Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta didik Kelas VIII MTs Al-Mushowwir Kec.Tellu Siattinge Kab.Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Penerapan Metode Resitasi Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Peserta didik Kelas VIII MTs Al-Mushowwir Kec.Tellu
Siattinge Kab.Bone”. bertujuan untuk mengetahui penerapan metode resitasi, untuk
mengetahui kedisiplinan peserta didik dan untuk mengetahui dampak penerapan
metode resitasi dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VIII MTs Al-
Mushowwir.
Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, jenis penelitin yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research), penulis melakukan
pendekatan pedagogik, pendekatan psikologi, pendekatan sosiologi dan melakukan
penelitian lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap reduksi data (data reducation), penyajian data (data
display) dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing
verification).
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui bahwa, langkah-langkah
penerapan metode resitasi sudah diterapkan dengan baik, adapun langkah-langkahnya
yaitu guru memberikan tugas, guru meminta laporan hasil kerja siswa, dengan
penerapan metode resitasi yang telah digunakan oleh pendidik mampu memberikan
peningkatan pada peserta didik terkait dengan kedisiplinan peserta didik, sebelum
penerapan metode resitasi kedisiplinan peserta didik sangat rendah setelah penerapan
metode resitasi kedisiplinan peserta didik meningkat. Dengan penerapan metode
resitasi mampu memberikan manfaat kepada peserta didik untuk lebih aktif dalam
prose pembelajaran, meskipun hasilnya belum sempurna, namun mampu memberikan
dampak yang baik untuk peserta didik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan metode resitasi dalam
meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VIII MTs Al-Mushowwir Kec.Tellu
Siattinge Kab.Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan metode resitasi di kelas VIII MTs Al-Mushowwir Kec.Tellu Siattinge
Kab.Bone. Hal ini dapat dilihat dengan fase pelaksanaan metode resitasi. 1).fase
pemberian tugas, dalam fase ini pendidik memberikan beberapa tuga kepada
siswa baik itu tugas individu maupun tugas kelompok. 2).fase pelaksanaan tugas,
dalam fase ini sebelum siswa diberikan tugas maka peserta didik memberikan
beberapa bimbingan terkait tugas yang akan diberikan.3).fase
pertanggungjawaban tugas, untuk fase ini siswa yang telah diberikan tugas maka
harus mempertanggungjawabkan hasil tugas yang telah dikerjakan oleh siswa.
2. Kedisiplinan peserta didik kelas VIII MTs Al-Mushowwir Kec.Tellu Siattinge
Kab.Bone. Kedisiplian memiliki beberapa macam seperti, disiplin diri dengan ini
siswa akan lebih efektif untuk mengembangkan dirinya dan akan lebih
menghargai proses yang dilewati. Disiplin waktu yaitu menyelesaikan tugas
dengan waktu yang telah ditetapkan oleh guru, disiplin waktu akan melatih siswa
untuk menghargai waktu dengan sebaik mungkin. Disiplin belajar akan membuat
pesrta didik aktif dalam pembelajaran.
3. Dampak penerapan metode resitasi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas
VIII MTs Al-Mushowwir, penerapan metode resitasi memiliki dampak untuk
peserta didik baik itu kedisiplinan maupun prestasi siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi atau saran. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu:
1. Pemilihan metode pembelajaran sangatlah penting dalam proses
pembelajaran, karena menggunakan metode pembelajaran yang tepat maka
akan juga berdampak pada peserta didik. Maka dari itu pendidik harus
memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik.
2. Metode resitasi merupakan salah satu metode yang digunakan dalam proses
belajar mengajar, dengan memberikan beberapa tugas untuk peserta didik agar
peserta didik dapat meningkatkan kedisiplinan maupun prestasi siswa.
3. Dalam pemberian atau penerapan metode resitasi pendidik harus melihat
situasi peserta didik agar dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan
lancar
Ketersediaan
STAR20220425425/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

425/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top