanya
komunikasi guru yang baik dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil analisis data tentang Kemampuan komunikasi guru di SD Inpres 7/83
Ujung Tanah dapat dilihat frekuensi tertinggi adalah 9 siswa dengan
presentase 42,85% yang memperoleh baik.
2. Hasil analisis data tentang keaktifan siswa di SD Inpres 7/83 Ujung Tanah
berada pada kategori interprestasi baik yang memiliki frekuensi terbanyak
yaitu 13 siswa dengan presentase 61,90%.
3. Hasil analisis kemampuan komunikasi guru terhadap keaktifan siswa
diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,967.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Kepada pimpinan sekolah diharapkan agar senantiasa menjalankan tugas dan
tanggung jawab dengan baik, dan tetap menjalani kerja sama yang dengan
bawahan agar mampu mencapai tujuan pendidikan dengan baik.
2. Kepada para pendidik agar senantiasa meningkatkan kompetensinya agar
mampu memberikan pengajaran yang baik kepada peserta didik sehingga
mampu menjadikan mereka sebagai generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Inpres 7/83 Ujung Tanah. 2) Untuk
mengetahui keaktifan siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Inpres
7/83 Ujung Tanah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif
dengan pendekatan kuantitatif.. Selanjutnya dianalisis dengan cara menggunakan
rumus statistik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis kemampuan komunikasi guru
terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial SD Inpres 7/83
Ujung Tanah yaitu analisis data kemampuan komunikasi guru dengan presentase baik
dan analisis data keaktifan siswa diperoleh dengan presentase baik .
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi guru
berperan sangat penting dalam meningkatkan keaktifan siswa. Dengan adanya
komunikasi guru yang baik dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil analisis data tentang Kemampuan komunikasi guru di SD Inpres 7/83
Ujung Tanah dapat dilihat frekuensi tertinggi adalah 9 siswa dengan
presentase 42,85% yang memperoleh baik.
2. Hasil analisis data tentang keaktifan siswa di SD Inpres 7/83 Ujung Tanah
berada pada kategori interprestasi baik yang memiliki frekuensi terbanyak
yaitu 13 siswa dengan presentase 61,90%.
3. Hasil analisis kemampuan komunikasi guru terhadap keaktifan siswa
diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,967.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Kepada pimpinan sekolah diharapkan agar senantiasa menjalankan tugas dan
tanggung jawab dengan baik, dan tetap menjalani kerja sama yang dengan
bawahan agar mampu mencapai tujuan pendidikan dengan baik.
2. Kepada para pendidik agar senantiasa meningkatkan kompetensinya agar
mampu memberikan pengajaran yang baik kepada peserta didik sehingga
mampu menjadikan mereka sebagai generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.
Ketersediaan
| STAR2022034 | 346/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
346/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
