Pengaruh Penggunaan Media LCD Proyektor terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Fikih tentang Salat Wajib di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone
Nur Syarfiana Indah/02.18.1137 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan media LCD Proyektor
terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MTs Al-Hidayah Bakke yang bertujuan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan media LCD Proyektor terhadap peningkatan
hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fikih tentang salat wajib di MTs Al-
Hidayah Bakke.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif
dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, pretest dan posttest dan dokumentasi,
serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pendidikan Islam. Jumlah
populasi yaitu semua siswa MTs Al-Hidayah Bakke kelas VII dan sampel dalam
penelitian ini sebanyak 38 responden dan menggunakan teknik sampling kuota.
Analisis data yang digunakan adalah analisis data yang bersifat deskrpsi dengan
menggunakan rumus proporsi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis jawaban pretest dan
posttest berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung = 0,7471 sedangkan t tabel = 1,687,
hal ini menunjukkan bahwa t hitung < t tabel, maka artinya H 1 ditolak dan H 0 diterima
yang artinya tidak ada peningkatan hasil belajar siswa sebelum penggunaan media
LCD Proyektor. Oleh karena itu, tidak ada pengaruh penggunaan media LCD
Proyektor terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hidayah
Bakke.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
Berdasarkan hasil analisis dinyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh
penggunaan media LCD Proyektor (variable X) terhadap peningkatan hasil belajar
siswa (variable Y) dengan hubungan dua variabel dan t hitung = 0,7471 < t tabel =
1,687. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara
hasil pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung < t tabel, maka
artinya H 1 ditolak dan H 0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada
peningkatan hasil belajar siswa daripada sebelum penggunaan media LCD
Proyektor. Oleh karena itu, tidak ada pengaruh penggunaan media LCD Proyektor
terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Bagi guru, media LCD Proyektor dapat digunakan sebagai alternatif dalam
proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih berani dalam menyampaikan pendapat,
menguasai materi atau tugas yang diberikan.
3. Bagi sekolah, agar dapat melengkapi kebutuhan dalam proses pembelajaran
sehingga dalam berlangsungnya pembelajaran dapat di lakukan secara baik dan
maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi
untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya khususnya penelitian-
penelitian yang berkaitan dengan penggunaan media LCD Proyektor terhadap
peningkatan hasil belajar siswa
terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MTs Al-Hidayah Bakke yang bertujuan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan media LCD Proyektor terhadap peningkatan
hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fikih tentang salat wajib di MTs Al-
Hidayah Bakke.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif
dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, pretest dan posttest dan dokumentasi,
serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pendidikan Islam. Jumlah
populasi yaitu semua siswa MTs Al-Hidayah Bakke kelas VII dan sampel dalam
penelitian ini sebanyak 38 responden dan menggunakan teknik sampling kuota.
Analisis data yang digunakan adalah analisis data yang bersifat deskrpsi dengan
menggunakan rumus proporsi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis jawaban pretest dan
posttest berdasarkan perhitungan diperoleh t hitung = 0,7471 sedangkan t tabel = 1,687,
hal ini menunjukkan bahwa t hitung < t tabel, maka artinya H 1 ditolak dan H 0 diterima
yang artinya tidak ada peningkatan hasil belajar siswa sebelum penggunaan media
LCD Proyektor. Oleh karena itu, tidak ada pengaruh penggunaan media LCD
Proyektor terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Al-Hidayah
Bakke.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
Berdasarkan hasil analisis dinyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh
penggunaan media LCD Proyektor (variable X) terhadap peningkatan hasil belajar
siswa (variable Y) dengan hubungan dua variabel dan t hitung = 0,7471 < t tabel =
1,687. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara
hasil pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung < t tabel, maka
artinya H 1 ditolak dan H 0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada
peningkatan hasil belajar siswa daripada sebelum penggunaan media LCD
Proyektor. Oleh karena itu, tidak ada pengaruh penggunaan media LCD Proyektor
terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Bagi guru, media LCD Proyektor dapat digunakan sebagai alternatif dalam
proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih berani dalam menyampaikan pendapat,
menguasai materi atau tugas yang diberikan.
3. Bagi sekolah, agar dapat melengkapi kebutuhan dalam proses pembelajaran
sehingga dalam berlangsungnya pembelajaran dapat di lakukan secara baik dan
maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi
untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya khususnya penelitian-
penelitian yang berkaitan dengan penggunaan media LCD Proyektor terhadap
peningkatan hasil belajar siswa
Ketersediaan
| STAR20220210 | 210/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
210/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
