Pererapan Metode Sosiodrama Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Mts Miftahul Khair Kecamatan Mare Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang penerapa metode sosiodrama terhadap minat belajar
siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Miftahul Khair Mare.
Hal yang penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni Untuk memahami bagaimana
penerapan metode sosiodrama terhadap minat belajar siswa, dan untuk memahami
bagaimana dampak penerapan metode sosiodrama terhadap minat belajar siswa pada
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Miftahul Khari kec.Mare.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan paedagogik. Dengan
menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan
data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dengan
tiga tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode sosiodrama di MTs
Miftahul Khair Mare telah dimulai sejak tiga tahun terakhir, yaitu pada tahun 2018
dan ternyata ternyata cocok dengan mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam karena
memiliki pengaruh penting pada keaktifan siswa dalam menerima materi. Dan pada
penerapan metode ini guru terlebih dahulu memberikan arahan-arahan yang sesuai
dengan aturan metode ini seperti menentukan masalah, menentukan peran, dan
medeskripsikan skenario agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
Dalam penerapan metode sosiodrama ternyata dapat memberikan dampak positif
terhadap minat dan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari cara siswa
menerima materi serta keaktifan siswa dalam memberikan komentar, pertanyaan serta
pendapat. Dampak positif lain yang di hasilkan dari penerapan metode ini yaitu
adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Implikasi penelitian diharapkan semua pihak di dalam Madrasah bekerjasama dalam
mengembangkan metode-metode pembelajaran baik itu kepala madrasah, guru,
terutama pada guru sejarah kebudayaan Islam dapat bekerja sama untuk
mengambangkan motode dalam proses pembelajaran agar siswa lebih aktif dan
berminat serta meningkatkan prestasidan alisl belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang
penerapan metode sosiodrama terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Miftahul Khair Mare dapat disimpulkan
sebagai berikut :
1. Penerapan metode sosiodrama di MTs Miftahul Khair Mare telah dimulai
sejak tiga tahun terakhir, yaitu pada tahun 2018 dan ternyata cocok dengan
mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam karena memiliki pengaruh
penting pada keaktifan siswa dalam menerima materi. Dan pada penerapan
metode ini guru terlebih dahulu memberikan arahan-arahan yang sesuai
dengan aturan metode ini dengan menentukan masalah, menentukan peran,
medeskripsikan skenario, pementasan/ penampilan drama, dan diskusi
agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
2. Dalam penerapan metode sosiodrama ternyata dapat memberikan dampak
positif terhadap minat dan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari
cara siswa menerima materi serta keaktifan siswa dalam memberikan
komentar, pertanyaan serta pendapat. Dampak positif lain yang di hasilkan
dari penerapan metode ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsukuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian ini,
maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat
bagi sekolah MTs Miftahul Khair Mare, maupun mahasiswa lain yang meneliti
yang berkaitan dengan penerapan metode sosiodrama terhadap minat belajar siswa
pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Mts Miftahul Khair Mare.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan sebagai berikut :
1. Kepada kepala Madrasah agar terus membantu kepada setiap pendidik
dalam mengembangkan metode-metode pembelajan dan mendukung
peserta didik dalam pengembangan potensi baik dalam bidang akademik
dan non akademik
2. Kepada guru-guru yang ada di MTs Miftahul Khair Mare terutama pada
guru Sejarah kebudaayn Islam supaya bisa lebih memperbanyak metode-
metode pembelajan siswa agar siswa tebih tertarik dan berminat untuk
mempelajari sejarah.
3. Kepada seluruh siswa di MTs Miftahul Khair Mare hendeknya lebih
memeperhatikan arahan guru agar siswa dapat menjadi lebih baik lagi.
Dan lebih memperhatikan dalam proses pembelajran agar ilmu yang di
dapatkan di implikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan jadikanlah
sejarah sebagai pembelajaran yang berhaga karna sejarah segala hal
kesalahan dapat diperbaiki dalam kehidupan kedepannya.
Ketersediaan
STAR20220236236/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

136/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top