Kreativitas Guru Dalam Mengadakan Keterampilan Variasi Mengajar Pad Mata Pelajaran Tematik SD Negeri 42 Waetuwo Kab.Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam
mengadakan keterampilan variasi mengajar pada mata pelajaran tematik di SD
negeri 42 Waetuwo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan
keilmuan yang digunakan dalam penelitian iniadalah pendekatan paedagogis
dan sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kreativitas guru dalam
mengadakan keterampilan variasi mengajar pada mata pelajaran tematik di SD
Negeri 42 Waetuwo Kab. Bone, mengenai cara mengajar guru yang kurang
kreatif dan dalam menggunakan strategi pembelajaran yang hanya
menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran, saat
menyampaikan materi.
2) Solusi yang dilakukan meliputi usaha pribadi dari setiap guru.
Berbagai upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan
dalam memunculkan kreativitas pada saat mengajar guru tentunya harus ikut
serta menyumbangkan ide-ide yang kreatif agar siswa lebih aktif dalam
pembelajaran. Dan usaha yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 42 Waetuwo
yaitu dengan menerapkan beberapa aspek dalam mengajar diantaranya
penggunaan variasi suara, penekanan, pemberian waktu, kontak pandang dan
perpindahan posisi pada saat mengajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai kreativitas guru dalam
mengadakan keterampilan variasi mengajar pada mata pelajaran tematik di SD
NEGERI 42 WAETUWO, maka dapat disimpulkan sebagai beikut:
1. Kreativitas guru di SD Negeri 42 Waetuwo telah dikelola dengan baik hal
ini dapat dilihat dari aspek-aspek kreativitas yaitu (fluency) kelancaran
dalam menghasilkan ide-ide yang akurat, (fleksibility) keluwesan dalam
membuka wawasan belajar siswa, dan (originality) kemampuan dalam
menghasilkan suatu kreativitas.
2. Keterampilan dalam mengadakan variasi mengajar dengan aspek gaya
mengajar guru di SD Negeri 42 Waetuwo berlangsung dengan baik dengan
menggunakan beberapa aspek dalam mengajar diantaranya yaitu guru
menggunakan variasi suara,penekanan, pemberian waktu, kontak pandang
dan pindah posisi.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi atau saran. Adapun saran yang peneliti maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya guru dan tenaga pendidik lainnya melaksanakan tugas,
kewajiban dan perannya secara optimal dengan memperhatikan bagaimana
guru menghasilkan suatu kreativitas dengan baik sehingga ada variasi dalam
pembelajaran utamanya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang
bermakna dan menyenangkan.
2. Guru hendaknya bisa menghasilkan ide-ide yang kreatif dalam mengadakan
keterampilan variasi mengajar misalnya memberikan metode pembelajaran
yang menarik sehingga tercipta suasana belajar yang efektif dan siswa juga
lebih bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Ketersediaan
STAR20230222222/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

222/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top