Analisis Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Pembelajaran Peserta Didik Di Masa Pandemi Di Sdn 247 Padatuo
Dasliana/02.18.3068 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang analisis pengelolaan sarana dan
prasarana dalam menunjang pembelajaran peserta didik di masa pandemi di
SDN 247 Padatuo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis
pegelolaan sarana dan prasarana dan metode pembelajaran peserta didik
dimasa pandemi di SDN 247 Padatuo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif
(qualitative), dengan pendekatan manajemen dan pendekatan pedagogik.
Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengelolaan sarana dan
prasarana di SDN 247 Padatuo terlihat bahwa pihak yang terlibat dalam
manunjang kelancaran suatu Pendidikan sarana dan prasarana sesuai dengan fungsi
dan fasilitas yang ada di SDN 247 Padatuo. Hal ini dapat dilihat dari tenaga Pendidik
yang berpartisipasi dalam melakukan pengecekan, meskipun dalam pemeliharaan
semua guru yang terkait dalam suatu lembaga mempunyai tanggung jawab akan
sarana dan prasarana yang ada di sekolah. 2) metode pembelajaran peserta didik
di masa pandemi di SDN 247 Padatuo, telah disesuaikan dengan kondisi. Setelah
melakukan penelitian, tenaga kependidikan di sekolah ini yakni, komunikasi dalam
pembelajaran peserta didik dimana pengendalian dalam pembelajaran dengan cara
melakukan kunjungan disetiap rumah masing-masing peserta didik, dan membagi
kelompok-kelompok belajar peserta didik karena terkendala oleh jaringan internet
dan dimana sekolah di wajibkan belajar daring atau belajar jarak jauh. Media yang
digunakan berupa handpone untuk memudahkan belajar dan memberikan informasi,
dan metode yang digunakan cukup efektif yaitu metode e-learning adalah salah satu
penunjang pembelajaran peserta didik di masa pandemi karena tidak banyak
mengeluarkan biaya apalagi bagi peserta didik yang kurang mampu dan mobil
learning juga merupakan salah satu menunjang pembelajaran peserta didik di masa
pandemi karena di haruskan belajar daring atau belajar melalui jarak jauh dan
memanfaatkan alat teknologi seperti handpone untuk lebih memudahkan dalam
pembelajaran daring, sehingga dalam pembelajaran daring bisa berjalan dengan
efektif dan efesien.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa:
1. Analisis pengelolaan sarana dan prasarana di SDN 247 Padatuo sangat baik
dan efesien. Berdasarkan hasil observasi dan penelitian terlihat bahwa pihak
yang terlibat dalam pengelolaan sarana dan prasarana di SDN 247 Padatuo
yang manunjang kelancaran suatu Pendidikan sarana dan prasarana sesuai
dengan fungsi dari fasilitas tersebut. Hal ini dapat dilihat dari tenaga
pendidikan yang berpartisipasi dalam melakukan pengecekan. Program
pengadaan yang terlebih dahulu melakukan sebuah perencanaan untuk
mengetahui hal-hal apa saja yang harus ditetapkan sehingga dalam melakukan
pengadaan tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Dalam
pemeliharaan semua guru yang terkait dalam suatu lembaga mempunyai
tanggung jawab akan sarana dan prasarana yang telah disediakan. Dengan
adanya sarana dan prasarana yang memadai peserta didik memaksimalkan
hasil belajarnya.
2. Metode pembelajaran peserta didik diSDN 247 Padatuo dengan menyesuaikan
kondisi. Setelah melakukan penelitian, komunikasi dalam pembelajaran
peserta didik dimana pengendalian dalam pembelajran dengan cara
melakukan kunjungan disetiap rumah peserta didik untuk itu setiap peserta
didik yang dikunjungi akan mengumpulkan tugas yang diberikan. Selain dari
itu adanya motivasi yang di berikan kepada peserta didik di SDN 247 Padatuo
yaitu dengan membagi kelompok-kelompok belajara karena terkanda oleh
jaringan dan sekolah juga di wajibkan untuk belajar secara daring. Dan media
yang digunakan berupa handphone untuk memudahkan pembelajaran
berlangsung, dan metode yang digunakan cukup efektif yaitu metode
pembelajaran e-learning salah satu penunjang pembelajaran pada saat
pandemi ini dan membuat peserta didik lebih tidak banyak mengeluarkan
biaya apalagi pada peserta didik yang kurang mampu dan memudahkan
peserta didik untuk belajar di mana saja. mobil learning juga merupakan salah
satu penunjang pembelajaran di masa pandemi karena peserta didik
diharuskan belajar daring dan memanfaatkan alat teknologi seperti handpone
membuat peserta didik lebih mudah dalam pembelajaran daring.
B. Impilikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis
mengemukakan beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Kepala sekolah agar senantiasa selalu menjadi pemimpin yang ada disekolah
dan menjalankan tugasnya dengan baik dalam pengelolaan sarana dan
prasarana karena keberhasilan suatu sekolah dilihat dari kepemimpinan kepala
sekolah baik perannya sebagai pemimpin sekolah maupun pengelolaan sarana
dan prasarana yang ada disekolah.
2. Tenaga kependidikan (Staf Tata Usaha) agar selalu menjalankan tugasnya
dengan baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.
Hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya dengan
megambil tema Pendidikan akan tetapi penelitian menyarankan bahwa untuk
penelitian selanjutnya lebih memperhatikan bukti terlampir maka penelitian tersebut
dikatakan belum kongkrit apalagi penelitian membahas tetang Analisis Pengelolaan
Sarana dan Prasaran dalam Menunjang Pembelajaran Peserta Didik Di Masa Pandemi
di SDN 247 Padatuo.
prasarana dalam menunjang pembelajaran peserta didik di masa pandemi di
SDN 247 Padatuo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis
pegelolaan sarana dan prasarana dan metode pembelajaran peserta didik
dimasa pandemi di SDN 247 Padatuo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif
(qualitative), dengan pendekatan manajemen dan pendekatan pedagogik.
Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengelolaan sarana dan
prasarana di SDN 247 Padatuo terlihat bahwa pihak yang terlibat dalam
manunjang kelancaran suatu Pendidikan sarana dan prasarana sesuai dengan fungsi
dan fasilitas yang ada di SDN 247 Padatuo. Hal ini dapat dilihat dari tenaga Pendidik
yang berpartisipasi dalam melakukan pengecekan, meskipun dalam pemeliharaan
semua guru yang terkait dalam suatu lembaga mempunyai tanggung jawab akan
sarana dan prasarana yang ada di sekolah. 2) metode pembelajaran peserta didik
di masa pandemi di SDN 247 Padatuo, telah disesuaikan dengan kondisi. Setelah
melakukan penelitian, tenaga kependidikan di sekolah ini yakni, komunikasi dalam
pembelajaran peserta didik dimana pengendalian dalam pembelajaran dengan cara
melakukan kunjungan disetiap rumah masing-masing peserta didik, dan membagi
kelompok-kelompok belajar peserta didik karena terkendala oleh jaringan internet
dan dimana sekolah di wajibkan belajar daring atau belajar jarak jauh. Media yang
digunakan berupa handpone untuk memudahkan belajar dan memberikan informasi,
dan metode yang digunakan cukup efektif yaitu metode e-learning adalah salah satu
penunjang pembelajaran peserta didik di masa pandemi karena tidak banyak
mengeluarkan biaya apalagi bagi peserta didik yang kurang mampu dan mobil
learning juga merupakan salah satu menunjang pembelajaran peserta didik di masa
pandemi karena di haruskan belajar daring atau belajar melalui jarak jauh dan
memanfaatkan alat teknologi seperti handpone untuk lebih memudahkan dalam
pembelajaran daring, sehingga dalam pembelajaran daring bisa berjalan dengan
efektif dan efesien.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan
bahwa:
1. Analisis pengelolaan sarana dan prasarana di SDN 247 Padatuo sangat baik
dan efesien. Berdasarkan hasil observasi dan penelitian terlihat bahwa pihak
yang terlibat dalam pengelolaan sarana dan prasarana di SDN 247 Padatuo
yang manunjang kelancaran suatu Pendidikan sarana dan prasarana sesuai
dengan fungsi dari fasilitas tersebut. Hal ini dapat dilihat dari tenaga
pendidikan yang berpartisipasi dalam melakukan pengecekan. Program
pengadaan yang terlebih dahulu melakukan sebuah perencanaan untuk
mengetahui hal-hal apa saja yang harus ditetapkan sehingga dalam melakukan
pengadaan tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Dalam
pemeliharaan semua guru yang terkait dalam suatu lembaga mempunyai
tanggung jawab akan sarana dan prasarana yang telah disediakan. Dengan
adanya sarana dan prasarana yang memadai peserta didik memaksimalkan
hasil belajarnya.
2. Metode pembelajaran peserta didik diSDN 247 Padatuo dengan menyesuaikan
kondisi. Setelah melakukan penelitian, komunikasi dalam pembelajaran
peserta didik dimana pengendalian dalam pembelajran dengan cara
melakukan kunjungan disetiap rumah peserta didik untuk itu setiap peserta
didik yang dikunjungi akan mengumpulkan tugas yang diberikan. Selain dari
itu adanya motivasi yang di berikan kepada peserta didik di SDN 247 Padatuo
yaitu dengan membagi kelompok-kelompok belajara karena terkanda oleh
jaringan dan sekolah juga di wajibkan untuk belajar secara daring. Dan media
yang digunakan berupa handphone untuk memudahkan pembelajaran
berlangsung, dan metode yang digunakan cukup efektif yaitu metode
pembelajaran e-learning salah satu penunjang pembelajaran pada saat
pandemi ini dan membuat peserta didik lebih tidak banyak mengeluarkan
biaya apalagi pada peserta didik yang kurang mampu dan memudahkan
peserta didik untuk belajar di mana saja. mobil learning juga merupakan salah
satu penunjang pembelajaran di masa pandemi karena peserta didik
diharuskan belajar daring dan memanfaatkan alat teknologi seperti handpone
membuat peserta didik lebih mudah dalam pembelajaran daring.
B. Impilikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis
mengemukakan beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Kepala sekolah agar senantiasa selalu menjadi pemimpin yang ada disekolah
dan menjalankan tugasnya dengan baik dalam pengelolaan sarana dan
prasarana karena keberhasilan suatu sekolah dilihat dari kepemimpinan kepala
sekolah baik perannya sebagai pemimpin sekolah maupun pengelolaan sarana
dan prasarana yang ada disekolah.
2. Tenaga kependidikan (Staf Tata Usaha) agar selalu menjalankan tugasnya
dengan baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.
Hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya dengan
megambil tema Pendidikan akan tetapi penelitian menyarankan bahwa untuk
penelitian selanjutnya lebih memperhatikan bukti terlampir maka penelitian tersebut
dikatakan belum kongkrit apalagi penelitian membahas tetang Analisis Pengelolaan
Sarana dan Prasaran dalam Menunjang Pembelajaran Peserta Didik Di Masa Pandemi
di SDN 247 Padatuo.
Ketersediaan
| STAR20220041 | 41/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
41/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
