Implementasi Kegiatan Literasi Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Mi Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang implementasi kegiatan literasi al-Qur‟an
terhadap peningkatan kemampuan belajar peserta didik di MI Al-Kadariah Congko
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk
mengetahui pelaksanaan literasi al-Qur‟an, peningkatan kemampuan belajar peserta
didik serta kontribusi literasi al-Qur‟anterhadap peningkatan kemampuan belajar
peserta didik di MI Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen, dan pendekatan pedagogik.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Literasi al-Qur‟andi MI
Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dilaksanakan dengan
baik. Hal ini dapat dilihat dari tindakan guru yang dilakukan secara internal yakni
menumbuhkan sikap siswa, memotivasi siswa,meningkatkan konsentrasi siswa,
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengolah literasi, menumbuhkan rasa
percaya diri peserta didik serta memotivasi siswa untuk menggapai cita-cita melalui
pelaksanaan literasi al-Qur‟an. 2) Peningkatan kemampuan belajar peserta didik di MI
Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone diukur dari segi kognitif,
apektif dan psikomotor. Dari segi kognitif menyangkut prestasi belajar pengetahuan
hafalan siswa dalam literasi al-Qur‟an, pemahaman siswa terhadap literasi al-Qur‟an,
keterampilan analisis siswa dalam literasi al-Qur‟an, kemampuan sintesis dalam
literasi al-Qur‟andan evaluasi hasil belajar siswa dalam literasi al-Qur‟an. Dari segi
apektif menyangkut minat belajar siswa serta respon siswa terhadap pembelajaran
literasi al-Qur‟an. Sedangkan dari segi kognitif menyangkut keterampilan siswa,
kemampuan perspektual, kemampuan dibidang fisik serta kemampuan siswa yang
berkenaan dengan skill dalam literasi al-Qur‟an.
3) Kontribusi literasi al-Qur‟an terhadap peningkatan kemampuan belajar peserta
didik di MI Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yakni
kegiatan literasi al-Qur‟anmenambah minat siswa dalam membaca al-Qur‟an,
kegiatan literasi al-Qur‟anmemberikan motivasi kepada siswa dalam
membudidayakan membaca al-Qur‟anserta kegiatan literasi al-Qur‟anmemberikan
pendidikan akhlak terhadap siswa dengan memahami ayat yang dibaca.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Pelaksanaan Literasi al-Qur’andi MI Al-Kadariah Congko Kecamatan
Barebbo Kabupaten Bone dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat
dari tindakan guru yang dilakukan secara internal yakni menumbuhkan sikap
siswa, memotivasi siswa,meningkatkan konsentrasi siswa, meningkatkan
kemampuan siswa dalam mengolah literasi, menumbuhkan rasa percaya diri
peserta didik serta memotivasi siswa untuk menggapai cita-cita melalui
pelaksanaan literasi al-Qur’an.
2. Peningkatan kemampuan belajar peserta didik di MI Al-Kadariah Congko
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone diukur dari segi kognitif, apektif dan
psikomotor. Dari segi kognitif menyangkut prestasi belajar pengetahuan
hafalan siswa dalam literasi al-Qur’an, pemahaman siswa terhadap literasi
al-Qur’an, keterampilan analisis siswa dalam literasi al-Qur’an, kemampuan
sintesis dalam literasi al-Qur’andan evaluasi hasil belajar siswa dalam
literasi al-Qur’an. Dari segi apektif menyangkut minat belajar siswa serta
respon siswa terhadap pembelajaran literasi al-Qur’an. Sedangkan dari segi
kognitif menyangkut keterampilan siswa, kemampuan perspektual,
kemampuan dibidang fisik serta kemampuan siswa yang berkenaan dengan
skill dalam literasi al-Qur’an.
3. Kontribusi literasi al-Qur’anterhadap peningkatan kemampuan belajar
peserta didik di MI Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone yakni kegiatan literasi al-Qur’anmenambah minat siswa dalam
membaca al-Qur’an, kegiatan literasi al-Qur’anmemberikan motivasi kepada
siswa dalam membudidayakan membaca al-Qur’anserta kegiatan literasi al-
Qur’anmemberikan pendidikan akhlak terhadap siswa dengan memahami
ayat yang dibaca.
B. Implikasi
Sebagai catatan penutup kajian ini, penulis menyampaikan implikasi
sebagai berikut:
1. Literasi al-Qur’ansebaiknya dilakukan setiap hari sebelum pelajaran dimulai
baik pelajaran umum maupun pelajaran khusus meskipun membaca al-
Qur’annya hanya beberapa menit saja.
2. Dalam pemberian materi selama kegiatan sebaikny a diberikan materi
tentang pendidikan akhlak pada siswa agar sikap dan tingkah laku yang baik
dapat siswa terapkan baik selama mengikuti kegiatan dengan mematuhi
aturan kegiatan literasi al-Qur’anmaupun diluar kegiatan.
3. Dalam pelaksanaan literasi al-Qur’anagar selama mengikuti kegiatan, guru
memberikan penilaian khusus sehingga siswa lebih serius dalam mengikuti
kegiatan sebagaimana bentuk didikan bagi siswa untuk mematuhi aturan
selama kegiatan.
Ketersediaan
STAR202204542/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

45/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top