Korelasi Antara Kecerdasan Spiritual dengan Sikap Disiplin Siswa di Lingkungan MAS As’Adiyah Uloe

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Korelasi Antara Kecerdasan Spiritual dengan Sikap
Disiplin Siswa di Lingkungan MAS As’Adiyah Uloe. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui korelasi antara kecerdasan spiritual dengan sikap disiplin siswa di
lingkungan MAS As’Adiyah Uloe. Proses penelitian dilakukan di MAS As’Adiyah
Uloe pada kelas X, XI dan XII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa
angka-angka dan analisis menggunakan statistik dengan jumlah responden 30 siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis, pendekatan paedagogis.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berupa panduan wawancara,
angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Teknik penelitian yang digunakan
adalah kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan pengujian statistik dengan metode korelasi product moment dan
koefisien, dimana r hitung yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,543
sedangkan r tabel yang diperoleh pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sampel N=
30 adalah 0,361 sehingga nilai r 0,543>0,361. Maka Ha diterima dan Ho ditolak atau
variabel kecerdasan spiritual mempunyai hubungan dengan interval koefisien 0,40-
0,70 pada tingat hubugan yang sedang terhadap sikap disiplin siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, korelasi antara kecerdasan
spiritual dengan sikap disiplin siswa di lingkungan sekolah MAS As’Adiyah Uloe,
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual
dengan sikap disiplin siswa, dengan rincian sebagai berikut korelasi antara
kecerdasan spiritual dan sikap disiplin siswa di lingkungan MAS As’Adiyah Uloe
berdasarkan pengujian statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 dan metode
korelasi product moment dan koefisien, dimana r hitung yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah 0,543 sedangkan r tabel yang diperoleh pada taraf signifikan 5%
dengan jumlah sampel N= 30 adalah 0,361 setelah nilai r hitung dan r tabel tersebut
dibandingkan, maka diperoleh keterangan bahwa nilai r hitung yang diperoleh lebih
besar dari pada r tabel yaitu 0,543>0,361. Maka Ha diterima dan Ho ditolak atau
variabel kecerdasan spiritual mempunyai hubungan yang sedang terhadap sikap
disiplin siswa.
B. Saran
1. Bagi kepala madrasah dan guru, hendaknya memperhatikan berbagai
perkembangan siswa serta perilaku yang dilakukan siswa ketika di dalam
maupun di luar kelas.
2. Bagi siswa, dengan penilaian yang dilakukan oleh peneliti hendaknya menjadi
motivasi untuk terus meningkatkan kecerdasan spiritual yang ada pada dirinya
dan semangat untuk selalu mengembangkan sikap disiplin baik itu di dalam
lingkungan madrasah, diluar lingkungan madrasah dan dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, pendidikan nonformal maupun pendidikan
informal.
Ketersediaan
STAR20220274274/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

274/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top