Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 15 Bone

No image available for this title
Skripsi ini berjudul tentang Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 15 Bone. Pokok permasalahannya adalah
bagaimana strategi penggunaan teknologi pendidikan dan prestasi belajar siswa serta
kendala yang di hadapi dalam penggunaan teknologi pendidikan terhadap prestasi
belajar siswa di SMAN 15 Bone
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif kemudian
dipaparkan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan survai lapangan dan
deskriptif kualitatif artinya suatu penelitian yang dilakukan terhadap keadaan nyata
lingkungan sekolah dengan maksud dan tujuan menemukan fakta yang kemudian
menuju pada identifikasi dan pada akhirnya menuju kepada penyelesaian
permasalahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Penggunaan Teknologi
Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar siswa di SMAN 15 Bone adalah melakukan
perencanaan terkait tujuan yang akan dicapai, melakukan rapat kepada seluruh pihak
yang terkait untuk menetapkan program penggunaan teknologi, dengan
memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas teknologi pendidikan yang ada untuk
menunjang proses pembelajaran siswa
Prestasi belajar siswa di SMAN 15 bone, yaitu dilihat di era globalisasi
sekarang ini prestasi siswa cukup terbilang baik karena banyak hal yang dapat
memicu untuk memperoleh nilai yang baik dengan memanfaatakan berbagai
teknologi untuk mendapatkan ilmu, walaupun dengan begitu tidak lepas juga kadang
terjadi perubahan nilai siswa yang dimana kadang terjadi penurunan nilai kadang pula
terjadi peningkatan di sebabkan berbagai hal sesuai dengan kondisi yang ada di
sekitarnya. Serta kendala yang di hadapi dalam penggunaan teknologi pendidikan
yaitu kurangnya sarana prasarana yang ada di sekolah, terdapat guru yang kurang
kemauan dan tidak terlalu maksimal dalam penggunaan teknologi dan terhambat oleh
pandemic 19 terhadap proses belajar mengajar.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
bahwa:
1. Strategi penggunaan teknologi pendidikan terhadap prestasi belajar siswa di
SMAN 15 Bone sudah cukup baik. Berdasarkan hasil wawancara terlihat
tenaga pendidik dan kependidikan melaksanakan tupoksinya dalam
menerapkan strategi penggunaan teknologi, walaupun belum begitu maksimal.
Kepala sekolah dan guru telah berusaha dan memberikan yang terbaik untuk
menunjang prestasi belajar siswa dengan berbagai media teknologi yang di
terapkan di sekolah.
2. Prestasi belajar siswa di SMAN 15 Bone ini terus mengalami perkembangan
di karenakan sudah banyak sumber untuk mendapatkan informasi untuk siswa
belajar secara mandiri, dengan adanya pandemic memberikan hasil yang
beragam terkait nilai dan prestasi siswa tergantung oleh kondisi dan situasi
yang ada di lingkungan masing-masing yang memberikan dampak bagi siswa.
3. Kendala penggunaan teknologi pendidikan terhadap prestasi belajar siswa di
SMAN 15 Bone tidak terlalu besar hanya ada beberapa kendala seperti
fasilitas yang kurang memadai terhadap penggunaan teknologi, terdapat guru
yang kurang kemauan dan tidak terlalu maksimal dalam penggunaan
teknologi pendidikan, padahal kemauan guru merupakan suatu ketergantungan
dalam peningkatan prestasi siswa baik penggunaan teknologi maupun dalam
proses belajar mengajar, kemudian masalah lain terdapat di siswa yang kurang
mampu memanfaatkan teknologi dengan bijak terutamanya di era pandemic
yang mau tidak mau harus menggunakan teknologi dengan berbagai media
untuk melakukan proses pembelajaran serta terkendala dengan siswa yang
tinggal didaerah pelosok yang susah untuk mendapatkan jaringn sehingga
memberikan dampak tidak baik bagi siswa, namun dari masalah yang ada
kepala sekolah dan guru dengan cepat meminimalisir setiap hambatan, dan
selalu bekerja sama dalam pelaksanaan teknologi untuk satu kesepahaman
dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa saran
kepada pihak-pihak terkait, adapun saran yang penulis maksud sebagai berikut:
1. Bagi kepala sekolah dan tenaga pendidik, agar dapat lebih memperhatikan
fasilitas sarana prasarana serta memberikan arahan kepada siswa dalam
proses penggunaan teknologi pendidikan yang dijalankan agar dapat
memaksimalkan hasil yang ingin di capai.
2. Bagi siswa, agar lebih meningkatkan kemampuan dan kualitas belajar
dengan begitu memacu diri untuk lebih produktivitas dalam menyikapi
pembelajarn di era pandemic untuk memperoleh hasil yang maksimal.
Ketersediaan
STAR2022008484/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

84/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top