Pengaruh Penerapan Metode Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Kelas IV SD Inpres 4/82 Jompie Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai“Pengaruh Penerapan Metode Make A Match
terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) Siswa kelas V di SD Inp 4/82 Jompie Kecamatan Ulaweng Kabupaten
Bone”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh
penerapan metode pembelajaran Make A Match terhadap peningkatan hasil belajar
PAI peserta didik kelas V di SD Inp 4/82 Jompie Kecamatan Ulaweng Kabupaten
Bone?
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
eksperimen menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design dan populasi
dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti penerapan metode pembelajaran
Make A Match dan menjadi sampel yaitu 15 siswa dengan menggunakan sampling
jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis statistic deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, hasil
belajar PAI sebelum menerapkan metode make a match mempunyai nilai rata-rata
68,5 setelah menerapkan metode make a match mempunyai nilai rata-rata 84,7
berada pada kategori baik. Sedangkan hasil analisis signifikansi uji t diperoleh
nilai thitung = 21,2 sedangkan ttabel = 4,54. pada taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa implikasi yang berkaitan
dengan kegiatan penerapan metode make a match yaitu adanya pengaruh
penerapan metode make a match terhadap hasil belajar PAI, diharapkan kepada
para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam, agar mampu meningkatkan
peranannya dalam penerapan metode make a match. Supaya siswa hasil
belajarnya lebih meningkat terhadap pelajaran Pendidikan Agama
Islam.Diharapkan kepada guru Pendidikan Agama Islam di SD Inp 4/82 Jompie,
agar selalu menerapkan metode make a match dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam yang sesuai dengan materi yang diberikannya. Bagi guru yang ingin
menerapkan metode make a match diharapkan untuk lebih mempersiapkan
perangkat pembelajaran, alat dan media dengan baik.Penerapan metode make a
match dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan pada
bab sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis data peneliti dan dengan memperhatikan 15
siswa di kelas V SD Inp 4/82 Jompie yang memiliki ketertarikan belajar
yang rendah yang berimbas kepada hasil belajar mereka yang rendah. Hal
ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum
penerapan metode make a match siswa 68,5Hasil pre-test, nilai rata-rata
hasil belajar siswa 68,5 dengan kategori yakni siswa yang memperoleh
nilai ≥ 67 berjumlah 11 orang dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 67
berjumlah 4 orang. Dengan rata-rata demikian dapat dikategorikan bahwa
26,7% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan
73,3% siswa sudah mencapai kriteria stuntasan minimal (KKM) tetapi
masih dalam kategori nilai standar. Nilai rata-rata hasil post-test adalah
84,7 dikategorikan siswa yang memperoleh nilai ≥ 67 berjumlah 15 orang
dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 67 berjumlah 0 orang. Dengan rata-rata
demikian dapat dikategorikan 100% siswa sudah mencapai kriteria
ketuntasan minimal (KKM) dan dalam kategori penilaian sudah mencapai
kategori nilai yang amat baik atau diatas KKM.Jadi hasil belajar PAI
sesudah diterapkan metode pembelajaranmake a matchterdapat peningkatan.
2. Berdasarkan perhitungan di atas, di peroleh thitung = 21,2 sedangkan ttabel =
4,54.Maka dapat disimpulkan bahwa thitung> ttabel, maka artinya H1 di terima
dan H0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik
setelah menerapkan metode pembelajaran make a match. Oleh karena itu,
terdapat pengaruh metode pembelajaran make a matchterhadap hasil belajar
PAI di kelas V SD Inp 4/82 Jompie Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran
yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam,
agar mampu meningkatkan peranannya dalam penerapan metode make a
match supaya siswa atau peserta didik lebih tertarik belajar sehingga
hasil belajarnya meningkat pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam.
2. Diharapkan kepada guru Pendidikan Agama Islam di SD Inp 4/82
Jompie, agar selalu menerapkan metode make a matchdalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan materi yang
diberikannya, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
3. Bagi guru yang ingin menerapkan metode make a matchdiharapkan
untuk lebih mempersiapkan perangkat pembelajaran, alat dan media
dengan baik. Penerapan metode make a matchdapat meningkatkan hasil
belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Ketersediaan
STAR20220138138/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

138/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top