Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbantu Media Picture Card Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Iklas Beli-Beli

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajran inquiry
terbimbing berbantu media picture card dalam meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa kelas V di MIS Al-Iklas Beli-Beli Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif jenis Quasi Expreriment dengan desain one sampel T- test.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan mengunakan teknik tes. Data yang telah
dikumpulkan dianalisis mengunakan teknik statistik deskriptif dan statistik
infrensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis
pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas V di MIS Al Ikhlas Beli-
Beli memiliki rata-rata sebesar 45,00 (SD =22,316) dengan persentase ketuntasan
23% untuk pre-test dan 76,15 (SD= 12,354) dengan ketuntasan 81% untuk post-
test; model pembelajaran inquiry terbimbing berbantu media picture card dalam
meningkatkan ketermpilan berpikir krirtis siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan
alam di MIS Al-Ikhlas Beli-Beli dengan nilai signifikasi yang dihasilkan lebih
kecil atau kurang dari nilai 0,05 (p- value< 0,05) dan terdapat perbedaan yang
signifikasi antara sebelum dan setelah mengunakan model pembelajaran inquiry
terbimbing berbantu media picture card dalam meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa kelas V di MIS Al- Ikhlas Beli-Beli dimana nilai signifikan
yang dihasilkan lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (p-value 0,05).
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektifitas model
pembelajaran inquiry terbimbing berbantu media picture card dalam
menigkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ilmu
pengetahuan alam kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al- Ikhlas Beli- Beli,
maka dapat di simpulkan:
1. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sebelum diajarkan model
pembelajaran inquiry terbimbing berbantu media picture card memiliki rata-
rata, standar deviasi dan presentase ketuntasan secara berurutan sebesar45,00;
22,316; 23% dan setelah diajar mengunakan model pembelaran inquiry
terbimbing berbantu media picture card memiliki rata- rata, standar deviasi
dan presentase ketuntasan secara berurutan sebesar 76,15; 12,354;81%.
2. Pembelajaran dengan model inquiry terbimbing berbantu media picture card
dalam meningkatkan keterampilan bepikir kritis siswa efektif pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan nilai signifikansi yang dihasilkan
lebih kecil atau kurang dari nilai alpha, 0,05. (p-value< 0,05).
Ada perbedaan antara sebelum dan setelah di ajarkan mengunakan model
pembelajaran inquiry terbimbingberbantu media\picture card dalam
meningkatkan keterampialan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ilmu
pengetahuan alam kelas V MIS Al- Ikhlas Beli- Beli nilai signifikansi yang
dihasilkan lebih kecil dari alpha 0,05 (p-value< 0,05). Hal ini menunjukkan
bahwa hipotesis null (H 0 ) di tolak.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan temuan yang di
peroleh selama proses pelaksaan penelitian, maka peneliti memberikan saran
yang bertujuan agar pelaksanaan penelitian selanjutnya yang serupa dengan
penelitian ini bisa berjalan lebih baik. Adapun saran- saran tersebut adalah
sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan model
pembelajaran inquiry terbimbing berbantu media picture card dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Oleh karena itu, guru harus mampu memilih media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang tersedia serta
sarana dan prasarana yang dimiliki.
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru dalam
pengenalan media dimulai sejak dini kepada siswa.
Ketersediaan
STAR20220192192/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

192/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top