Urgensi Motivasi Kerja Dalam Membangun Integritas Guru Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Dan Xii Di Sma Negeri 2 Bone
Herdiansyah/02.18.1034 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang urgensi motivasi kerja dalam membangun
integritas guru pendidikan agama islam kelas XI dan XI di SMAN 2 Bone. Hal yang
penting di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui motivasi kerja guru kelas
XI dan XII di SMAN 2 Bone, untuk mengetahui integritas guru kelas XI dan XII di
SMAN 2 Bone, dan untuk mengetahui urgensi motivasi kerja dalam membangun
integritas guru pendidikan agama Islam kelas XI dan XII di SMAN 2 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu
penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis fenomena,
pristiwa, aktivitas sosial, kepercayaan, persepsi secara individual maupun kelompok.
Dengan menggunkan teknik wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru PAI memiliki motivasi kerja
yang baik dilihat dari kinerja yang baik, sikap tanggung jawab yang tingi dan
pengembangan diri yang baik. Guru PAI memiliki integritas yang baik dilihat dari
kejujuran yang baik, sikap tanggung jawab yang tinggi, toleransi yang baik serta
sikap cinta tanah air yang baik. Motivasi kerja urgen dalam membangun integritas
guru. Guru dengan motivasi kerja yang tinggi memiliki integritas yang tinggi dan
guru dengan motivasi kerja yang rendah memiliki integritas yang rendah.
Implikasi penelitian diharapkan kepada kepala sekolah dan semua pihak
dalam sekolah untuk memperhatikan motivasi kerja guru dan bekerjasama dalam
mengembangkan integritas untuk seluruh warga sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai urgensi motivasi kerja dalam
membangun integritas guru Pendidikan Agama Islam kelas XI dan XII di SMAN 2
Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 2 Bone memiliki motivasi
kerja yang baik, hal ini dapat dilihat dari kinerja guru yang baik dan tanggung
jawab yang tingi, sedangakan untuk pengembangan diri masih perlu
diperbaiki, karena dalam pembelajaran guru PAI hanya menggunakan satu
metode pengajaran (monoton) dan tidak ada umpan balik dalam proses
pembelajaran.
2. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 2 Bone memiliki integritas
yang baik, hal ini dapat dilihat dari sikap tanggung jawab yang tinggi dan
toleransi yang baik, sedangkan untuk kejujuran dan sikap cinta tanah air
masih perlu diperbaiki, hal ini dilihat dari sikap guru pai yang tidak sesuai
antara ucapan dan perbuatan yang menunjukkan kurangnya kejujuran dan
guru PAI tidak mengikuti upacara bendera, serta tidak melakukan pengawasan
yang benar saat menjadi pengawas ujian ( hanya bermain gadget ) yang
menjukkan kurangnya sikap peduli terhadap lingkungan disekitar.
3. Motivasi kerja penting dalam membangun integritas guru, hal ini dapat dilihat
dari guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki motivasi kerja yang tinggi
memliki integritas yang tinggi dan guru Pendidikan Agama Islam yang
memiliki motivasi kerja yang kurang baik maka memiliki integritas yang
kurang baik.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian mengenai urgensi motivasi kerja dalam
membangun integritas guru pendidikan agama Islam kelas XI dan XII di SMAN 2
Bone, maka saran yang penulis akan sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru yang memiliki kejujuran yang kurang baik, serta sikap cinta tanah air
yang kurang agar ditingkatkan dengan mengkuti aturan sekolah serta peduli terhadap
lingkungan dan memberikan contoh sikap kejujuran yang baik.
2. Kepada kepala sekolah agar senantiasa memperhatikan integritas guru dan motivasi
kerja guru, adapun dalam hal pengembangan diri seorang guru dapat dilakukan
dengan mengadakan diklat metode pengajaran.
3. Bagi penelitian selanjutnya, semoga dari penelitian yang penulis lakukan dapat
mendorong munculnya penelitian-penelitian yang sejenis dan lebih bervariasi serta
menarik minat pembaca.
integritas guru pendidikan agama islam kelas XI dan XI di SMAN 2 Bone. Hal yang
penting di kaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui motivasi kerja guru kelas
XI dan XII di SMAN 2 Bone, untuk mengetahui integritas guru kelas XI dan XII di
SMAN 2 Bone, dan untuk mengetahui urgensi motivasi kerja dalam membangun
integritas guru pendidikan agama Islam kelas XI dan XII di SMAN 2 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu
penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis fenomena,
pristiwa, aktivitas sosial, kepercayaan, persepsi secara individual maupun kelompok.
Dengan menggunkan teknik wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru PAI memiliki motivasi kerja
yang baik dilihat dari kinerja yang baik, sikap tanggung jawab yang tingi dan
pengembangan diri yang baik. Guru PAI memiliki integritas yang baik dilihat dari
kejujuran yang baik, sikap tanggung jawab yang tinggi, toleransi yang baik serta
sikap cinta tanah air yang baik. Motivasi kerja urgen dalam membangun integritas
guru. Guru dengan motivasi kerja yang tinggi memiliki integritas yang tinggi dan
guru dengan motivasi kerja yang rendah memiliki integritas yang rendah.
Implikasi penelitian diharapkan kepada kepala sekolah dan semua pihak
dalam sekolah untuk memperhatikan motivasi kerja guru dan bekerjasama dalam
mengembangkan integritas untuk seluruh warga sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai urgensi motivasi kerja dalam
membangun integritas guru Pendidikan Agama Islam kelas XI dan XII di SMAN 2
Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 2 Bone memiliki motivasi
kerja yang baik, hal ini dapat dilihat dari kinerja guru yang baik dan tanggung
jawab yang tingi, sedangakan untuk pengembangan diri masih perlu
diperbaiki, karena dalam pembelajaran guru PAI hanya menggunakan satu
metode pengajaran (monoton) dan tidak ada umpan balik dalam proses
pembelajaran.
2. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 2 Bone memiliki integritas
yang baik, hal ini dapat dilihat dari sikap tanggung jawab yang tinggi dan
toleransi yang baik, sedangkan untuk kejujuran dan sikap cinta tanah air
masih perlu diperbaiki, hal ini dilihat dari sikap guru pai yang tidak sesuai
antara ucapan dan perbuatan yang menunjukkan kurangnya kejujuran dan
guru PAI tidak mengikuti upacara bendera, serta tidak melakukan pengawasan
yang benar saat menjadi pengawas ujian ( hanya bermain gadget ) yang
menjukkan kurangnya sikap peduli terhadap lingkungan disekitar.
3. Motivasi kerja penting dalam membangun integritas guru, hal ini dapat dilihat
dari guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki motivasi kerja yang tinggi
memliki integritas yang tinggi dan guru Pendidikan Agama Islam yang
memiliki motivasi kerja yang kurang baik maka memiliki integritas yang
kurang baik.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian mengenai urgensi motivasi kerja dalam
membangun integritas guru pendidikan agama Islam kelas XI dan XII di SMAN 2
Bone, maka saran yang penulis akan sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru yang memiliki kejujuran yang kurang baik, serta sikap cinta tanah air
yang kurang agar ditingkatkan dengan mengkuti aturan sekolah serta peduli terhadap
lingkungan dan memberikan contoh sikap kejujuran yang baik.
2. Kepada kepala sekolah agar senantiasa memperhatikan integritas guru dan motivasi
kerja guru, adapun dalam hal pengembangan diri seorang guru dapat dilakukan
dengan mengadakan diklat metode pengajaran.
3. Bagi penelitian selanjutnya, semoga dari penelitian yang penulis lakukan dapat
mendorong munculnya penelitian-penelitian yang sejenis dan lebih bervariasi serta
menarik minat pembaca.
Ketersediaan
| STAR20220065 | 65/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
65/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
