Urgensi Penerapan Metode Reward Terhadap Motivasi Siswa Untuk Menghapal al-Qur’an Di Kelas Tahfidzul Qur’an Mts Negeri 1 Bone.

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana penerapan metode
reward di kelas Tahfidzul Qur’an MTs Negeri 1 Bone, untuk mengatahui motivasi
siswa dalam menghapalkan al-Qur’an di MTs Negeri 1 Bone dan faktor pendukung
dan penghambat dalam menghafal al-Qur’an. Penulis melakukan pendekatan
paedagogik, pendekatan Ethnography dan pendekatan psikologis, serta melakukan
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif qualitatiif dengan tiga tahap yaitu reduksi, penyajiann data (display
data) dan tahap kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dari penelitian terkait urgensi penerapan metode reward
terhadap motivasi siswa untuk menghapalkan al-Qur’an di kelas tahfidzul Qur’an MTs
Negeri 1 Bone, yakni: 1) penerapan metode reward di kelas tahfidzhul Qur’an yaitu
berupa reward berupa pujian, nasehat-nasehat yang membangun, serta piagam
penghargaan bagi siswa yang mampu mencapai target menghapalkan al-Qur’an dalam
jangka waktu 1 Juz 2 bulan dan juga pemberian hadiah bagi siswa yang jumlah
hafalannya lebih banyak dari teman-temannya. 2) motivasi siswa dalam menghapal al-
Qur’an dengan pemberian reward (penghargaan) sudah sangat baik karena terbukti
dengan jumlah hafalan yang meningkat, 3) Faktor pendukung dalam menghafal al-
Qur’an yang sangat penting adalah kemampuan membaca al-Qur’an, manajament
waktu, sifat sabar, tempat menghafal dan motivasi orang terdekat seperti guru
pembimbing. Dan adapun faktor yang penghambat dalam menghafal al-Qur’an adalah
beralih bidang lain, belum istiqamah, malas melakukan muroja’ah dan kurang
mendapat motivasi dari orang terdekat utamanya orangtua sehingga menjadikan
semangat siswa berkurang untuk menghafal al-Qur’an.
Dari penerapan metode reward dalam menghapalkan al-Qur’an di kelas
Tahfidz MTs Negeri 1 Bone, terbukti bahwa dapat meningkatkan motivasi siswa
dalam menghapalkan al-Qur’an dengan kemampuan mengahapal siswanya kurang
lebih 2-8 juz selama 2 tahun.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan dilanjutkan dengan penganalisaan serta penafsiran data
yang telah penulis lakukan tentang Urgensi Penerapan Metode Reward Terhadap
Motivasi Siswa Untuk Menghapal al-Quran MTsN 1 Bone, maka penulis dapat
menyimpulkan:
1. Penerapan metode reward terhadap motivasi siswa untuk menghapal al-Qur’an
dengan bentuk reward berupa pujian, nasehat-nasehat yang membangun untuk
meningkatkan hapalan al-Qur’annya, serta berupa piagam penghargaan
terhadap siswa/siswi penghapal al-Qur’an yang berhasil mencapai target, dan
juga berupa hadiah bagi anak yang melebihi target dalam menghapalkan al-
Qur’an. Dari penerapan metode Reward yang diberlakukan oleh guru Pembina
tahfidz menjadikan anak termotivasi dalam menghapalkan al-Qur’an.
2. Motivasi siswa dalam menghapalkan al-Qur’an dengan pemberian reward
(penghargaan) sudah sangat baik karena terbukti dengan jumlah hapalan
mereka yang meningkat. Dari jumlah hapalan al-Qur’an yang hanya 24 surat
atau bahkan hanya 1 juz meningkat dalam waktu 2 tahun sebanyak 2-8 juz al-
Qur’an. Sehingga di kelas 3 anak hanya melakukan muroja’ah hapalan dari
juz 30,29, 1, 2 dst.
3. Faktor pendukung dalam menghafal al-Qur’an yang sangat penting adalah
kemampuan membaca al-Qur’an, manajament waktu, sifat sabar, tempat
menghafal dan motivasi orang terdekat seperti guru pembimbing. Dan adapun
faktor yang penghambat dalam menghafal al-Qur’an adalah beralih bidang
lain, belum istiqamah, malas melakukan muroja’ah dan kurang mendapat
motivasi dari orang terdekat utamanya orangtua sehingga menjadikan
semangat siswa berkurang untuk menghafal al-Qur’an. Namun di MTs Negeri
1 Bone mengupayakan agar terpenuhinya faktor pendukung dan membantu
mengurangi hal-hal yang menghambat proses pencapaian tujuan menjadi
hafidz/hafidzah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah
dikemukakan impilkasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai beriku:
1. Diharapkan bentuk metode reward dan punishment dalam meningkatkan
hapalan al-Qur’an siswa di kelas Tahfidz MTsN 1 Bone supaya tetap
diterapkan agar siswa lebih bersemangat lagi dalam menghapalkan al-
Qur’an.
2. Diharapkan motivasi anak dalam menghapalkan al-Qur’an tidak hanya
dari sekolah saja, namun juga ada mottivasi dari orangtua dalam
menudukung putra/putrinya dalam menghapalkan al-Qur’an sehingga
mencetak generasi muda penghapal al-Qur’an.
Ketersediaan
STAR2022000707/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

07/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Sktipsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

reward

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top