Peran Guru Al Quran Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al Quran Peserta Didik Kelas V Di Mi Ar-Rahman Labuaja Kecamatan Kahu Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai peran guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan
kemampuan baca Al- Qur’an siswa Kelas V di MI Ar- Rahman Labuaja Kecamatan
Kahu Kabupaten Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, pelaksanaan
peran guru pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam pembelajaran di kelas V MI Ar-
Rahman Labuaja, kemampuan membaca Al- Qur’an siswa kelas V MI Ar- Rahman
Labuaja dan kontribusi guru Al- Qur’an Hadis dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Ar-Rahman Labuaja.
Untuk memudahkan pemecahan masalah, digunakan metode penelitian lapangan
(Field Research) melakukan pendekatan pedagogik, dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan.
Berdasakan hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama; Pelaksanaan Peran Guru
Al-Qur’an Hadis dalam pembelajaran pada siswa kelas V di MI Ar- Rahman Labuaja
sudah baik. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa bergairah dan aktif
dalam pembelajaran, setelah diberikan motivasi siswa bergaira dan aktif dalam
pembelajaran. Guru membimbing siswa dalam memberikan saran dan penjelasan
terkait dengan hal-hal yang diperlukan siswa. Setelah guru membimbing siswa akan
mempermudah siswa memahami pembelajaran yang sebelumnya belum diketahuinya.
Sebagai demonstrator guru memperagakan dan memberikan contoh kepada siswa
maka siswa akan lebih mudah memahami dan mengetahui materi yang disampaikan
guru. Sebagai evaluator guru memberikan evaluasi kepada siswa untuk mengetahui
prestasi yang dimiliki siswa setelah melakukan proses belajar mengajar dari hasil
yang di dapatkan di jadikan Umpam balik dan titik tolak untuk memperbaiki dan
meningkatkan proses belajar mengajar yang akan dilakukan selanjutnya Kedua;
Kemampauan membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Ar-Rahman Labuaja sudah
cukup baik. Pengenalan mengenai makharijul huruf siswa sudah baik dan pengenalan
siswa terhadap sifatul huruf sudah baik. Pada saat proses pembelajaran Siswa sudah
dapat menyebut huruf hijaiyah dengan baik dan siswa mampu mengucapkan huruf
berdasarkan dengan tempat keluarnya huruf. Ketiga; Guru Al-Qur’an Hadis telah
berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V
MI Ar- Rahman Labuaja guru mengajarkan kepada siswa mengenai huruf
membiasakan siswa membaca Al-Qur’an pada saat proses pembelajaran berlangsung
dan memperbaiki bacaan siswa yang tidak sesuai sehingga siswa dapat membaca Al-
Qur’an dengan memperhatikan makharijul huruf dan sifatul huruf. Sehingga
kemampuan baca Al-Qur’an siswa sudah cukup baik.
. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Pelaksanaan Peran Guru Al-Qur’an Hadis dalam pembelajaran pada siswa kelas
V di MI Ar- Rahman Labuaja sudah baik. Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siswa bergairah dan aktif dalam pembelajaran, setelah diberikan
motivasi siswa bergairah dan aktif dalam pembelajaran. Guru membimbing
siswa dan memberikan saran dan penjelasan terkait dengan hal-hal yang
diperlukan siswa. Setelah guru membimbing siswa akan mempermudah siswa
memahami pembelajaran yang sebelumnya belum diketahuinya. Sebagai
demonstrator guru memperagakan dan memberikan contoh kepada siswa maka
siswa akan lebih mudah memahami dan mengetahui materi yang disampaikan
guru. Sebagai evaluator guru memberikan evaluasi kepada siswa untuk
mengetahui prestasi yang dimiliki siswa setelah melakukan proses belajar
mengajar dari hasil yang di dapatkan di jadikan Umpan balik dan titik tolak
untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar yang akan
dilakukan selanjutnya
2. Kemampauan membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Ar-Rahman Labuaja
sudah cukup baik. Pengenalan mengenai makharijul huruf siswa sudah baik dan
pengenalan siswa terhadap sifatul huruf sudah baik. Pada saat proses
pembelajaran Siswa sudah dapat menyebut huruf hijaiyah dengan baik dan
siswa mampu mengucapkan huruf berdasarkan dengan tempat keluarnnya
huruf.
3. Guru Al-Qur’an Hadis telah berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Ar- Rahman Labuaja guru mengajarkan
kepada siswa mengenai huruf membiasakan siswa membaca Al-Qur’an pada
saat proses pembelajaran berlangsung dan memperbaiki bacaan siswa yang
tidak sesuai sehingga siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan memperhatikan
makharijul huruf dan sifatul huruf. Sehingga kemampuan baca Al-Qur’an siswa
sudah cukup baik.
B. Implikasi
1. Diharpakan kepada Kepala MI Ar- Rahman Labuaja dan guru dapat
berpartisipasi secara aktif dalam peroses pembelajaran dan memberikan fasilitas
yang memadai agar guru Al-Qur’an Hadis tetap meningkatkan kemampuan ba
Al-Qur’an siswa agar siswa dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan ketetapan
dalam membaca Al-Qur’an.
2. Diharapkan kepada guru Al-Qur’an Hadis kelas V MI Ar-Rahman Labuaja
hendaknya tetap memberikan semangat dan dukungan kepada siswa
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampun memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal, maupun pendidikan imformal.
Ketersediaan
STAR20220286286/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

286/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Baca Al Quran

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top