Implementasi Kegiatan Literasi Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Mi Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Hardiana/02.18.3013 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang implementasi kegiatan literasi al-Qur‟an
terhadap peningkatan kemampuan belajar peserta didik di MI Al-Kadariah Congko
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk
mengetahui pelaksanaan literasi al-Qur‟an, peningkatan kemampuan belajar peserta
didik serta kontribusi literasi al-Qur‟anterhadap peningkatan kemampuan belajar
peserta didik di MI Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen, dan pendekatan pedagogik.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Literasi al-Qur‟andi MI
Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dilaksanakan dengan
baik. Hal ini dapat dilihat dari tindakan guru yang dilakukan secara internal yakni
menumbuhkan sikap siswa, memotivasi siswa,meningkatkan konsentrasi siswa,
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengolah literasi, menumbuhkan rasa
percaya diri peserta didik serta memotivasi siswa untuk menggapai cita-cita melalui
pelaksanaan literasi al-Qur‟an. 2) Peningkatan kemampuan belajar peserta didik di MI
Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone diukur dari segi kognitif,
apektif dan psikomotor. Dari segi kognitif menyangkut prestasi belajar pengetahuan
hafalan siswa dalam literasi al-Qur‟an, pemahaman siswa terhadap literasi al-Qur‟an,
keterampilan analisis siswa dalam literasi al-Qur‟an, kemampuan sintesis dalam
literasi al-Qur‟andan evaluasi hasil belajar siswa dalam literasi al-Qur‟an. Dari segi
apektif menyangkut minat belajar siswa serta respon siswa terhadap pembelajaran
literasi al-Qur‟an. Sedangkan dari segi kognitif menyangkut keterampilan siswa,
kemampuan perspektual, kemampuan dibidang fisik serta kemampuan siswa yang
berkenaan dengan skill dalam literasi al-Qur‟an.
3) Kontribusi literasi al-Qur‟an terhadap peningkatan kemampuan belajar peserta
didik di MI Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yakni
kegiatan literasi al-Qur‟anmenambah minat siswa dalam membaca al-Qur‟an,
kegiatan literasi al-Qur‟anmemberikan motivasi kepada siswa dalam
membudidayakan membaca al-Qur‟anserta kegiatan literasi al-Qur‟anmemberikan
pendidikan akhlak terhadap siswa dengan memahami ayat yang dibaca.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Pelaksanaan Literasi al-Qur’andi MI Al-Kadariah Congko Kecamatan
Barebbo Kabupaten Bone dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat
dari tindakan guru yang dilakukan secara internal yakni menumbuhkan sikap
siswa, memotivasi siswa,meningkatkan konsentrasi siswa, meningkatkan
kemampuan siswa dalam mengolah literasi, menumbuhkan rasa percaya diri
peserta didik serta memotivasi siswa untuk menggapai cita-cita melalui
pelaksanaan literasi al-Qur’an.
2. Peningkatan kemampuan belajar peserta didik di MI Al-Kadariah Congko
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone diukur dari segi kognitif, apektif dan
psikomotor. Dari segi kognitif menyangkut prestasi belajar pengetahuan
hafalan siswa dalam literasi al-Qur’an, pemahaman siswa terhadap literasi
al-Qur’an, keterampilan analisis siswa dalam literasi al-Qur’an, kemampuan
sintesis dalam literasi al-Qur’andan evaluasi hasil belajar siswa dalam
literasi al-Qur’an. Dari segi apektif menyangkut minat belajar siswa serta
respon siswa terhadap pembelajaran literasi al-Qur’an. Sedangkan dari segi
kognitif menyangkut keterampilan siswa, kemampuan perspektual,
kemampuan dibidang fisik serta kemampuan siswa yang berkenaan dengan
skill dalam literasi al-Qur’an.
3. Kontribusi literasi al-Qur’anterhadap peningkatan kemampuan belajar
peserta didik di MI Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone yakni kegiatan literasi al-Qur’anmenambah minat siswa dalam
membaca al-Qur’an, kegiatan literasi al-Qur’anmemberikan motivasi kepada
siswa dalam membudidayakan membaca al-Qur’anserta kegiatan literasi al-
Qur’anmemberikan pendidikan akhlak terhadap siswa dengan memahami
ayat yang dibaca.
B. Implikasi
Sebagai catatan penutup kajian ini, penulis menyampaikan implikasi
sebagai berikut:
1. Literasi al-Qur’ansebaiknya dilakukan setiap hari sebelum pelajaran dimulai
baik pelajaran umum maupun pelajaran khusus meskipun membaca al-
Qur’annya hanya beberapa menit saja.
2. Dalam pemberian materi selama kegiatan sebaikny a diberikan materi
tentang pendidikan akhlak pada siswa agar sikap dan tingkah laku yang baik
dapat siswa terapkan baik selama mengikuti kegiatan dengan mematuhi
aturan kegiatan literasi al-Qur’anmaupun diluar kegiatan.
3. Dalam pelaksanaan literasi al-Qur’anagar selama mengikuti kegiatan, guru
memberikan penilaian khusus sehingga siswa lebih serius dalam mengikuti
kegiatan sebagaimana bentuk didikan bagi siswa untuk mematuhi aturan
selama kegiatan.
terhadap peningkatan kemampuan belajar peserta didik di MI Al-Kadariah Congko
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk
mengetahui pelaksanaan literasi al-Qur‟an, peningkatan kemampuan belajar peserta
didik serta kontribusi literasi al-Qur‟anterhadap peningkatan kemampuan belajar
peserta didik di MI Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen, dan pendekatan pedagogik.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Literasi al-Qur‟andi MI
Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dilaksanakan dengan
baik. Hal ini dapat dilihat dari tindakan guru yang dilakukan secara internal yakni
menumbuhkan sikap siswa, memotivasi siswa,meningkatkan konsentrasi siswa,
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengolah literasi, menumbuhkan rasa
percaya diri peserta didik serta memotivasi siswa untuk menggapai cita-cita melalui
pelaksanaan literasi al-Qur‟an. 2) Peningkatan kemampuan belajar peserta didik di MI
Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone diukur dari segi kognitif,
apektif dan psikomotor. Dari segi kognitif menyangkut prestasi belajar pengetahuan
hafalan siswa dalam literasi al-Qur‟an, pemahaman siswa terhadap literasi al-Qur‟an,
keterampilan analisis siswa dalam literasi al-Qur‟an, kemampuan sintesis dalam
literasi al-Qur‟andan evaluasi hasil belajar siswa dalam literasi al-Qur‟an. Dari segi
apektif menyangkut minat belajar siswa serta respon siswa terhadap pembelajaran
literasi al-Qur‟an. Sedangkan dari segi kognitif menyangkut keterampilan siswa,
kemampuan perspektual, kemampuan dibidang fisik serta kemampuan siswa yang
berkenaan dengan skill dalam literasi al-Qur‟an.
3) Kontribusi literasi al-Qur‟an terhadap peningkatan kemampuan belajar peserta
didik di MI Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yakni
kegiatan literasi al-Qur‟anmenambah minat siswa dalam membaca al-Qur‟an,
kegiatan literasi al-Qur‟anmemberikan motivasi kepada siswa dalam
membudidayakan membaca al-Qur‟anserta kegiatan literasi al-Qur‟anmemberikan
pendidikan akhlak terhadap siswa dengan memahami ayat yang dibaca.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Pelaksanaan Literasi al-Qur’andi MI Al-Kadariah Congko Kecamatan
Barebbo Kabupaten Bone dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat
dari tindakan guru yang dilakukan secara internal yakni menumbuhkan sikap
siswa, memotivasi siswa,meningkatkan konsentrasi siswa, meningkatkan
kemampuan siswa dalam mengolah literasi, menumbuhkan rasa percaya diri
peserta didik serta memotivasi siswa untuk menggapai cita-cita melalui
pelaksanaan literasi al-Qur’an.
2. Peningkatan kemampuan belajar peserta didik di MI Al-Kadariah Congko
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone diukur dari segi kognitif, apektif dan
psikomotor. Dari segi kognitif menyangkut prestasi belajar pengetahuan
hafalan siswa dalam literasi al-Qur’an, pemahaman siswa terhadap literasi
al-Qur’an, keterampilan analisis siswa dalam literasi al-Qur’an, kemampuan
sintesis dalam literasi al-Qur’andan evaluasi hasil belajar siswa dalam
literasi al-Qur’an. Dari segi apektif menyangkut minat belajar siswa serta
respon siswa terhadap pembelajaran literasi al-Qur’an. Sedangkan dari segi
kognitif menyangkut keterampilan siswa, kemampuan perspektual,
kemampuan dibidang fisik serta kemampuan siswa yang berkenaan dengan
skill dalam literasi al-Qur’an.
3. Kontribusi literasi al-Qur’anterhadap peningkatan kemampuan belajar
peserta didik di MI Al-Kadariah Congko Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone yakni kegiatan literasi al-Qur’anmenambah minat siswa dalam
membaca al-Qur’an, kegiatan literasi al-Qur’anmemberikan motivasi kepada
siswa dalam membudidayakan membaca al-Qur’anserta kegiatan literasi al-
Qur’anmemberikan pendidikan akhlak terhadap siswa dengan memahami
ayat yang dibaca.
B. Implikasi
Sebagai catatan penutup kajian ini, penulis menyampaikan implikasi
sebagai berikut:
1. Literasi al-Qur’ansebaiknya dilakukan setiap hari sebelum pelajaran dimulai
baik pelajaran umum maupun pelajaran khusus meskipun membaca al-
Qur’annya hanya beberapa menit saja.
2. Dalam pemberian materi selama kegiatan sebaikny a diberikan materi
tentang pendidikan akhlak pada siswa agar sikap dan tingkah laku yang baik
dapat siswa terapkan baik selama mengikuti kegiatan dengan mematuhi
aturan kegiatan literasi al-Qur’anmaupun diluar kegiatan.
3. Dalam pelaksanaan literasi al-Qur’anagar selama mengikuti kegiatan, guru
memberikan penilaian khusus sehingga siswa lebih serius dalam mengikuti
kegiatan sebagaimana bentuk didikan bagi siswa untuk mematuhi aturan
selama kegiatan.
Ketersediaan
| STAR2022045 | 42/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
45/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
