Pengaruh kecerdasan Linguistik Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V Mi AN- Nur Jampu Kabupaten Bon

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kecerdasan linguistik terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V MI
An-Nur Jampu Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana kecerdasan linguistik dan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik
kelas V MI An-Nur Jampu, dan apakah kecerdasan linguistik berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik
kelas V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
true eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MI An-
Nur Jampu Kabupaten Bone yang berjumlah 52 orang. Sampel yaitu seluruh siswa
kelas V dengan jumlah 15 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh
yaitu teknik penentuan sampelnya yang dilakukan jika jumlah populasi relatif
kecil atau sedikit, yaitu kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan
angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitasi data, uji homogeitas, dan
uji keberartian pengaruh dengan menggunakan analisis regresi sederhana
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan
pada bab sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
kecerdasan linguistik sebelum diberi perlakuan mengenai kecerdasan linguistik
(menyimak, membaca, berbicara, dan menulis) dpat memberikan pengaruh yaitu
terlebih dahulu dilakukan X (Kecerdasan linguistik) untk mengetahui kemampuan
awal siswa sehingga diperoleh nilai rata- rata nilai X (kecerdasan linguistik)
62,466 dan dari data yang didapat maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai X
(kecerdasan linguistik). Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung 0,1963 berdistribusi
normal. Dari hasil uji data X (kecerdasan linguistik) dan Y (hasil belajar siswa
pada mata pelajaran bahasa Indonesia) maka di lanjutkan dengan uji homogenis
kedua data tersebut menunjukkan populasi berasal dari varians yang homogen
maka dapat dilakukan uji keberartian pengaruh dengan menggunakan analisis
regresi sederhana dan hasilnya diperoleh pesamaannya 47,547 +0,367X. Maka
dapat disimpulkan bahwa FhitungFtabel, maka artinya H1 diterima dan Ho ditolak.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah menerapkan
kecerdasan linguistik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia .
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang pengaruh
Kecerdasan Linguistik dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik
Kelas V MI An-Nur Jampu, maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian terhadap 15 orang
peserta didik mengenai kecerdasan linguistik peserta didik kelas V MI An-
Nur Jampu Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi sebanyak 8 orang
dengan persentase 27%.
2. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian terhadap 15 orang
peserta didik mengenai dokumentasi hasil belajar peserta didik kelas V MI
An-Nur Jampu Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi sebanyak 8
orang dengan persentase 27%.
3. Kecerdasan linguistik adalah kemampuan berbahasa. Oleh karena itu,
Sebelum diberi perlakuan mengenai kecerdasan linguistik (menyimak,
membaca,
menulis dan berbicara), terlebih dahulu dilakukan
X (Kecerdasan linguistik) untuk mengetahui kemampuan awal siswa
sehingga diperoleh nilai rata- rata nilaiY 70,5 dan dari data yang didapat
maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai Y. Hasil uji normalitas
diperoleh Lhitung 0,1238 berdistribusi normal, maka dilanjutkan dengan uji
homogenis kedua data menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh
pesamaanya 47,547 + 0,367X. Berdasarkan hasil penelitian tentang
pengaruh kecerdasan linguistik ditemukan bahwa hasilnya terdapat
pengaruh kecerdasan linguistik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia
peserta didik kelas V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone. Hal ini dapat
dinilai bagaimana seorang siswa mampu menyimak, membaca, menulis
dan berbicara dengan menggunakan penilaiaan hasil belajar.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari
hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian
ini, maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat
bermanfaat bagi sekolah MI An-Nur Jampu maupun mahasiswa lain yang
meneliti dan
berkaitan dengan pengaruh kecerdasan linguistik terhadap
Bahasa Indonesia Peserta Didik. Adapun saran-saran yang dapat diberikan
peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, diharapkan dapat memberikan
pembelajaran dapat mengaktifkan siswa, dapat menarik perhatian siswa
serta menyenangkan yang dapat memeberikan hasil belajar bahasa
Indonesia sehingga guru dapat melihat kemampuan/kecerdasan linguistik
siswa MI An-Nur Jampu.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
Ketersediaan
STAR2022001313/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

13/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top