Urgensi Literasi Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMA Negeri 2 Bone

No image available for this title
Skripsi
ini
membahas
mengenai
urgensi
literasi
al-Qur’an
dalam
meningkatkan semangat belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Negeri 2
Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, Bagaimana pelaksanaan
literasi al-Qur’an pada siswa di SMA Negeri 2 Bone. Bagaimana semangat belajar
pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Negeri 2 Bone. Serta bagaimana
kontribusi literasi al-Qur’an terhadap semangat belajar pendidikan agama Islam siswa
di SMA Negeri 2 Bone. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan teologis
normatif, paedagogis, dan psikologis dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data
(display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pelaksanaan
literasi al-Qur’an yang diadakan di SMA Negeri 2 Bone telah terlaksana dengan baik
dan tertib, yakni dilaksanakan setiap hari Jumat dan telah terjadwal setiap jam
pertama di hari Jumat dengan melibatkan 32 ruang kelas. Guru pendidikan agama
Islam yang terdiri dari 4 orang secara bergilir memandu dan memimpin literasi al-
Qur’an. Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa memiliki pemahaman membaca al-
Qur’an dan mengetahui makna al-Qur’an untuk pembinaan spiritual mereka. Kedua
Semangat belajar pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Negeri 2 Bone dapat
dilihat dari beberapa indikasi, seperti persiapan siswa sebelum mengikuti pelajaran,
umpan balik yang cepat diberikan oleh siswa pada proses pembelajaran, serta
semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Ketiga kontribusi literasi al-Qur’an terhadap semangat belajar pendidikan
agama Islam siswa di SMA Negeri 2 Bone merupakan kunci utama dalam
membelajarkan peserta didik pada materi pendidikan agama Islam karena semua
materi dasarnya adalah al-Qur’an. Dengan adanya kegiatan ini membuat siswa giat
dalam membaca al-Qur'an, memahami maknanya sehingga dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat
yakni dengan membiasakan perilaku terpuji dan menjauhi perilaku tercela.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Pelaksanaan literasi al-Qur’an yang diadakan di SMA Negeri 2 Bone telah
terlaksana dengan baik dan tertib, yakni dilaksanakan setiap hari Jumat dan
telah terjadwal setiap jam pertama di hari Jumat dengan melibatkan 32 Ruang
Kelas. Guru pendidikan agama Islam yang terdiri dari 4 orang secara bergilir
memandu dan memimpin literasi al-Qur’an. Kegiatan ini dimaksudkan agar
siswa memiliki pemahaman membaca al-Qur’an dan mengetahui makna al-
Qur’an untuk pembinaan spiritual mereka.
2. Semangat belajar pendidikan agama Islam pada siswa di SMA Negeri 2 Bone
dapat dilihat dari beberapa indikasi, seperti persiapan siswa sebelum mengikuti
pelajaran, umpan balik yang cepat diberikan oleh siswa pada proses
pembelajaran, serta semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
3. Kontribusi Literasi al-Qur’an terhadap Semangat Belajar Pendidikan Agama
Islam Siswa di SMA Negeri 2 Bone merupakan kunci utama dalam
membelajarkan peserta didik pada materi pendidikan agama Islam karena
semua materi dasarnya adalah al-Qur’an. Dengan adanya kegiatan ini membuat
siswa giat dalam membaca al-Qur'an, memahami maknanya sehingga dapat
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun
di lingkungan masyarakat yakni dengan membiasakan perilaku terpuji dan
menjauhi perilaku tercela.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan kegiatan literasi al-Qur'an agar semua siswa berpartisipasi di
sekolah tersebut.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa dalam
pembelajaran PAI agar semangat dalam melaksanakan literasi al-Qur'an,
sehingga proses belajar mengajar di dalam kelas dapat terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal,maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
STAR2022002626/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

26/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top