Korelasi Antara Kecerdasan Spiritual dengan Sikap Disiplin Siswa di Lingkungan MAS As’Adiyah Uloe
Nur Sahira/02.18. 1121 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Korelasi Antara Kecerdasan Spiritual dengan Sikap
Disiplin Siswa di Lingkungan MAS As’Adiyah Uloe. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui korelasi antara kecerdasan spiritual dengan sikap disiplin siswa di
lingkungan MAS As’Adiyah Uloe. Proses penelitian dilakukan di MAS As’Adiyah
Uloe pada kelas X, XI dan XII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa
angka-angka dan analisis menggunakan statistik dengan jumlah responden 30 siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis, pendekatan paedagogis.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berupa panduan wawancara,
angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Teknik penelitian yang digunakan
adalah kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan pengujian statistik dengan metode korelasi product moment dan
koefisien, dimana r hitung yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,543
sedangkan r tabel yang diperoleh pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sampel N=
30 adalah 0,361 sehingga nilai r 0,543>0,361. Maka Ha diterima dan Ho ditolak atau
variabel kecerdasan spiritual mempunyai hubungan dengan interval koefisien 0,40-
0,70 pada tingat hubugan yang sedang terhadap sikap disiplin siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, korelasi antara kecerdasan
spiritual dengan sikap disiplin siswa di lingkungan sekolah MAS As’Adiyah Uloe,
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual
dengan sikap disiplin siswa, dengan rincian sebagai berikut korelasi antara
kecerdasan spiritual dan sikap disiplin siswa di lingkungan MAS As’Adiyah Uloe
berdasarkan pengujian statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 dan metode
korelasi product moment dan koefisien, dimana r hitung yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah 0,543 sedangkan r tabel yang diperoleh pada taraf signifikan 5%
dengan jumlah sampel N= 30 adalah 0,361 setelah nilai r hitung dan r tabel tersebut
dibandingkan, maka diperoleh keterangan bahwa nilai r hitung yang diperoleh lebih
besar dari pada r tabel yaitu 0,543>0,361. Maka Ha diterima dan Ho ditolak atau
variabel kecerdasan spiritual mempunyai hubungan yang sedang terhadap sikap
disiplin siswa.
B. Saran
1. Bagi kepala madrasah dan guru, hendaknya memperhatikan berbagai
perkembangan siswa serta perilaku yang dilakukan siswa ketika di dalam
maupun di luar kelas.
2. Bagi siswa, dengan penilaian yang dilakukan oleh peneliti hendaknya menjadi
motivasi untuk terus meningkatkan kecerdasan spiritual yang ada pada dirinya
dan semangat untuk selalu mengembangkan sikap disiplin baik itu di dalam
lingkungan madrasah, diluar lingkungan madrasah dan dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, pendidikan nonformal maupun pendidikan
informal.
Disiplin Siswa di Lingkungan MAS As’Adiyah Uloe. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui korelasi antara kecerdasan spiritual dengan sikap disiplin siswa di
lingkungan MAS As’Adiyah Uloe. Proses penelitian dilakukan di MAS As’Adiyah
Uloe pada kelas X, XI dan XII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa
angka-angka dan analisis menggunakan statistik dengan jumlah responden 30 siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis, pendekatan paedagogis.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen berupa panduan wawancara,
angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Teknik penelitian yang digunakan
adalah kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan pengujian statistik dengan metode korelasi product moment dan
koefisien, dimana r hitung yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,543
sedangkan r tabel yang diperoleh pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sampel N=
30 adalah 0,361 sehingga nilai r 0,543>0,361. Maka Ha diterima dan Ho ditolak atau
variabel kecerdasan spiritual mempunyai hubungan dengan interval koefisien 0,40-
0,70 pada tingat hubugan yang sedang terhadap sikap disiplin siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, korelasi antara kecerdasan
spiritual dengan sikap disiplin siswa di lingkungan sekolah MAS As’Adiyah Uloe,
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan spiritual
dengan sikap disiplin siswa, dengan rincian sebagai berikut korelasi antara
kecerdasan spiritual dan sikap disiplin siswa di lingkungan MAS As’Adiyah Uloe
berdasarkan pengujian statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 dan metode
korelasi product moment dan koefisien, dimana r hitung yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah 0,543 sedangkan r tabel yang diperoleh pada taraf signifikan 5%
dengan jumlah sampel N= 30 adalah 0,361 setelah nilai r hitung dan r tabel tersebut
dibandingkan, maka diperoleh keterangan bahwa nilai r hitung yang diperoleh lebih
besar dari pada r tabel yaitu 0,543>0,361. Maka Ha diterima dan Ho ditolak atau
variabel kecerdasan spiritual mempunyai hubungan yang sedang terhadap sikap
disiplin siswa.
B. Saran
1. Bagi kepala madrasah dan guru, hendaknya memperhatikan berbagai
perkembangan siswa serta perilaku yang dilakukan siswa ketika di dalam
maupun di luar kelas.
2. Bagi siswa, dengan penilaian yang dilakukan oleh peneliti hendaknya menjadi
motivasi untuk terus meningkatkan kecerdasan spiritual yang ada pada dirinya
dan semangat untuk selalu mengembangkan sikap disiplin baik itu di dalam
lingkungan madrasah, diluar lingkungan madrasah dan dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, pendidikan nonformal maupun pendidikan
informal.
Ketersediaan
| STAR20220274 | 274/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
274/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
