Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Tunas Harapan Sugiale Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Jamila/02.18.5090 - Personal Name
Skripsi ini membahas Pengaruh media pop up book terhadap peningkatan
hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Tunas Harapan Sugiale. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop up book terhadap Peningkatan
hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Tunas Harapan Sugiale.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa MI Tunas Harapan Sugiale yang berjumlah 149
siswa dan menjadi sampel yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah 18 siswa.
Instrumen Penelitian menggunakan Instrumen tes, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif,
analisis uji normalitas, dan analisis paired sample t test.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif, diketahui
bahwa nilai rata-rata pretest adalah 39,17. Angka 39,17 dikategorikan tidak
mencapai nilai KKM. Sedangkan, Nilai rata- rata untuk nilai posttest adalah 77,78
dikategorikan meningkat. Sedangkan hasil perhitungan uji normalitas pretest dan
posttest diperoleh taraf signifikansi 0,200 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
data berdistribusi normal. Adapun uji paired samples t-test mendapatkan hasil sig
( 2-Tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat ditarik
kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh media pop up Book terhadap
peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Tunas Harapan Sugiale
A. Kesimpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh
beberapa simpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua
rumusan masalah. Adapun simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
Terdapat pengaruh yang signifikan Media Pop up Book terhadap hasil
belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Tunas Harapan Sugiale, yaitu
dapat dilihat dari nilai rata- rata Pretest lebih kecil dari Posttest dengan nilai
39,17 < 77,78. Kemudian hal ini dapat dibuktikan nilai signifikasi ( 2-tailed) <
0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji paired sample t-test
mendapatkan hasil sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima.
Karena Ho ditolak dan Ha diterima maka ada perbedaan rata- rata antara hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air kelas V MI Tunas
Harapan Sugiale.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
dikemukakan implikasi secara teoritis dan praktis sebagai berikut :
1. Implikasi Teoritis
a. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat berpengaruh terhadap
pencapaian prestasi belajar siswa. Untuk pelajaran IPA, terdapat
perbedaan hasil belajar siswa saat menggunakan media pop up book.
b. Media pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPA.
Diharapkan guru dapat menumbuhkan semangat belajar siswa dengan
berbagai cara sesuai dengan kemampuan guru dan menarik bagi siswa.
2. Implikasi Praktis
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan
calon guru. Membenahi diri sehubungan dengan pengajaran yang telah
dilakukan dan hasil belajar siswa yang telah dicapai dengan
memperhatikan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil
belajar siswa.
hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Tunas Harapan Sugiale. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop up book terhadap Peningkatan
hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Tunas Harapan Sugiale.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa MI Tunas Harapan Sugiale yang berjumlah 149
siswa dan menjadi sampel yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah 18 siswa.
Instrumen Penelitian menggunakan Instrumen tes, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif,
analisis uji normalitas, dan analisis paired sample t test.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik deskriptif, diketahui
bahwa nilai rata-rata pretest adalah 39,17. Angka 39,17 dikategorikan tidak
mencapai nilai KKM. Sedangkan, Nilai rata- rata untuk nilai posttest adalah 77,78
dikategorikan meningkat. Sedangkan hasil perhitungan uji normalitas pretest dan
posttest diperoleh taraf signifikansi 0,200 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
data berdistribusi normal. Adapun uji paired samples t-test mendapatkan hasil sig
( 2-Tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat ditarik
kesimpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh media pop up Book terhadap
peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Tunas Harapan Sugiale
A. Kesimpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh
beberapa simpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua
rumusan masalah. Adapun simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
Terdapat pengaruh yang signifikan Media Pop up Book terhadap hasil
belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Tunas Harapan Sugiale, yaitu
dapat dilihat dari nilai rata- rata Pretest lebih kecil dari Posttest dengan nilai
39,17 < 77,78. Kemudian hal ini dapat dibuktikan nilai signifikasi ( 2-tailed) <
0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji paired sample t-test
mendapatkan hasil sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima.
Karena Ho ditolak dan Ha diterima maka ada perbedaan rata- rata antara hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air kelas V MI Tunas
Harapan Sugiale.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
dikemukakan implikasi secara teoritis dan praktis sebagai berikut :
1. Implikasi Teoritis
a. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat berpengaruh terhadap
pencapaian prestasi belajar siswa. Untuk pelajaran IPA, terdapat
perbedaan hasil belajar siswa saat menggunakan media pop up book.
b. Media pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPA.
Diharapkan guru dapat menumbuhkan semangat belajar siswa dengan
berbagai cara sesuai dengan kemampuan guru dan menarik bagi siswa.
2. Implikasi Praktis
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan
calon guru. Membenahi diri sehubungan dengan pengajaran yang telah
dilakukan dan hasil belajar siswa yang telah dicapai dengan
memperhatikan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil
belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20220262 | 262/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
262/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
