Kreativitas Guru Dalam Mengadakan Keterampilan Variasi Mengajar Pad Mata Pelajaran Tematik SD Negeri 42 Waetuwo Kab.Bone
St.Rabiah/02.18.5058 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam
mengadakan keterampilan variasi mengajar pada mata pelajaran tematik di SD
negeri 42 Waetuwo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan
keilmuan yang digunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan paedagogis
dan sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kreativitas guru dalam
mengadakan keterampilan variasi mengajar pada mata pelajaran tematik di SD
Negeri 42 Waetuwo Kab. Bone, mengenai cara mengajar guru yang kurang
kreatif dan dalam menggunakan strategi pembelajaran yang hanya
menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran, saat
menyampaikan materi.
2) Solusi yang dilakukan meliputi usaha pribadi dari setiap guru.
Berbagai upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan
dalam memunculkan kreativitas pada saat mengajar guru tentunya harus ikut
serta menyumbangkan ide-ide yang kreatif agar siswa lebih aktif dalam
pembelajaran. Dan usaha yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 42 Waetuwo
yaitu dengan menerapkan beberapa aspek dalam mengajar diantaranya
penggunaan variasi suara, penekanan, pemberian waktu, kontak pandang dan
perpindahan posisi pada saat mengajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai kreativitas guru dalam
mengadakan keterampilan variasi mengajar pada mata pelajaran tematik di SD
NEGERI 42 WAETUWO, maka dapat disimpulkan sebagai beikut:
1. Kreativitas guru di SD Negeri 42 Waetuwo telah dikelola dengan baik hal
ini dapat dilihat dari aspek-aspek kreativitas yaitu (fluency) kelancaran
dalam menghasilkan ide-ide yang akurat, (fleksibility) keluwesan dalam
membuka wawasan belajar siswa, dan (originality) kemampuan dalam
menghasilkan suatu kreativitas.
2. Keterampilan dalam mengadakan variasi mengajar dengan aspek gaya
mengajar guru di SD Negeri 42 Waetuwo berlangsung dengan baik dengan
menggunakan beberapa aspek dalam mengajar diantaranya yaitu guru
menggunakan variasi suara,penekanan, pemberian waktu, kontak pandang
dan pindah posisi.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi atau saran. Adapun saran yang peneliti maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya guru dan tenaga pendidik lainnya melaksanakan tugas,
kewajiban dan perannya secara optimal dengan memperhatikan bagaimana
guru menghasilkan suatu kreativitas dengan baik sehingga ada variasi dalam
pembelajaran utamanya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang
bermakna dan menyenangkan.
2. Guru hendaknya bisa menghasilkan ide-ide yang kreatif dalam mengadakan
keterampilan variasi mengajar misalnya memberikan metode pembelajaran
yang menarik sehingga tercipta suasana belajar yang efektif dan siswa juga
lebih bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar.
mengadakan keterampilan variasi mengajar pada mata pelajaran tematik di SD
negeri 42 Waetuwo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan
keilmuan yang digunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan paedagogis
dan sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kreativitas guru dalam
mengadakan keterampilan variasi mengajar pada mata pelajaran tematik di SD
Negeri 42 Waetuwo Kab. Bone, mengenai cara mengajar guru yang kurang
kreatif dan dalam menggunakan strategi pembelajaran yang hanya
menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran, saat
menyampaikan materi.
2) Solusi yang dilakukan meliputi usaha pribadi dari setiap guru.
Berbagai upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan
dalam memunculkan kreativitas pada saat mengajar guru tentunya harus ikut
serta menyumbangkan ide-ide yang kreatif agar siswa lebih aktif dalam
pembelajaran. Dan usaha yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 42 Waetuwo
yaitu dengan menerapkan beberapa aspek dalam mengajar diantaranya
penggunaan variasi suara, penekanan, pemberian waktu, kontak pandang dan
perpindahan posisi pada saat mengajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai kreativitas guru dalam
mengadakan keterampilan variasi mengajar pada mata pelajaran tematik di SD
NEGERI 42 WAETUWO, maka dapat disimpulkan sebagai beikut:
1. Kreativitas guru di SD Negeri 42 Waetuwo telah dikelola dengan baik hal
ini dapat dilihat dari aspek-aspek kreativitas yaitu (fluency) kelancaran
dalam menghasilkan ide-ide yang akurat, (fleksibility) keluwesan dalam
membuka wawasan belajar siswa, dan (originality) kemampuan dalam
menghasilkan suatu kreativitas.
2. Keterampilan dalam mengadakan variasi mengajar dengan aspek gaya
mengajar guru di SD Negeri 42 Waetuwo berlangsung dengan baik dengan
menggunakan beberapa aspek dalam mengajar diantaranya yaitu guru
menggunakan variasi suara,penekanan, pemberian waktu, kontak pandang
dan pindah posisi.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi atau saran. Adapun saran yang peneliti maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya guru dan tenaga pendidik lainnya melaksanakan tugas,
kewajiban dan perannya secara optimal dengan memperhatikan bagaimana
guru menghasilkan suatu kreativitas dengan baik sehingga ada variasi dalam
pembelajaran utamanya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang
bermakna dan menyenangkan.
2. Guru hendaknya bisa menghasilkan ide-ide yang kreatif dalam mengadakan
keterampilan variasi mengajar misalnya memberikan metode pembelajaran
yang menarik sehingga tercipta suasana belajar yang efektif dan siswa juga
lebih bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Ketersediaan
| STAR20230222 | 222/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
222/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
