Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Narasi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone
Serliana/02.18.5059 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana analisis pelaksanaan
kemampuan membaca pemahaman Narasi siswa kelas V Madarasah Ibtidaiyah (MI) Al-
Amin Cabalu Kabupaten Bone”. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di Lapangan
untuk memperoleh data yang diperlukan dan penelitian yang objeknya mengenai gejala-
gejala atau peristiwa yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat. Adapun tekhnik yang
digunakan antara lain: Observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data yang
digunakan yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-
Amin Cabalu dalam membaca pemahaman narasi Putri Gisela masih tergolong rendah
disebabkan beberapa faktor: (a) Siswa tidak serius dalam belajar, (b) Siswa tidak
mengerti dengan narasi tentang cerita rakyat yang berjudul Putri Gisela, (c) Siswa tidak
dapat memilih Informasi yang cocok dengan topik bacaan, (d) Siswa tidak mampu
menceritakan dengan baik menggunakan kata-kata sendiri mengenai narasi Putri Gisela.
Hambatan-hambatan siswa dalam membaca pemahaman narasi Putri Gisela yaitu (a)
siswa kesulitan dalam menjawab pertanyaan dengan benar, (b) kesulitan dalam
menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan, (c) siswa tidak dapat menyimpulkan isi
narasi putri Gisela
A. SIMPULAN
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bagaimana Analisis Pelaksanaan
Kemampuan Membaca Pemahaman Narasi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah
(MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa kemampuan siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Cabalu dalam
membaca pemahaman narasi Putri Gisela masih tergolong rendah disebabkan
beberapa faktor mulai dari siswa tidak serius dalam belajar sampai siswa tidak
mengerti dengan pembelajaran contohnya siswa tidak dapat memilih Informasi
yang cocok dengan topik bacaan sampai siswa tidak mampu menceritakan dengan
baik menggunakan kata-kata sendiri sesuai apa yang sudah dipahami dalam teks
karena siswa hanya sekedar membaca saja tapi dalam tahap pengevaluasian siswa
semangat.
Hambatan Membaca Pemahaman Narasi Siswa Kelas V Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, dengan demikian dapat
disimpulkan hambatan-hambatan siswa dalam membaca pemahaman narasi mulai
dari siswa kesulitan dalam menjawab pertanyaan dengan benar, kesulitan dalam
menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan, sampai siswa kesulitan dalam
menceritakan kembali isi bacaan.
B. IMPLIKASI
Setelah mengadakan penelitian mengenai Analisis Kemampuan
Membaca Pemahaman Narasi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, maka saran yang penulis sampaikan
adalah sebagai berikut:
1. Kemampuan siswa dalam membaca pemahaman narasi Putri Gisela siswa
kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone
msih rendah, maka diharapkan guru kelas mampu meningkatkan
semangat dan kreativitas dan mengembangkan minat membaca siswa.
2. Guru diharapkan berupaya lebih ekstra lagi dalam mengurangi rendahnya
kemampuan membaca pemahaman narasi siswa kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Al-Amin Cabalu.
kemampuan membaca pemahaman Narasi siswa kelas V Madarasah Ibtidaiyah (MI) Al-
Amin Cabalu Kabupaten Bone”. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di Lapangan
untuk memperoleh data yang diperlukan dan penelitian yang objeknya mengenai gejala-
gejala atau peristiwa yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat. Adapun tekhnik yang
digunakan antara lain: Observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data yang
digunakan yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-
Amin Cabalu dalam membaca pemahaman narasi Putri Gisela masih tergolong rendah
disebabkan beberapa faktor: (a) Siswa tidak serius dalam belajar, (b) Siswa tidak
mengerti dengan narasi tentang cerita rakyat yang berjudul Putri Gisela, (c) Siswa tidak
dapat memilih Informasi yang cocok dengan topik bacaan, (d) Siswa tidak mampu
menceritakan dengan baik menggunakan kata-kata sendiri mengenai narasi Putri Gisela.
Hambatan-hambatan siswa dalam membaca pemahaman narasi Putri Gisela yaitu (a)
siswa kesulitan dalam menjawab pertanyaan dengan benar, (b) kesulitan dalam
menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan, (c) siswa tidak dapat menyimpulkan isi
narasi putri Gisela
A. SIMPULAN
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bagaimana Analisis Pelaksanaan
Kemampuan Membaca Pemahaman Narasi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah
(MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa kemampuan siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Cabalu dalam
membaca pemahaman narasi Putri Gisela masih tergolong rendah disebabkan
beberapa faktor mulai dari siswa tidak serius dalam belajar sampai siswa tidak
mengerti dengan pembelajaran contohnya siswa tidak dapat memilih Informasi
yang cocok dengan topik bacaan sampai siswa tidak mampu menceritakan dengan
baik menggunakan kata-kata sendiri sesuai apa yang sudah dipahami dalam teks
karena siswa hanya sekedar membaca saja tapi dalam tahap pengevaluasian siswa
semangat.
Hambatan Membaca Pemahaman Narasi Siswa Kelas V Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, dengan demikian dapat
disimpulkan hambatan-hambatan siswa dalam membaca pemahaman narasi mulai
dari siswa kesulitan dalam menjawab pertanyaan dengan benar, kesulitan dalam
menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan, sampai siswa kesulitan dalam
menceritakan kembali isi bacaan.
B. IMPLIKASI
Setelah mengadakan penelitian mengenai Analisis Kemampuan
Membaca Pemahaman Narasi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, maka saran yang penulis sampaikan
adalah sebagai berikut:
1. Kemampuan siswa dalam membaca pemahaman narasi Putri Gisela siswa
kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone
msih rendah, maka diharapkan guru kelas mampu meningkatkan
semangat dan kreativitas dan mengembangkan minat membaca siswa.
2. Guru diharapkan berupaya lebih ekstra lagi dalam mengurangi rendahnya
kemampuan membaca pemahaman narasi siswa kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Al-Amin Cabalu.
Ketersediaan
| STAR20220154 | 154/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
154/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
