Urgensi Penguasaaan Makharijul Huruf dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur'an Bagi Santri TPQ Al Haramain Pajekko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini membahas Urgensi Penguasaan Makhārijul Huruf dalam
Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an bagi Santri TPQ Al-Haramain
Pajekko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui pentingnya penguasaan makhārijul huruf dalam
peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri, mengetahui kemampuan
membaca Al-Qur‟an santri TPQ Al-Haramain Pajekko, serta untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat penguasaan makhārijul huruf dalam peningkatan
kemampuan membaca Al-Qur‟an santri TPQ Al-Haramain Pajekko Kecamatan
Barebbo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriktif yang menggunakan pendekatan
paedagogik. Melalui teknik, wawancara observasi, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan dan verifiksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penguasaan makhārijul huruf
bagi santri TPQ dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an sangatlah penting, karena
dengan menguasai makhārijul huruf dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan
pengucapan huruf-huruf hijaiyyah sehingga terhindar dari kekeliruan dalam
pelafadzan dan perubahan makna setiap hurufnya. Dan dengan menguasai makhārijul
huruf santri mampu membedakan bunyi antar setiap huruf, sehingga mampu
membaca Al-Qur‟an dengan fasih dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Selain itu,
dengan mempelajari kaidah makhārijul huruf tentu memiliki kedudukan tersendiri
berupa pahala dihadapan Allah. Adapun penguasaan makharijul huruf santri di TPQ
masih belum lancar, masih banyak santri yang keliru dalam menerapkannya, sehingga
santri TPQ masih butuh banyak latihan dengan memperbanyak mengulang-ulang
materi yang diberikan Ustadzah agar cepat terlatih dan mampu mengusai penyebutan
setiap huruf atau makhraj huruf seperti makhraj al-halq, al-jauf, asy-syafatain, dan
al-lisan serta al-khaysum. Kedua, kemampuan santri dalam membaca Al-Qur‟an
berbeda-beda, dalam membaca Al-Qur‟an santri masih terbata-bata atau tersendat-
sendat. Dalam hal ini yang menjadi indikator dari kemampuan membaca Al-Qur‟an
yang baik itu apabila memenuhi indikator-indikator dalam membaca Al-Qur‟an yaitu
ketepatan dalam ilmu tajwid, ketepatan dari segi makhraj dan kelancaran dalam
membaca Al-Qur‟annya. Ketiga, faktor pendukung penguasaan makhārijul huruf
dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri TPQ dengan adanya
kegiatan pembelajaran Al-Qur‟an santri di masjid yang rutin dan didukung dengan
lingkungan yang nyaman, teman-teman yang banyak bisa belajar bersama. Adapun
faktor penghambatnya yaitu kurangya waktu belajar sehingga menghambat proses
pembelajaran terkait makhārijul huruf yang semestinya butuh waktu yang cukup
untuk banyak diulang-ulang agar lebih tepat dan lancar serta terbatasnya buku-buku
pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu Al-Qur‟an.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang urgensi
penguasaan makhārjiul huruf dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an
bagi santri TPQ Al-Haramain Pajekko, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penguasaan makhārijul huruf bagi santri TPQ dalam proses pembelajaran
Al-Qur’an sangatlah penting, karena dengan menguasai makhārijul huruf
dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan pengucapan huruf-huruf hijaiyyah
sehingga terhindar dari kekeliruan dalam pelafadzan dan perubahan makna
setiap hurufnya. Dan dengan menguasai makhārijul huruf santri mampu
membedakan bunyi antar setiap huruf, sehingga mampu membaca Al-
Qur’an dengan fasih dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Selain itu,
dengan mempelajari kaidah makhārijul huruf tentu memiliki kedudukan
tersendiri berupa pahala dihadapan Allah. Adapun penguasaan makharijul
huruf santri di TPQ masih belum lancar, masih banyak santri yang keliru
dalam menerapkannya, sehingga santri TPQ masih butuh banyak latihan
dengan memperbanyak mengulang-ulang materi yang diberikan Ustadzah
agar cepat terlatih dan mampu mengusai penyebutan setiap huruf atau
makhraj huruf seperti makhraj al-halq, al-jauf, asy-syafatain, dan al-lisan
serta al-khaysum.
2. Kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an berbeda-beda, dalam
membaca Al-Qur’an santri masih terbata-bata atau tersendat-sendat, tanpa
memahami dan memperhatikan kaidah ilmu tajwid dengan baik dan tepat.
Kesesuian makhraj huruf yang dibaca masih kurang tepat. Dalam hal ini
yang menjadi indikator dari kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik itu
apabila memenuhi indikatror-indikator dalam membaca Al-Qur’an yaitu
ketepatan dalam ilmu tajwid, ketepatan dari segi makhraj dan kelancaran
dalam membaca Al-Qur’annya.
3. Faktor pendukung penguasaan makhārijul huruf dalam peningkatan
kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ dengan adanya kegiatan
pembelajaran Al-Quran santri di masjid yang rutin yang dilaksanakan pada
setiap hari senin sampai hari kamis berfokus pada kegiatan mengaji setiap
harinya, dan didukung dengan lingkungan yang nyaman, teman-teman yang
banyak bisa belajar bersama. Faktor penghambat dalam peningkatan
kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ yaitu kurangya waktu
belajar sehingga menghambat proses pembelajaran terkait makhārijul huruf
yang semestinya butuh waktu yang cukup untuk banyak diulang-ulang agar
lebih tepat dan lancar serta terbatasnya buku-buku pembelajaran yang
berkaitan dengan ilmu Al-Qur’an.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis kepada:
1. Kepada kepala unit TPQ agar terus membantu semua Ustadzah melalui
kegiatan-kegiatan di TPQ yang mampu mendukung penguasaan
makhārijul huruf dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur’an santri.
2. Kepada seluruh Ustadzah yang ada di TPQ Al-Haramain Pajekko agar
mampu mengelolah proses pembelajaran dan lebih menguasai kaidah
ilmu tajwid, makhārijul huruf agar meningkatkan kualitas kemampuan
bacaan Al-Qur’an santri
3. Kepada seluruh santri di TPQ Al-Haramain Pajekko hendaknya lebih
meningkatkan keseriusan dalam belajar dengan lebih memperhatikan
penjelasan dari Ustadzahnya. Semua yang diupayakan para Ustadzah
tidak lain demi kebaikan untuk santri supaya lebih mampu membaca Al-
Qur’an dengan baik dan lancar.
Ketersediaan
STAR20220134134/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

134/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top